Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPANCASILA EDUCATION
ProgramInformatika
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik  Indonesia
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

  1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
  2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
  3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
  4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
  5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
  6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
  7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
  8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:
1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...