Seminar Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSEMINAR ON MATHEMATICS
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa
teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka,
menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah.,
Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan
kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media
presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam
pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan
dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi

 

Learning Outcomes

S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila
sesuai dengan lingkup tugasnya.
P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang
berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;.
P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis
untuk calon guru matematika dan asisten peneliti
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen
untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan
kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran;
KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah,
dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi
aktivitasnya secara komprehensif;
KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran
serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya
KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi
jurnal nasional maupun jurnal internasional
KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan
berbahasa Inggris dan penguasaan IT

 

References

Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston:
Pearson.
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge
 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa
teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka,
menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah.,
Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan
kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media
presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam
pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan
dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi

 

Learning Outcomes

S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila
sesuai dengan lingkup tugasnya.
P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang
berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;.
P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis
untuk calon guru matematika dan asisten peneliti
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen
untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan
kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran;
KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah,
dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi
aktivitasnya secara komprehensif;
KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran
serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya
KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi
jurnal nasional maupun jurnal internasional
KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan
berbahasa Inggris dan penguasaan IT

 

References

Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston:
Pearson.
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge
 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa
teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka,
menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah.,
Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan
kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media
presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam
pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan
dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi

 

Learning Outcomes

S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila
sesuai dengan lingkup tugasnya.
P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang
berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;.
P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis
untuk calon guru matematika dan asisten peneliti
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen
untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan
kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran;
KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah,
dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi
aktivitasnya secara komprehensif;
KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran
serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya
KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi
jurnal nasional maupun jurnal internasional
KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan
berbahasa Inggris dan penguasaan IT

 

References

Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston:
Pearson.
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge
 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa
teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka,
menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah.,
Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan
kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media
presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam
pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan
dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi

 

Learning Outcomes

S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila
sesuai dengan lingkup tugasnya.
P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang
berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;.
P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis
untuk calon guru matematika dan asisten peneliti
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen
untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan
kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran;
KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah,
dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi
aktivitasnya secara komprehensif;
KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran
serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya
KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi
jurnal nasional maupun jurnal internasional
KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan
berbahasa Inggris dan penguasaan IT

 

References

Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston:
Pearson.
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge
 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Seminar Matematika adalah mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang bertujuan untuk membekali mahasiswa
teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka,
menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah.,
Metode perkuliahan yang digunakan selain metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan memberikan
kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Project Based Learning (PjBL) berupa draft proposal skripsi beserta media
presentasi. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas/projek (mandiri), non-tes (keaktifan dalam
pembelajaran) dan kehadiran. Luaran mata kuliah berupa draft proposal lengkap yang telah dipresentasikan, dikonsultasikan
dengan dosen pengampu dan dosen pembimbing skripsi

 

Learning Outcomes

S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri
P2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila
sesuai dengan lingkup tugasnya.
P3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang
berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
P4. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran;.
P6. Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis
untuk calon guru matematika dan asisten peneliti
KU2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen
untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan
kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran;
KU9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KK5. Menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah,
dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi
aktivitasnya secara komprehensif;
KK6. Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran
serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya
KK7. Mengkaji dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran didasarkan pada referensi
jurnal nasional maupun jurnal internasional
KK8. Mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dengan didukung kemampuan
berbahasa Inggris dan penguasaan IT

 

References

Creswell, J. W. 2012. Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston:
Pearson.
Cohen. 2007. Research Method in Education 6th Edition. New York: Routledge
 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
  2. Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
  3. Membuat draft lengkap proposal Penelitian
  4. Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
  5. Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
  2. Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
  3. Membuat draft lengkap proposal Penelitian
  4. Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
  5. Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
  2. Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
  3. Membuat draft lengkap proposal Penelitian
  4. Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
  5. Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
  2. Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
  3. Membuat draft lengkap proposal Penelitian
  4. Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
  5. Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
  2. Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
  3. Membuat draft lengkap proposal Penelitian
  4. Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
  5. Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Seminar Matematika membekali mahasiswa teknik penyusunan proposal penelitian dari brainstorming masalah, teknik mencari referensi, menyusun kajian pustaka, menentukan fokus penelitian dan paradigma penelitian yang digunakan, serta teknik penyajian data dan presentasi karya ilmiah

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan analisis, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah
  2. Mampu menganalisis dan mengidentifikasi fokus Penelitian dan Paradigma Penelitian yang akan digunakan pada rancangan penelitian
  3. Membuat draft lengkap proposal Penelitian
  4. Mampu menyusun draft Artikel Ilmiah dan Presentasi Karya Ilmiah
  5. Mampu mengkomunikasikan ide gagasan dan rancangan penelitian dan mengimplementasikan review dan feedback

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...