Landasan Kependidikan, Curriculum : 2022


Courser in EnglishEDUCATIONAL FOUNDATION
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2).

Pengetahuan (P)

  1. Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang landasan kependidikan dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1).
  2. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling (P3)

Ketrampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri bermutu dan terukur (KU2)

Ketrampilan Khusus (KK)

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1).

 

  1. Terampil memadukan temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling, baik atau tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia (KK 2).
  2. Mampu memadukan penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan konseling, psikologi, sosiologi, sebagai dasar penyelenggaraan pelatihan (KK3).
  3. Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling (KK4).

 

CPMK

 

 

 

Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu:

 

CPMK 1

Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%).

CPMK 2

Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%).

 

CPMK 3

Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%).

References

Utama

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud.
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Pendukung

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America.
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  5. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, Studies in Philosophies, Schooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2).

Pengetahuan (P)

  1. Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang landasan kependidikan dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1).
  2. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling (P3)

Ketrampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri bermutu dan terukur (KU2)

Ketrampilan Khusus (KK)

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1).

 

  1. Terampil memadukan temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling, baik atau tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia (KK 2).
  2. Mampu memadukan penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan konseling, psikologi, sosiologi, sebagai dasar penyelenggaraan pelatihan (KK3).
  3. Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling (KK4).

 

CPMK

 

 

 

Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu:

 

CPMK 1

Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%).

CPMK 2

Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%).

 

CPMK 3

Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%).

References

Utama

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud.
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Pendukung

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America.
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  5. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, Studies in Philosophies, Schooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2).

Pengetahuan (P)

  1. Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang landasan kependidikan dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1).
  2. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling (P3)

Ketrampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri bermutu dan terukur (KU2)

Ketrampilan Khusus (KK)

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1).

 

  1. Terampil memadukan temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling, baik atau tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia (KK 2).
  2. Mampu memadukan penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan konseling, psikologi, sosiologi, sebagai dasar penyelenggaraan pelatihan (KK3).
  3. Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling (KK4).

 

CPMK

 

 

 

Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu:

 

CPMK 1

Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%).

CPMK 2

Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%).

 

CPMK 3

Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%).

References

Utama

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud.
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Pendukung

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America.
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  5. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, Studies in Philosophies, Schooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2).

Pengetahuan (P)

  1. Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang landasan kependidikan dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1).
  2. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling (P3)

Ketrampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri bermutu dan terukur (KU2)

Ketrampilan Khusus (KK)

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1).

 

  1. Terampil memadukan temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling, baik atau tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia (KK 2).
  2. Mampu memadukan penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan konseling, psikologi, sosiologi, sebagai dasar penyelenggaraan pelatihan (KK3).
  3. Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling (KK4).

 

CPMK

 

 

 

Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu:

 

CPMK 1

Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%).

CPMK 2

Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%).

 

CPMK 3

Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%).

References

Utama

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud.
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Pendukung

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America.
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  5. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, Studies in Philosophies, Schooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2).

Pengetahuan (P)

  1. Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang landasan kependidikan dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling (P1).
  2. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling (P3)

Ketrampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  2. Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri bermutu dan terukur (KU2)

Ketrampilan Khusus (KK)

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy atau soft copy secara daring atau luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling (KK1).

 

  1. Terampil memadukan temuan baru ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling, baik atau tidak menggunakan teknologi informasi dengan tetap menerapkan nilai di latar sosial budaya Indonesia (KK 2).
  2. Mampu memadukan penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan konseling, psikologi, sosiologi, sebagai dasar penyelenggaraan pelatihan (KK3).
  3. Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling (KK4).

 

CPMK

 

 

 

Setelah menempuh mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa diharapkan mampu:

 

CPMK 1

Mahasiswa mampu untuk mendeskripsikan Konsep Dasar Pendidikan yang terkait dengan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Memiliki kemampuan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendekatan pendidikan melalui penerapan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan secara bertanggung jawab (S9, P1, KU 1, KK4) (30%).

CPMK 2

Mampu memahami dan menjelaskan mengenai berbagai landasan kependidikan, diantaranya: Landasan Filsafat Pendidikan; Landasan Yuridis dan Hitoris; Landasan Moral dan Religius; Landasan Psikologis, Landasan Sosial dan Budaya. Mampu untuk terampil dalam menguraikan Pendidikan sebagai Sistem (S9 S12, P1, KU1, KK2) (30%).

 

CPMK 3

Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan menguasai Standar dan Mutu Pendidikan. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah mengenai Organisasi Sekolah. Memiliki kemampuan dalam Memecahkan Permasalahan Mengenai Pendidikan (S6, P11, KU5, KK7) (40%).

References

Utama

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud.
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Pendukung

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America.
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  5. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, Studies in Philosophies, Schooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling

References

Utama:

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
  7. Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  8. Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  9. Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

 

Pendukung:

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  5. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  6. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  7. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling

References

Utama:

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
  7. Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  8. Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  9. Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

 

Pendukung:

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  5. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  6. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  7. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling

References

Utama:

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
  7. Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  8. Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  9. Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

 

Pendukung:

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  5. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  6. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  7. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling

References

Utama:

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
  7. Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  8. Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  9. Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

 

Pendukung:

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  5. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  6. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  7. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru BK/konselor/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru BK/konselor/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru BK/konselor/pendidik tentang: Konsep Dasar Pendidikan; Pendekatan dalam Pendidikan; Landasan Filosofis Pendidikan; Landasan Yuridis Pendidikan; Landasan Historis Pendidikan; Landasan Moral Pendidikan; Landasan Religius Pendidikan; Landasan Psikologis Pendidikan; Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan; Pendidikan sebagai Sistem; Standar dan Mutu Pendidikan; Organisasi Sekolah; serta Permasalah-permasalahan Pendidikan Tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, dan Sekolah serta Solusinya.

Learning Outcomes

Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling

References

Utama:

  1. Vina Serevina, (2021). Fundamentals Of Education, Elex Media Computindo.
  2. Arif Rachman. (2008). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
  3. Arbi & Syahrun (1992) Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Depdikbud
  4. Tim Pengajar Dasar-dasar Kependidikan (1989) Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Depdikbud
  5. Kartadinata & Dantes (1977) Landasan-landasan Pendidikan SD. Jakarta: Depdikbud
  6. Syarifudin, Tatang & Nuraini (2006) Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
  7. Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  8. Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  9. Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

 

Pendukung:

  1. Callahan F.J., and Clark, H.L., (1983), Foundations of Education, Memillan Publishing, New York.
  2. Kneller, F.G., (1971) Foundation of Education, John Wiley dan Sons Inc. United States of America
  3. Langeveld, J.M., (1980) Beeknopte Theoritische Paedagogiek, (Terj: Simanjuntak), Jemmars Bandung.
  4. Muchtar, Odang (penyunting), (1981). Dasar-dasar kependidikan, IKIP Bandung.
  5. Mudyahardjo, Redja, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  6. Nasution, S., (1987), Sejarah Pendidikan Indonesia, Jemmars, Bandung.
  7. Power, J. Edward, (1982), Philosofhy of Education, studies ini philosophies, Shcooling and Aducatinal Policies, Prentice Hall Inc. New Jersey.


Details ...