Courser in English | Educational Foundation |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Hakikat Pendidikan dan Landasan Filosofis Pendidikan, (2) Landasan Yuridis dan Historis Pendidikan, (3) Landasan Psikologis Pendidikan, (4) Landasan Sosial dan Budaya Pendidikan, (5) Landasan Moral dan Religius Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, (7) Standar dan Mutu Pendidikan, dan (9) Permasalahan-permasalahan Pendidikan dan Solusinya.
Learning OutcomesMampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
ReferencesAli, Yunasril. 2012. Sufisme dan Pluralaisme: Memahami Hakikat Agama dan Relasi Agama-Agama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Basis. 2006. Siapa Peduli Filsafat Pendidikan. No. 07-08 Tahun Ke-55, Juli-Agustus 2006.
Details ...