Courser in English | MARKETING MANAGEMENT |
Program | Manajemen |
SKS | 3 SKS |
RPS | 27 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemenpemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yangbertanggung jawab, serta pemasaran global.
Learning OutcomesLulusan mampu mengaplikasikan teori manajemen secara efektif
References1 .Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
2.Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan ManajerialGlobal, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemenpemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yangbertanggung jawab, serta pemasaran global.
Learning OutcomesLulusan mampu mengaplikasikan teori manajemen secara efektif
References1 .Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
2.Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan ManajerialGlobal, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemenpemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yangbertanggung jawab, serta pemasaran global.
Learning OutcomesLulusan mampu mengaplikasikan teori manajemen secara efektif
References1 .Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
2.Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan ManajerialGlobal, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemenpemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yangbertanggung jawab, serta pemasaran global.
Learning OutcomesLulusan mampu mengaplikasikan teori manajemen secara efektif
References1 .Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
2.Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan ManajerialGlobal, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemenpemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yangbertanggung jawab, serta pemasaran global.
Learning OutcomesLulusan mampu mengaplikasikan teori manajemen secara efektif
References1 .Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
2.Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan ManajerialGlobal, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemenpemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yangbertanggung jawab, serta pemasaran global.
Learning OutcomesLulusan mampu mengaplikasikan teori manajemen secara efektif
References1 .Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
2.Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan ManajerialGlobal, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemenpemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yangbertanggung jawab, serta pemasaran global.
Learning OutcomesLulusan mampu mengaplikasikan teori manajemen secara efektif
References1 .Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
2.Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan ManajerialGlobal, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemenpemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan penyampaian nilai, pemasaran yangbertanggung jawab, serta pemasaran global.
Learning OutcomesLulusan mampu mengaplikasikan teori manajemen secara efektif
References1 .Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
2.Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan ManajerialGlobal, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...