Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan Dasar, Curriculum : 2019


Courser in EnglishSTUDY OF PHILOSOPHY AND DIDACTICS OF ELEMENTARY EDUCATION
ProgramPendidikan Dasar
SKS3 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafatMemahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuanMemahami perkembangan ilmuMemahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, EmpirismeMemahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmuHakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kajian Filsafat dan Dikdatik Pendidikan dasar bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk: Memahami pengertian filsafat, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan,  Memahami fungsi filsafat dan cabang-cabang filsafat, Memahami fakta, kepercayaan, kebenaran, dan pengetahuan, Memahami perkembangan ilmu, Memahami Metode dalam mencari Pengetahuan: Rasionalisme, Empirisme, Memahami struktur ilmu dan hakikat nilai dari ilmu, Hakikat nilai dari ilmu

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu menjelaskan tentang:

  1. Pengertian filsafat
  2. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan
  3. Fungsi interdisipliner system keilmuan
  4. Cabang umum flsafat : ontology, epsitemologi, dan aksiologi
  5. Pengertian fakta
  6. Pengertian kepecayaan
  7. Pengertian kebenaran
  8. Pengertian pengetahuan
  9. Sejarah dan dinamika perkembangan ilmu
  10. Metode pengetahuan rasionalisme
  11. Metode pengetahuan empirisme
  12. Bentuk dan susunan ilmu
  13. Aksiologi ilmu

References

Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 1993.

The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Bernard Delfgaaum. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogya,1987.

Michael Polanyi. Segi Tak Teruangkap Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gramedia, 1996.

K. Bertens. Filsafat Barat Kontemporer Prancis (Indonesian Edition). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hisarma, Saragih, dkk. Filsafat Pendidikan. Kudus: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Husaini, Adrian et al. Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2021.

Rusdiana. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN UIN SGD BANDUNG, 2018.


Details ...