Konseling Krisis, Curriculum : 2020


Courser in EnglishCRISIS COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada

seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1)

CPMK-2

Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1)

CPMK-3

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan

konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai

dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11)

References

Utama

 

  1. Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
  2. Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
  3. Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Pendukung

 

  1. Thompson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
  2. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada

seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1)

CPMK-2

Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1)

CPMK-3

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan

konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai

dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11)

References

Utama

 

  1. Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
  2. Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
  3. Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Pendukung

 

  1. Thompson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
  2. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada

seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1)

CPMK-2

Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1)

CPMK-3

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan

konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai

dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11)

References

Utama

 

  1. Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
  2. Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
  3. Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Pendukung

 

  1. Thompson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
  2. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada

seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1)

CPMK-2

Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1)

CPMK-3

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan

konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai

dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11)

References

Utama

 

  1. Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
  2. Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
  3. Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Pendukung

 

  1. Thompson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
  2. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1)

Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1)

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan

bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11)

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling

krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11)

References

Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and

Disaster (Revised Edition). New York: Routledge

Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and

Research (4th Edition). New York: Oxford University Press

Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer

Publishing Company


Details ...