Courser in English | MARKETING MANAGEMENT |
Program | Manajemen |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Pemasaran saat ini mengharuskan perusahaan mengubah mekanisme dari mengelola portofolio produk menjadi mengelola portofolio pelanggan. Perusahaan akan mengumpulkan database tentang pelanggan perorangan sehingga perusahaan dapat lebih memahami pelanggan dan memberikan penawaran serta pesan secara pribadi. Perusahaan maupun pemasar perlu menjalankan pemasaran holistik, dimana pengembangan, perancangan, dan implementasi program, proses, dan kegiatan pemasaran yang melihat keluasan dan kesalingtergantungan lingkungan pemasaran saat ini melalui dimensi kunci pemasaran holistik, yaitu: Pemasaran Internal, Pemasaran Terintegrasi, Pemasaran Hubungan, dan Pemasaran Kinerja. Melalui pembelajaran mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang program-program pemasaran modern yang sesuai dengan abad 21 serta mempraktekkannya sebagai bentuk pemahaman tentang Ilmu Marketing. Today's marketing requires companies to change the mechanism from managing product portfolios to managing customer portfolios. The company will collect a database of individual customers so that the company can better understand customers and provide offers and messages in person. Companies and marketers need to run holistic marketing, where development, design, and implementation of marketing programs, processes and activities that see the breadth and interdependence of the current marketing environment through key dimensions of holistic marketing, namely: Internal Marketing, Integrated Marketing, Relationship Marketing, and Marketing Performance. Through learning Marketing Management courses, students will gain insight into modern marketing programs that are in line with the 21st century and practice it as a form of understanding about Marketing Science.
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
(S3) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan (P)
|
(P1) Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi pemasaran pada berbagai jenis organisasi. |
Keterampilan Umum (KU) |
(KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya di bidang Pemasaran. (KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK1) Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan,pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi. (KK3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 15e Global Edition. Harlow: Pearson
Joseph P. Cannon, Ph.D, William D. Perreault, Jr., Ph.D, E. Jerome McCrthy, Ph.D, 2008, Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Edisi Keenam belas. Salemba Empat, Jakarta
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai peranan manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, ruang lingkup manajemen pemasaran, perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.
Learning OutcomesKETRAMPILAN KHUSUS
- Menguasai konsep teoritis, metode dan alat analisis tentang Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Bisnis, Manajemen dan Kewirausahaan
- Menguasai pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global
- Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran
- Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku, dan menunjukkan kinerja bermutu dan terukur dalam bidang Manajemen Pemasaran
- Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat menunjang aktivitas Manajemen Pemasaran perusahaan
- Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang Manajemen Pemasaran, yang didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
- Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
- Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri
- Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
PENGETAHUAN
- Mampu menjelaskan konsep pemasaran
- Dapat membedakan antara strategi, taktik dan membangun nilai dalam pemasaran
- Memahami peran pemasaran dalam perusahaan
- Mengerti konsep jasa
- Memahami bagaimana menganalisa lingkup pasar, kebutuhan dan keinginan konsumen serta merancang kebijakan pemasaran yang baik
- Dapat mengaplikasikan teori pemasaran dalam proyek-proyek tugas pemasaran
Daftar Referensi
- Kotler & Keller (2012).Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall
- Sunyoto, Danang (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
- Kotler & Armstrong (2012). Principles Of Marketing. Essex: Pearson Education
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai peranan manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, ruang lingkup manajemen pemasaran, perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.
Learning OutcomesKETRAMPILAN KHUSUS
- Menguasai konsep teoritis, metode dan alat analisis tentang Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Bisnis, Manajemen dan Kewirausahaan
- Menguasai pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global
- Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran
- Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku, dan menunjukkan kinerja bermutu dan terukur dalam bidang Manajemen Pemasaran
- Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat menunjang aktivitas Manajemen Pemasaran perusahaan
- Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang Manajemen Pemasaran, yang didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
- Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
- Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri
- Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
PENGETAHUAN
- Mampu menjelaskan konsep pemasaran
- Dapat membedakan antara strategi, taktik dan membangun nilai dalam pemasaran
- Memahami peran pemasaran dalam perusahaan
- Mengerti konsep jasa
- Memahami bagaimana menganalisa lingkup pasar, kebutuhan dan keinginan konsumen serta merancang kebijakan pemasaran yang baik
- Dapat mengaplikasikan teori pemasaran dalam proyek-proyek tugas pemasaran
Daftar Referensi
- Kotler & Keller (2012).Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall
- Sunyoto, Danang (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
- Kotler & Armstrong (2012). Principles Of Marketing. Essex: Pearson Education
Details ...