Courser in English | ASSESSMENT II |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Memuat teori mengenai aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity; peran aspek psikologis individu dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; ragam tes untuk mengungkap aspek psikologis individu; merancang tindak lanjut dari pemeriksaan tes.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami dan menjelaskan peran aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; mahasiswa mengerti ragam tes yang dapat menunjang pengembangan aspek psikologis individu, serta mahasiswa dapat menyikapi hasil pemeriksaan psikologis.
ReferencesAnne Anastasi & Susana Urbina. 2006. TesPsikologi. Jakarta ; PT. Indeks
Dewa Ketut Sukardi&Desak P.E., 2009. AnalisisTes Psikologi Teori & Praktek. Jakarta : PT. RinekaCipta
Diah Karmiyati & Cahyaning Suryaningrum, 2005. Pengantar Psikologi Proyektif. Malang : UMM Press
Ki Fudyartanta, 2005. PengantarPsikodiagnostik. Jakarta :PustakaPelajar Offset
Details ...
Memuat teori mengenai aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity; peran aspek psikologis individu dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; ragam tes untuk mengungkap aspek psikologis individu; merancang tindak lanjut dari pemeriksaan tes.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami dan menjelaskan peran aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; mahasiswa mengerti ragam tes yang dapat menunjang pengembangan aspek psikologis individu, serta mahasiswa dapat menyikapi hasil pemeriksaan psikologis.
ReferencesAnne Anastasi & Susana Urbina. 2006. TesPsikologi. Jakarta ; PT. Indeks
Dewa Ketut Sukardi&Desak P.E., 2009. AnalisisTes Psikologi Teori & Praktek. Jakarta : PT. RinekaCipta
Diah Karmiyati & Cahyaning Suryaningrum, 2005. Pengantar Psikologi Proyektif. Malang : UMM Press
Ki Fudyartanta, 2005. PengantarPsikodiagnostik. Jakarta :PustakaPelajar Offset
Details ...
Memuat teori mengenai aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity; peran aspek psikologis individu dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; ragam tes untuk mengungkap aspek psikologis individu; merancang tindak lanjut dari pemeriksaan tes. |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan peran aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; mahasiswa mengerti ragam tes yang dapat menunjang pengembangan aspek psikologis individu, serta mahasiswa dapat menyikapi hasil pemeriksaan psikologis.
References
Mungin Eddy W., 1984. Teknik Bimbingan & Konseling Murtini. Tanpa tahun. Handout CAT & TAT Magister Profesi Psikologi UGM. Robert M. Kaplan & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Psychological Testing: Principle, Applications & Issues. 6th edition. Singapore: Thomson. Saifuddin Azwar, 1996. Psikologi Intelligensi. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset Saifuddin Azwar, 2013.Tes Prestasi. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset Sumadi Suryabrata, 1984. Pembimbing ke Psikodiagnostik. Yogyakarta : Rake Sarasin Subandi & Ratna Wulan. 2004. Tes Rorschach : Administrasi dan Skoring. Yogyakarta: UGM |
Details ...
Memuat teori mengenai aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity; peran aspek psikologis individu dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; ragam tes untuk mengungkap aspek psikologis individu; merancang tindak lanjut dari pemeriksaan tes. |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan peran aspek psikologis individu yang meliputi inteligensi, bakat, minat, kreativitas, kepribadian, kecerdasan majemuk dan kecerdasan lain meliputi kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversity dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling; mahasiswa mengerti ragam tes yang dapat menunjang pengembangan aspek psikologis individu, serta mahasiswa dapat menyikapi hasil pemeriksaan psikologis.
References
Mungin Eddy W., 1984. Teknik Bimbingan & Konseling Murtini. Tanpa tahun. Handout CAT & TAT Magister Profesi Psikologi UGM. Robert M. Kaplan & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Psychological Testing: Principle, Applications & Issues. 6th edition. Singapore: Thomson. Saifuddin Azwar, 1996. Psikologi Intelligensi. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset Saifuddin Azwar, 2013.Tes Prestasi. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset Sumadi Suryabrata, 1984. Pembimbing ke Psikodiagnostik. Yogyakarta : Rake Sarasin Subandi & Ratna Wulan. 2004. Tes Rorschach : Administrasi dan Skoring. Yogyakarta: UGM |
Details ...