Asesmen II, Curriculum : 2014


Courser in EnglishASSESSMENT II
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Memuat teori mengenai aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity; peran aspek psikologis individu dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; ragam tes untuk mengungkap aspek psikologis individu; merancang tindak lanjut dari pemeriksaan tes.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan peran aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; mahasiswa mengerti ragam tes yang dapat menunjang pengembangan aspek psikologis individu, serta mahasiswa dapat menyikapi hasil pemeriksaan psikologis.

References

Anne Anastasi & Susana Urbina. 2006. TesPsikologi. Jakarta ; PT. Indeks

Dewa Ketut Sukardi&Desak P.E., 2009. AnalisisTes Psikologi Teori & Praktek. Jakarta : PT. RinekaCipta

Diah Karmiyati & Cahyaning Suryaningrum, 2005. Pengantar Psikologi Proyektif. Malang : UMM Press

Ki Fudyartanta, 2005. PengantarPsikodiagnostik. Jakarta :PustakaPelajar Offset


Details ...
Course Descriptions

Memuat teori mengenai aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity; peran aspek psikologis individu dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; ragam tes untuk mengungkap aspek psikologis individu; merancang tindak lanjut dari pemeriksaan tes.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan peran aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; mahasiswa mengerti ragam tes yang dapat menunjang pengembangan aspek psikologis individu, serta mahasiswa dapat menyikapi hasil pemeriksaan psikologis.

References

Anne Anastasi & Susana Urbina. 2006. TesPsikologi. Jakarta ; PT. Indeks

Dewa Ketut Sukardi&Desak P.E., 2009. AnalisisTes Psikologi Teori & Praktek. Jakarta : PT. RinekaCipta

Diah Karmiyati & Cahyaning Suryaningrum, 2005. Pengantar Psikologi Proyektif. Malang : UMM Press

Ki Fudyartanta, 2005. PengantarPsikodiagnostik. Jakarta :PustakaPelajar Offset


Details ...
Course Descriptions

Memuat teori mengenai aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity; peran aspek psikologis individu dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; ragam tes untuk mengungkap aspek psikologis individu; merancang tindak lanjut dari pemeriksaan tes.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan peran aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; mahasiswa mengerti ragam tes yang dapat menunjang pengembangan aspek psikologis individu, serta mahasiswa dapat menyikapi hasil pemeriksaan psikologis.

References

Mungin Eddy W., 1984. Teknik Bimbingan & Konseling

Murtini. Tanpa tahun. Handout CAT & TAT Magister Profesi Psikologi UGM.

Robert M. Kaplan & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Psychological Testing: Principle, Applications & Issues. 6th edition. Singapore: Thomson.

Saifuddin Azwar, 1996. Psikologi Intelligensi. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset

Saifuddin Azwar, 2013.Tes Prestasi. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset

Sumadi Suryabrata, 1984. Pembimbing ke Psikodiagnostik. Yogyakarta : Rake Sarasin

Subandi & Ratna Wulan. 2004. Tes Rorschach : Administrasi dan Skoring. Yogyakarta: UGM


Details ...
Course Descriptions

Memuat teori mengenai aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity; peran aspek psikologis individu dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; ragam tes untuk mengungkap aspek psikologis individu; merancang tindak lanjut dari pemeriksaan tes.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan peran aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; mahasiswa mengerti ragam tes yang dapat menunjang pengembangan aspek psikologis individu, serta mahasiswa dapat menyikapi hasil pemeriksaan psikologis.

References

Mungin Eddy W., 1984. Teknik Bimbingan & Konseling

Murtini. Tanpa tahun. Handout CAT & TAT Magister Profesi Psikologi UGM.

Robert M. Kaplan & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Psychological Testing: Principle, Applications & Issues. 6th edition. Singapore: Thomson.

Saifuddin Azwar, 1996. Psikologi Intelligensi. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset

Saifuddin Azwar, 2013.Tes Prestasi. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset

Sumadi Suryabrata, 1984. Pembimbing ke Psikodiagnostik. Yogyakarta : Rake Sarasin

Subandi & Ratna Wulan. 2004. Tes Rorschach : Administrasi dan Skoring. Yogyakarta: UGM


Details ...