Courser in English | COMPUTER SCIENCE TEACHING AND LEARNING |
Program | Pendidikan Teknologi Informasi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari tentang Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer, Motivasi Belajar Komputer, Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer, Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer, Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer, Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer, Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum Ilmu Komputer
Learning OutcomesSetelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.
ReferencesDimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Referensi
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara
Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer, Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer, Motivasi Belajar Komputer, Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer, Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer, Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer, Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer, Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum Ilmu Komputer
Learning OutcomesSetelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.
ReferencesSumber Pustaka :
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara
Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari mengenai Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer, Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer, Motivasi Belajar Komputer, Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer, Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer, Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer, Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer, Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum Ilmu Komputer
Learning OutcomesSetelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer. Setelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.
ReferencesDimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara
Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.
Details ...
Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer
Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer
Motivasi Belajar Komputer
Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer
Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer
Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer
Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum Ilmu Komputer
Learning OutcomesSetelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.
ReferencesDimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara
Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.
Details ...
Hakikat Belajar dan Pembelajaran Komputer Ilmu Komputer
Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran Ilmu Komputer
Motivasi Belajar Komputer
Pendekatan CBSA dan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Komputer
Pendekatan Pembelajaran Ilmu Komputer
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer
Masalah-Masalah Belajar Ilmu Komputer
Pembelajaran Dan Pengembangan Kurikulum Ilmu Komputer
Learning OutcomesSetelah mengukuti perkuliahan ini mahasiswa mengenal dan memahami konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran komputer ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer.
ReferencesDimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara
Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah sebagai pengenalan dan pemahaman konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer yang berkaitan dengan hakikat belajar dan pembelajaran ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, menguasai motivasi belajar ilmu komputer, menguasai pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran ilmu komputer, menguasai pendekatan pembelajaran ilmu komputer, menguasai konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, menguasai masala-masalah belajar ilmu komputer, serta mengimplementasikan pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer
Learning OutcomesSetelah mengikuti perlkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengenal dan memahani konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk masalah-masalah yang berkenaan dengan dengan hakikat belajar dan pembelajaran ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, menguasai motivasi belajar ilmu komputer, menguasai pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran ilmu komputer, menguasai pendekatan pembelajaran ilmu komputer, menguasai konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, menguasai masala-masalah belajar ilmu komputer, serta mengimplementasikan pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer
ReferencesDimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara
Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah sebagai pengenalan dan pemahaman konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer yang berkaitan dengan hakikat belajar dan pembelajaran ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, menguasai motivasi belajar ilmu komputer, menguasai pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran ilmu komputer, menguasai pendekatan pembelajaran ilmu komputer, menguasai konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, menguasai masala-masalah belajar ilmu komputer, serta mengimplementasikan pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer
Learning OutcomesSetelah mengikuti perlkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengenal dan memahani konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer, serta mampu menerapkan belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari untuk masalah-masalah yang berkenaan dengan dengan hakikat belajar dan pembelajaran ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, menguasai motivasi belajar ilmu komputer, menguasai pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran ilmu komputer, menguasai pendekatan pembelajaran ilmu komputer, menguasai konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, menguasai masala-masalah belajar ilmu komputer, serta mengimplementasikan pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer
ReferencesDimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gondodiyoto, Sanyoto. Komputer dan Komputerisasi. 2000. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. 2014. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. 2000. Jakarta: Bumi Aksara
Prasojo, Lantip dan Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. 2011. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi Edisi 7. 2009. Yogyakarta: ANDI.
Details ...