Manajemen Kelas, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCLASSROOM MANAGEMENT
ProgramPendidikan Biologi
SKS2 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1. Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1. Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1. Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1. Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1. Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1. Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1.  Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1.  Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1.  Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1.  Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif

Learning Outcomes

Sikap

1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious

2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

4.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik

5.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

6.Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Pengetahuan

1.Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.

2.Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.

3.Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

4.Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

1.mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

5.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

6.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

7.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi

Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Kelas merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks.  Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen dan organisasi kelas, pengelolaan kelas, strategi instruksional, pengelolaan lingkungan belajar dan komunikasi efektif.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  3. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat
  4. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif

References

1. Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

2. California Department of Education. 2000. Classroom management. LA: LA County Office of Education


Details ...