Courser in English | CRISIS COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada
seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada
seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada
seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada
seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge |
Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press |
Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company |
Details ...