Courser in English | EDUCATIONAL FOUNDATION |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%). |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%). |
Utama |
|
Pendukung |
|
Details ...
Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%). |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%). |
Utama |
|
Pendukung |
|
Details ...
Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%). |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%). |
Utama |
|
Pendukung |
|
Details ...
Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%). |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%). |
Utama |
|
Pendukung |
|
Details ...
Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|||
Sikap (S) |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2). |
||||
Pengetahuan (P) |
|
||||
Ketrampilan Umum (KU) |
|
||||
Ketrampilan Khusus (KK) |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1). |
||||
|
|
||||
|
|
||||
|
Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
|
CPMK 1 |
Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%). |
|||
CPMK 2 |
Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%). |
||||
|
CPMK 3 |
Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%). |
Utama |
|
Pendukung |
|
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.
Learning OutcomesMampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling
ReferencesUtama:
- Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
- Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
- Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
- Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
- Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
- Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
- Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Pendukung:
- Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
- Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
- Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
- Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
- Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
- Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
- Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.
Learning OutcomesMampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling
ReferencesUtama:
- Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
- Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
- Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
- Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
- Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
- Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
- Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Pendukung:
- Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
- Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
- Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
- Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
- Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
- Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
- Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.
Learning OutcomesMampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling
ReferencesUtama:
- Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
- Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
- Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
- Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
- Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
- Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
- Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Pendukung:
- Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
- Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
- Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
- Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
- Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
- Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
- Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.
Learning OutcomesMampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling
ReferencesUtama:
- Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
- Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
- Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
- Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
- Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
- Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
- Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Pendukung:
- Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
- Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
- Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
- Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
- Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
- Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
- Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.
Learning OutcomesMampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling
ReferencesUtama:
- Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
- Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
- Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
- Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
- Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
- Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
- Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Pendukung:
- Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
- Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
- Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
- Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
- Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
- Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
- Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.
Details ...