Courser in English | SEMINAR ON MATHEMATICS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah., Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi |
Learning Outcomes
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri |
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya. P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;. P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti |
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran; KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif; KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi jurnal nasional maupun jurnal internasional KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan IT |
References
Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson. |
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge |
Details ...
Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah., Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi |
Learning Outcomes
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri |
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya. P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;. P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti |
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran; KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif; KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi jurnal nasional maupun jurnal internasional KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan IT |
References
Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson. |
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge |
Details ...
Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah., Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi |
Learning Outcomes
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri |
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya. P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;. P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti |
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran; KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif; KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi jurnal nasional maupun jurnal internasional KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan IT |
References
Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson. |
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge |
Details ...
Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah., Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi |
Learning Outcomes
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri |
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya. P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;. P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti |
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran; KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif; KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi jurnal nasional maupun jurnal internasional KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan IT |
References
Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson. |
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge |
Details ...
Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah., Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi |
Learning Outcomes
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri |
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya. P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;. P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti |
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran; KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif; KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi jurnal nasional maupun jurnal internasional KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan IT |
References
Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson. |
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge |
Details ...
Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
- Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
- Membuat draft lengkap proposal Penelitian
- Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
- Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback
-
Details ...
Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
- Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
- Membuat draft lengkap proposal Penelitian
- Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
- Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback
-
Details ...
Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
- Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
- Membuat draft lengkap proposal Penelitian
- Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
- Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback
-
Details ...
Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
- Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
- Membuat draft lengkap proposal Penelitian
- Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
- Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback
-
Details ...
Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
- Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
- Membuat draft lengkap proposal Penelitian
- Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
- Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback
-
Details ...
Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah
Learning Outcomes- Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
- Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
- Membuat draft lengkap proposal Penelitian
- Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
- Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback
-
Details ...