Belajar dan pembelajaran Ilmu Komputer, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCOMPUTER SCIENCE TEACHING AND LEARNING
ProgramPendidikan Teknologi Informasi
SKS3 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer  Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer, Motivasi Belajar Komputer, Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer, Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer, Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer, Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer, Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum  Ilmu Komputer

Learning Outcomes

Setelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.      

References

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:  Rineka Cipta 

Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Referensi

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara

Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer, Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer, Motivasi Belajar Komputer, Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer, Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer, Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer, Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer, Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum  Ilmu Komputer

Learning Outcomes

Setelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.   

References

Sumber Pustaka                                    :   

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:  Rineka Cipta 

Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara

Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari mengenai Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer, Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer, Motivasi Belajar Komputer, Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer, Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer, Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer, Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer, Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum  Ilmu Komputer

Learning Outcomes

Setelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer. Setelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.

References

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:  Rineka Cipta 

Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara

Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.


Details ...
Course Descriptions

Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer 

Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer

Motivasi Belajar Komputer

Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer

Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer

Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer

Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer

Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum  Ilmu Komputer

Learning Outcomes

Setelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.    

References

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:  Rineka Cipta 

Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara

Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.


Details ...
Course Descriptions

Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer 

Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer

Motivasi Belajar Komputer

Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer

Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer

Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer

Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer

Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum  Ilmu Komputer

Learning Outcomes

Setelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.    

References

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:  Rineka Cipta 

Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara

Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah sebagai pengenalan dan pemahaman konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer yang berkaitan dengan hakikat belajar dan pembelajaran ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, menguasai motivasi belajar ilmu komputer, menguasai pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran ilmu komputer, menguasai pendekatan pembelajaran ilmu komputer, menguasai konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, menguasai masala-masalah belajar ilmu komputer, serta mengimplementasikan pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perlkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengenal dan memahani konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk masalah-masalah yang berkenaan dengan dengan hakikat belajar dan pembelajaran ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, menguasai motivasi belajar ilmu komputer, menguasai pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran ilmu komputer, menguasai pendekatan pembelajaran ilmu komputer, menguasai konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, menguasai masala-masalah belajar ilmu komputer, serta mengimplementasikan pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer

References

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:  Rineka Cipta 

Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara

Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah sebagai pengenalan dan pemahaman konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer yang berkaitan dengan hakikat belajar dan pembelajaran ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, menguasai motivasi belajar ilmu komputer, menguasai pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran ilmu komputer, menguasai pendekatan pembelajaran ilmu komputer, menguasai konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, menguasai masala-masalah belajar ilmu komputer, serta mengimplementasikan pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perlkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengenal dan memahani konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk masalah-masalah yang berkenaan dengan dengan hakikat belajar dan pembelajaran ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, menguasai motivasi belajar ilmu komputer, menguasai pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran ilmu komputer, menguasai pendekatan pembelajaran ilmu komputer, menguasai konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, menguasai masala-masalah belajar ilmu komputer, serta mengimplementasikan pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer

References

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:  Rineka Cipta 

Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara

Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.


Details ...