Courser in English | - |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi praktik keterampilan mengajar terbatas (keterampilan membuka pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan menutup pelajaran) dan praktik keterampilan mengajar terpadu. Mata kuliah ini berisi praktik keterampilan mengajar terbatas (keterampilan membuka pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan menutup pelajaran) dan praktik keterampilan mengajar terpadu.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPNK 1: Terampil melakukan praktik keterampilan mengajar secara terpisah
CPMK 2: Terampil menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Modul Ajar sesuai dengan standar kompetensi atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengan mengadaptasi karakteristik peserta didik, lingkungan belajar, serta tahapan belajar yang sesuai dengan karakteristik bidang ilmu dan teknologi yang dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat dan dosen pembimbing
CPMK 3: Terampil melakukan praktik pembelajaran secara terbimbing sesuai dengan RPP atau Modul Ajar yang disusun secara bertanggungjawab dengan mengedepankan nilai etika profesi guru
References- Haryati, T., Sudrajat, R., Khoiriyah, N. (2017). Pembelajaran Mikro Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Semarang: Universitas PGRI Semarang Press
- Happy, N., Roshayanti, F., Untari, FA., dkk. (2023). Panduan Microteaching & Mikro BK. Semarang:
- Brown, G. (1975). Micro-Teaching: a Programme of Teaching Skill. London: Methuen & Co. Ltd.
- Pusat Sumber Belajar, Kurikulum, dan PPL. (2023). Buku Pedoman PLP II. Semarang: Lembaga Pengembangan Profesi
- Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka
- Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka
- Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 33/H/KR/2023 tentang Perubahan Kedua Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka
- PER MENDIKBUDRISTEK RI Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah PER MENDIKBUDRIS TEK RI Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah
- E-book PPKn SMP/MTs/SMA/MA/SMK untuk Siswa dan Pedoman bagi Guru, terbitan terbaru dari Kemdikbudristek
Details ...