Courser in English | EARLY CHILDHOOD LEARNING ASSESSMENT |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, rubrik, hasil karya, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pengolahan hasil asesmen, pelaporan dan mengkomunikasikan hasil asesmen.pembelajaran AUD
Learning OutcomesDapat melakukan Asesmen sesuai perkembangan anak usia dini
ReferencesWortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, rubrik, hasil karya, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pengolahan hasil asesmen, pelaporan dan mengkomunikasikan hasil asesmen.pembelajaran AUD
Learning OutcomesDapat melakukan Asesmen sesuai perkembangan anak usia dini
ReferencesWortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, rubrik, hasil karya, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pengolahan hasil asesmen, pelaporan dan mengkomunikasikan hasil asesmen.pembelajaran AUD
Learning OutcomesDapat melakukan Asesmen sesuai perkembangan anak usia dini
ReferencesWortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana
Details ...
Mata kuliah assessmen pembelajaran AUD merupakan mata dasar program studi PG PAUD dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Konsep, hakikat dan kedudukan Asesmen dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik asesmen, tujuan dan Manfaat Asesmen, prinsip-prinsip Asesmen, proses pelaksanaan Asesmen meliputi pencatatan dengan berbagai teknik: Observasi, Catatan Anekdot, Running record, event sampling, time sampling, Rubrik, pegolahan data asesmen meliputi rekap penilaian dengan menggunakan ceklist, dan portofolio; proses penyusunan laporan perkembangan anak dan mengkomunikasikan laporan perkembangan anak. |
Sikap (S):
|
Pengetahuan (P) :
|
Keterampilan Umum (KU)
|
Keterampilan Khusus (KK)
|
Utama |
|
|
|
Pendukung: |
|
|
Details ...
Mata kuliah assessmen pembelajaran AUD merupakan mata dasar program studi PG PAUD dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Konsep, hakikat dan kedudukan Asesmen dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik asesmen, tujuan dan Manfaat Asesmen, prinsip-prinsip Asesmen, proses pelaksanaan Asesmen meliputi pencatatan dengan berbagai teknik: Observasi, Catatan Anekdot, Running record, event sampling, time sampling, Rubrik, pegolahan data asesmen meliputi rekap penilaian dengan menggunakan ceklist, dan portofolio; proses penyusunan laporan perkembangan anak dan mengkomunikasikan laporan perkembangan anak. |
Sikap (S):
|
Pengetahuan (P) :
|
Keterampilan Umum (KU)
|
Keterampilan Khusus (KK)
|
Utama |
|
|
|
Pendukung: |
|
|
Details ...
Mata kuliah assessmen pembelajaran AUD merupakan mata dasar program studi PG PAUD dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Konsep, hakikat dan kedudukan Asesmen dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik asesmen, tujuan dan Manfaat Asesmen, prinsip-prinsip Asesmen, proses pelaksanaan Asesmen meliputi pencatatan dengan berbagai teknik: Observasi, Catatan Anekdot, Running record, event sampling, time sampling, Rubrik, pegolahan data asesmen meliputi rekap penilaian dengan menggunakan ceklist, dan portofolio; proses penyusunan laporan perkembangan anak dan mengkomunikasikan laporan perkembangan anak. |
Sikap (S):
|
Pengetahuan (P) :
|
Keterampilan Umum (KU)
|
Keterampilan Khusus (KK)
|
Utama |
|
|
|
Pendukung: |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pelaporan dan mengkomunikasikan asesmen. |
Dapat melakukan Asesmen Anak Usia DIni
ReferencesWortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pelaporan dan mengkomunikasikan asesmen. |
Dapat melakukan Asesmen Anak Usia DIni
ReferencesWortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, dan mengkomunikasikan asesmen.
Learning OutcomesMelakukan Asesmen Anak Usia Dini dengan Tepat
ReferencesWortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, dan mengkomunikasikan asesmen.
Learning OutcomesMelakukan Asesmen Anak Usia Dini dengan Tepat
ReferencesWortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)
Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...