Evaluasi Pendidikan, Curriculum : 2020


Courser in EnglishEDUCATIONAL EVALUATION
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS3 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah  Evaluasi / Asesmen PPKn adalah mata kuliah wajib program studi yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester lima PPKn. Matakuliah ini dimaksudkan untuk mengenalkan serta mempertajam pemahaman, gagasan, dan ketrampilan mahasiswa terkait persoalan-persoalan dalam Evaluasi/Asesmen PPKn. Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan  kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar,karakteristik penilaian berbasis kompetensi (evaluasi pencapaian belajar siswa), macam-macam tes hasil belajar, kualitas tes yang baik, teknik pengolahan hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen, rubrik penilaian, dan teknik penskoran, analisis dan interpretasi tes hasil belajar, pelaporan hasil  belajar dan manfaatnya.

 

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S10, P4, KK1, KK4).

CPMK2

Mengimplementasikan konsep assessmen dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P6,  KU3, KK5).

CPMK3

Mengembangkan instrumen/rubrik penilaian pada berbagai jenis asesemen test yang sesuai dengan komponen penilaian dalam proses pembelajaran dengan penuh tanggungjawab (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK4

Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis asesemen nontest/ alternative assessment sesuai dengan hasil belajar siswa yang harus dinilai dengan penuh tanggungjawab (S9, P7, KK6, KK7, KK10).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil belajar  sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada assessmen pembelajaran dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis (P2, KU1, KK2, KK11).

References

Permendikbud RI. No.23 Tahun 2016 tenang Standart Penilaian Pendidikan

Permendikbud. No.21 Tahun 2022 tentang Standart Penilaian Pendidikan

  1. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  3. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  4. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
  5. Arikunto, S. 2007, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Purwanto, Ngalim, 2002, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  7. Sudjiono, A. 2008, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
  8. Nurkacana,Wayan dan PPN.Sumartana,1985, Evaluasi Pendidikan, Surabaya,Usaha Nasional


Details ...