perencanaan pembelajaran, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 program studi S1 PGSD dengan bobot 3 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Hakikat perencanaan pembelajaran, Landasan perencanaan pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran, Keterampilan dasar mengajar, asesmen pembelajaran, Bahan ajar dan pengembangannya, Media dan pengembangannya modul ajar. Agar perkuliahan Perencanaan Pembelajaran dapat memberikan pengalaman bermakna, maka dikemas dengan melibatkan mahasiswa untuk kritis melalui metode diskusi, discovery learning, dan praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat perencanaan pembelajaran, landasan dalam perencanaan pembelajaran, serta prinsip dan teori pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab (P3, KU2, KK1, S7)

CPMK2

Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, pemilihan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik dalam perancangan pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK3

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK4

Mendesain media, bahan ajar, dan instrument penilaian serta mampu membuat modul ajar secara mandiri, bermutu, dan terukur untuk perancangan pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7

References

  1. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
  2. Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Widyawati, A. dkk. 2022. Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis
  4. Purba, M. dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
  5. Rindaningsih, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  7. Kepmen Ristek RI No.262/M/2022 Tahun 2022 (22 Juni 2022) jo Kepmen Ristek RI No.56/M/2022 (10 Februari 2022) tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
  8. Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kepmen Ristek Dikti No.033/H/KR/2022 (7 Juni 2022) jo No.008/H/KR/2022 (15 Feb 2022) jo No. 028/H/KU/2021 (9 Juli 2021) jo
  9. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020 tentang Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
  10. Permenristek Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  11. Permenristek Republik Indonesia No. 17 Tahun 2022 tentang Standar Isi
  12. Permenristek Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD hingga pendidikan menengah
  13. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2021
  14. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2022


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 program studi S1 PGSD dengan bobot 3 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Hakikat perencanaan pembelajaran, Landasan perencanaan pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran, Keterampilan dasar mengajar, asesmen pembelajaran, Bahan ajar dan pengembangannya, Media dan pengembangannya modul ajar. Agar perkuliahan Perencanaan Pembelajaran dapat memberikan pengalaman bermakna, maka dikemas dengan melibatkan mahasiswa untuk kritis melalui metode diskusi, discovery learning, dan praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat perencanaan pembelajaran, landasan dalam perencanaan pembelajaran, serta prinsip dan teori pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab (P3, KU2, KK1, S7)

CPMK2

Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, pemilihan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik dalam perancangan pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK3

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK4

Mendesain media, bahan ajar, dan instrument penilaian serta mampu membuat modul ajar secara mandiri, bermutu, dan terukur untuk perancangan pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7

References

  1. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
  2. Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Widyawati, A. dkk. 2022. Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis
  4. Purba, M. dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
  5. Rindaningsih, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  7. Kepmen Ristek RI No.262/M/2022 Tahun 2022 (22 Juni 2022) jo Kepmen Ristek RI No.56/M/2022 (10 Februari 2022) tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
  8. Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kepmen Ristek Dikti No.033/H/KR/2022 (7 Juni 2022) jo No.008/H/KR/2022 (15 Feb 2022) jo No. 028/H/KU/2021 (9 Juli 2021) jo
  9. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020 tentang Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
  10. Permenristek Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  11. Permenristek Republik Indonesia No. 17 Tahun 2022 tentang Standar Isi
  12. Permenristek Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD hingga pendidikan menengah
  13. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2021
  14. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2022


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 program studi S1 PGSD dengan bobot 3 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Hakikat perencanaan pembelajaran, Landasan perencanaan pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran, Keterampilan dasar mengajar, asesmen pembelajaran, Bahan ajar dan pengembangannya, Media dan pengembangannya modul ajar. Agar perkuliahan Perencanaan Pembelajaran dapat memberikan pengalaman bermakna, maka dikemas dengan melibatkan mahasiswa untuk kritis melalui metode diskusi, discovery learning, dan praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat perencanaan pembelajaran, landasan dalam perencanaan pembelajaran, serta prinsip dan teori pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab (P3, KU2, KK1, S7)

CPMK2

Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, pemilihan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik dalam perancangan pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK3

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK4

Mendesain media, bahan ajar, dan instrument penilaian serta mampu membuat modul ajar secara mandiri, bermutu, dan terukur untuk perancangan pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7

References

  1. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
  2. Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Widyawati, A. dkk. 2022. Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis
  4. Purba, M. dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
  5. Rindaningsih, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  7. Kepmen Ristek RI No.262/M/2022 Tahun 2022 (22 Juni 2022) jo Kepmen Ristek RI No.56/M/2022 (10 Februari 2022) tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
  8. Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kepmen Ristek Dikti No.033/H/KR/2022 (7 Juni 2022) jo No.008/H/KR/2022 (15 Feb 2022) jo No. 028/H/KU/2021 (9 Juli 2021) jo
  9. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020 tentang Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
  10. Permenristek Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  11. Permenristek Republik Indonesia No. 17 Tahun 2022 tentang Standar Isi
  12. Permenristek Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD hingga pendidikan menengah
  13. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2021
  14. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2022


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 program studi S1 PGSD dengan bobot 3 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Hakikat perencanaan pembelajaran, Landasan perencanaan pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran, Keterampilan dasar mengajar, asesmen pembelajaran, Bahan ajar dan pengembangannya, Media dan pengembangannya modul ajar. Agar perkuliahan Perencanaan Pembelajaran dapat memberikan pengalaman bermakna, maka dikemas dengan melibatkan mahasiswa untuk kritis melalui metode diskusi, discovery learning, dan praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat perencanaan pembelajaran, landasan dalam perencanaan pembelajaran, serta prinsip dan teori pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab (P3, KU2, KK1, S7)

CPMK2

Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, pemilihan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik dalam perancangan pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK3

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK4

Mendesain media, bahan ajar, dan instrument penilaian serta mampu membuat modul ajar secara mandiri, bermutu, dan terukur untuk perancangan pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7

References

  1. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
  2. Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Widyawati, A. dkk. 2022. Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis
  4. Purba, M. dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
  5. Rindaningsih, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  7. Kepmen Ristek RI No.262/M/2022 Tahun 2022 (22 Juni 2022) jo Kepmen Ristek RI No.56/M/2022 (10 Februari 2022) tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
  8. Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kepmen Ristek Dikti No.033/H/KR/2022 (7 Juni 2022) jo No.008/H/KR/2022 (15 Feb 2022) jo No. 028/H/KU/2021 (9 Juli 2021) jo
  9. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020 tentang Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
  10. Permenristek Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  11. Permenristek Republik Indonesia No. 17 Tahun 2022 tentang Standar Isi
  12. Permenristek Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD hingga pendidikan menengah
  13. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2021
  14. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2022


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 program studi S1 PGSD dengan bobot 3 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Hakikat perencanaan pembelajaran, Landasan perencanaan pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran, Keterampilan dasar mengajar, asesmen pembelajaran, Bahan ajar dan pengembangannya, Media dan pengembangannya modul ajar. Agar perkuliahan Perencanaan Pembelajaran dapat memberikan pengalaman bermakna, maka dikemas dengan melibatkan mahasiswa untuk kritis melalui metode diskusi, discovery learning, dan praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat perencanaan pembelajaran, landasan dalam perencanaan pembelajaran, serta prinsip dan teori pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab (P3, KU2, KK1, S7)

CPMK2

Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, pemilihan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik dalam perancangan pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK3

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK4

Mendesain media, bahan ajar, dan instrument penilaian serta mampu membuat modul ajar secara mandiri, bermutu, dan terukur untuk perancangan pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7

References

  1. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
  2. Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Widyawati, A. dkk. 2022. Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis
  4. Purba, M. dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
  5. Rindaningsih, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  7. Kepmen Ristek RI No.262/M/2022 Tahun 2022 (22 Juni 2022) jo Kepmen Ristek RI No.56/M/2022 (10 Februari 2022) tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
  8. Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kepmen Ristek Dikti No.033/H/KR/2022 (7 Juni 2022) jo No.008/H/KR/2022 (15 Feb 2022) jo No. 028/H/KU/2021 (9 Juli 2021) jo
  9. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020 tentang Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
  10. Permenristek Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  11. Permenristek Republik Indonesia No. 17 Tahun 2022 tentang Standar Isi
  12. Permenristek Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD hingga pendidikan menengah
  13. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2021
  14. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2022


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 program studi S1 PGSD dengan bobot 3 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Hakikat perencanaan pembelajaran, Landasan perencanaan pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran, Keterampilan dasar mengajar, asesmen pembelajaran, Bahan ajar dan pengembangannya, Media dan pengembangannya modul ajar. Agar perkuliahan Perencanaan Pembelajaran dapat memberikan pengalaman bermakna, maka dikemas dengan melibatkan mahasiswa untuk kritis melalui metode diskusi, discovery learning, dan praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat perencanaan pembelajaran, landasan dalam perencanaan pembelajaran, serta prinsip dan teori pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab (P3, KU2, KK1, S7)

CPMK2

Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, pemilihan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik dalam perancangan pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK3

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK4

Mendesain media, bahan ajar, dan instrument penilaian serta mampu membuat modul ajar secara mandiri, bermutu, dan terukur untuk perancangan pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7

References

  1. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
  2. Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Widyawati, A. dkk. 2022. Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis
  4. Purba, M. dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
  5. Rindaningsih, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  7. Kepmen Ristek RI No.262/M/2022 Tahun 2022 (22 Juni 2022) jo Kepmen Ristek RI No.56/M/2022 (10 Februari 2022) tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
  8. Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kepmen Ristek Dikti No.033/H/KR/2022 (7 Juni 2022) jo No.008/H/KR/2022 (15 Feb 2022) jo No. 028/H/KU/2021 (9 Juli 2021) jo
  9. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020 tentang Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
  10. Permenristek Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  11. Permenristek Republik Indonesia No. 17 Tahun 2022 tentang Standar Isi
  12. Permenristek Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD hingga pendidikan menengah
  13. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2021
  14. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2022


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 program studi S1 PGSD dengan bobot 3 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Hakikat perencanaan pembelajaran, Landasan perencanaan pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran, Keterampilan dasar mengajar, asesmen pembelajaran, Bahan ajar dan pengembangannya, Media dan pengembangannya modul ajar. Agar perkuliahan Perencanaan Pembelajaran dapat memberikan pengalaman bermakna, maka dikemas dengan melibatkan mahasiswa untuk kritis melalui metode diskusi, discovery learning, dan praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat perencanaan pembelajaran, landasan dalam perencanaan pembelajaran, serta prinsip dan teori pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab (P3, KU2, KK1, S7)

CPMK2

Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, pemilihan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik dalam perancangan pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK3

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK4

Mendesain media, bahan ajar, dan instrument penilaian serta mampu membuat modul ajar secara mandiri, bermutu, dan terukur untuk perancangan pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7

References

  1. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
  2. Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Widyawati, A. dkk. 2022. Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis
  4. Purba, M. dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
  5. Rindaningsih, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  7. Kepmen Ristek RI No.262/M/2022 Tahun 2022 (22 Juni 2022) jo Kepmen Ristek RI No.56/M/2022 (10 Februari 2022) tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
  8. Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kepmen Ristek Dikti No.033/H/KR/2022 (7 Juni 2022) jo No.008/H/KR/2022 (15 Feb 2022) jo No. 028/H/KU/2021 (9 Juli 2021) jo
  9. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020 tentang Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
  10. Permenristek Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  11. Permenristek Republik Indonesia No. 17 Tahun 2022 tentang Standar Isi
  12. Permenristek Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD hingga pendidikan menengah
  13. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2021
  14. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2022


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 program studi S1 PGSD dengan bobot 3 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Hakikat perencanaan pembelajaran, Landasan perencanaan pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran, Keterampilan dasar mengajar, asesmen pembelajaran, Bahan ajar dan pengembangannya, Media dan pengembangannya modul ajar. Agar perkuliahan Perencanaan Pembelajaran dapat memberikan pengalaman bermakna, maka dikemas dengan melibatkan mahasiswa untuk kritis melalui metode diskusi, discovery learning, dan praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat perencanaan pembelajaran, landasan dalam perencanaan pembelajaran, serta prinsip dan teori pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab (P3, KU2, KK1, S7)

CPMK2

Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, pemilihan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik dalam perancangan pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK3

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK4

Mendesain media, bahan ajar, dan instrument penilaian serta mampu membuat modul ajar secara mandiri, bermutu, dan terukur untuk perancangan pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7

References

  1. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
  2. Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Widyawati, A. dkk. 2022. Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis
  4. Purba, M. dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
  5. Rindaningsih, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  7. Kepmen Ristek RI No.262/M/2022 Tahun 2022 (22 Juni 2022) jo Kepmen Ristek RI No.56/M/2022 (10 Februari 2022) tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
  8. Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kepmen Ristek Dikti No.033/H/KR/2022 (7 Juni 2022) jo No.008/H/KR/2022 (15 Feb 2022) jo No. 028/H/KU/2021 (9 Juli 2021) jo
  9. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020 tentang Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
  10. Permenristek Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  11. Permenristek Republik Indonesia No. 17 Tahun 2022 tentang Standar Isi
  12. Permenristek Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD hingga pendidikan menengah
  13. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2021
  14. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2022


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 program studi S1 PGSD dengan bobot 3 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: Hakikat perencanaan pembelajaran, Landasan perencanaan pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran, Keterampilan dasar mengajar, asesmen pembelajaran, Bahan ajar dan pengembangannya, Media dan pengembangannya modul ajar. Agar perkuliahan Perencanaan Pembelajaran dapat memberikan pengalaman bermakna, maka dikemas dengan melibatkan mahasiswa untuk kritis melalui metode diskusi, discovery learning, dan praktik

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis hakikat perencanaan pembelajaran, landasan dalam perencanaan pembelajaran, serta prinsip dan teori pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab (P3, KU2, KK1, S7)

CPMK2

Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar, pemilihan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik dalam perancangan pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK3

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah dasar secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7)

CPMK4

Mendesain media, bahan ajar, dan instrument penilaian serta mampu membuat modul ajar secara mandiri, bermutu, dan terukur untuk perancangan pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P4, KU2, KK1, S7

References

  1. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
  2. Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  3. Widyawati, A. dkk. 2022. Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis
  4. Purba, M. dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
  5. Rindaningsih, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  7. Kepmen Ristek RI No.262/M/2022 Tahun 2022 (22 Juni 2022) jo Kepmen Ristek RI No.56/M/2022 (10 Februari 2022) tentang Pedoman Penerapan Kurikulum
  8. Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kepmen Ristek Dikti No.033/H/KR/2022 (7 Juni 2022) jo No.008/H/KR/2022 (15 Feb 2022) jo No. 028/H/KU/2021 (9 Juli 2021) jo
  9. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020 tentang Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
  10. Permenristek Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses
  11. Permenristek Republik Indonesia No. 17 Tahun 2022 tentang Standar Isi
  12. Permenristek Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan PAUD hingga pendidikan menengah
  13. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2021
  14. Panduan Pembelajaran dan Assessment Tahun 2022


Details ...