Assesment Pembelajaran AUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEARLY CHILDHOOD LEARNING ASSESSMENT
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS12 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, rubrik, hasil karya, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pengolahan hasil asesmen, pelaporan dan mengkomunikasikan hasil  asesmen.pembelajaran AUD

Learning Outcomes

Dapat melakukan Asesmen sesuai perkembangan anak usia dini

References

Wortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)

Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, rubrik, hasil karya, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pengolahan hasil asesmen, pelaporan dan mengkomunikasikan hasil  asesmen.pembelajaran AUD

Learning Outcomes

Dapat melakukan Asesmen sesuai perkembangan anak usia dini

References

Wortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)

Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, rubrik, hasil karya, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pengolahan hasil asesmen, pelaporan dan mengkomunikasikan hasil  asesmen.pembelajaran AUD

Learning Outcomes

Dapat melakukan Asesmen sesuai perkembangan anak usia dini

References

Wortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)

Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah assessmen pembelajaran AUD merupakan mata dasar  program studi PG PAUD dan bersifat  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Konsep, hakikat dan  kedudukan Asesmen dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik asesmen, tujuan dan Manfaat Asesmen, prinsip-prinsip Asesmen, proses pelaksanaan Asesmen meliputi pencatatan dengan berbagai teknik: Observasi, Catatan Anekdot, Running record, event sampling, time sampling, Rubrik, pegolahan data asesmen meliputi  rekap penilaian dengan menggunakan ceklist, dan portofolio; proses penyusunan laporan perkembangan anak dan mengkomunikasikan laporan perkembangan anak.

Learning Outcomes

Sikap (S):

  • Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S.2)
  • Menunjukan sikap bertangung Jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri (S.9)

Pengetahuan (P) :

  • Menguasai Konsep, instrumentasi dan Praksis Psikologi Pendidikan (P.2)
  • Mengusai Konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia dini (P.4)
  • Memahamai kajian landasan keilmuan PAUD, kurikulum perkembangan anak kajian konten pembelajaran, beragam model pembelajaran  anak usia dini dan asesmen. (.9)

Keterampilan Umum (KU)

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan sistematis serta inovatif dalam konteks perkembangan atau implementasi ilmu pengetahuan  dan dan teknlogi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (K. 1)
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian  masalah bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis  informasi dan data (K.5)
  • Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. (K.3)

Keterampilan Khusus (KK)

  • Melakukan Asesmen perkembangan anak usia dini (KK.14)
  • Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar untuk memperbaiki kualitas pembelajaran anak usia dini

References

Utama

 

  1. Wortham, Assessment in Early Childhood. 2011. Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon

Pendukung:

 

  1. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  3. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  4. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
  5. Rustaman, N.Y.  (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
  6. Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  1. Yus, Anita. 2005. Penilaian di TK. KementrianPendidikan dan Kebudayaan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah assessmen pembelajaran AUD merupakan mata dasar  program studi PG PAUD dan bersifat  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Konsep, hakikat dan  kedudukan Asesmen dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik asesmen, tujuan dan Manfaat Asesmen, prinsip-prinsip Asesmen, proses pelaksanaan Asesmen meliputi pencatatan dengan berbagai teknik: Observasi, Catatan Anekdot, Running record, event sampling, time sampling, Rubrik, pegolahan data asesmen meliputi  rekap penilaian dengan menggunakan ceklist, dan portofolio; proses penyusunan laporan perkembangan anak dan mengkomunikasikan laporan perkembangan anak.

Learning Outcomes

Sikap (S):

  • Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S.2)
  • Menunjukan sikap bertangung Jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri (S.9)

Pengetahuan (P) :

  • Menguasai Konsep, instrumentasi dan Praksis Psikologi Pendidikan (P.2)
  • Mengusai Konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia dini (P.4)
  • Memahamai kajian landasan keilmuan PAUD, kurikulum perkembangan anak kajian konten pembelajaran, beragam model pembelajaran  anak usia dini dan asesmen. (.9)

Keterampilan Umum (KU)

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan sistematis serta inovatif dalam konteks perkembangan atau implementasi ilmu pengetahuan  dan dan teknlogi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (K. 1)
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian  masalah bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis  informasi dan data (K.5)
  • Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. (K.3)

Keterampilan Khusus (KK)

  • Melakukan Asesmen perkembangan anak usia dini (KK.14)
  • Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar untuk memperbaiki kualitas pembelajaran anak usia dini

References

Utama

 

  1. Wortham, Assessment in Early Childhood. 2011. Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon

Pendukung:

 

  1. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  3. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  4. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
  5. Rustaman, N.Y.  (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
  6. Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  1. Yus, Anita. 2005. Penilaian di TK. KementrianPendidikan dan Kebudayaan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah assessmen pembelajaran AUD merupakan mata dasar  program studi PG PAUD dan bersifat  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji Konsep, hakikat dan  kedudukan Asesmen dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik asesmen, tujuan dan Manfaat Asesmen, prinsip-prinsip Asesmen, proses pelaksanaan Asesmen meliputi pencatatan dengan berbagai teknik: Observasi, Catatan Anekdot, Running record, event sampling, time sampling, Rubrik, pegolahan data asesmen meliputi  rekap penilaian dengan menggunakan ceklist, dan portofolio; proses penyusunan laporan perkembangan anak dan mengkomunikasikan laporan perkembangan anak.

Learning Outcomes

Sikap (S):

  • Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S.2)
  • Menunjukan sikap bertangung Jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri (S.9)

Pengetahuan (P) :

  • Menguasai Konsep, instrumentasi dan Praksis Psikologi Pendidikan (P.2)
  • Mengusai Konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia dini (P.4)
  • Memahamai kajian landasan keilmuan PAUD, kurikulum perkembangan anak kajian konten pembelajaran, beragam model pembelajaran  anak usia dini dan asesmen. (.9)

Keterampilan Umum (KU)

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan sistematis serta inovatif dalam konteks perkembangan atau implementasi ilmu pengetahuan  dan dan teknlogi  yang memperhatikan dan menerapkan nilai humniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (K. 1)
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian  masalah bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis  informasi dan data (K.5)
  • Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. (K.3)

Keterampilan Khusus (KK)

  • Melakukan Asesmen perkembangan anak usia dini (KK.14)
  • Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar untuk memperbaiki kualitas pembelajaran anak usia dini

References

Utama

 

  1. Wortham, Assessment in Early Childhood. 2011. Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon

Pendukung:

 

  1. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  3. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  4. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
  5. Rustaman, N.Y.  (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
  6. Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  1. Yus, Anita. 2005. Penilaian di TK. KementrianPendidikan dan Kebudayaan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pelaporan dan mengkomunikasikan asesmen.

Learning Outcomes

Dapat melakukan Asesmen Anak Usia DIni

References

Wortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)

Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, pelaporan dan mengkomunikasikan asesmen.

Learning Outcomes

Dapat melakukan Asesmen Anak Usia DIni

References

Wortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)

Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, dan mengkomunikasikan asesmen.

Learning Outcomes

Melakukan Asesmen Anak Usia Dini dengan Tepat

References

Wortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)

Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep asesmen perkembangan anak usia dini yang mencakup jenis-jenis asesmen yang meliputi tes terstandar, asesmen informal yang terdiri dari observasi, catatan anekdot, speciment record, time sampling, event sampling, check list, rating scale, teacher design assessment, authenthic assessment, performance assessment, menggunakan sistem asesmen dengan portofolio, dan mengkomunikasikan asesmen.

Learning Outcomes

Melakukan Asesmen Anak Usia Dini dengan Tepat

References

Wortham, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education 4th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. (Part I)

Yus, Anita (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...