Courser in English | STUDY OF PHILOSOPHY AND DIDACTICS OF ELEMENTARY EDUCATION |
Program | Pendidikan Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...
Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan, Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu
Learning OutcomesMahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:
- Pengertian filsafat
- Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
- Fungsi interdisipliner system keilmuan
- Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
- Pengertian fakta
- Pengertian kepecayaan
- Pengertian kebenaran
- Pengertian pengetahuan
- Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
- Metode pengetahuan rasionalisme
- Metode pengetahuan empirisme
- Bentuk dan susunan ilmu
- Aksiologi ilmu
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.
Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.
Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.
K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.
Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.
Details ...