Bioteknologi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBIOTECHNOLOGY
ProgramPendidikan Biologi
SKS3 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Kajian bioteknologi dimulai dari ruang lingkup bioteknologi, bioteknologi konvensional (aplikasi teknologi fermentasi dan pengembangannya), kloning, teknik hibridoma, isolasi DNA, DNA rekombinan, serta penerapan bioteknologi diberbagai bidang meliputi : kesehatan, lingkungan, pertanian, peternakan, produksi bioenergi.

Learning Outcomes

  1. Sikap :
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal di masyarakat
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, potensi lokal, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  3. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Keterampilan umum :
  1. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implikasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  1. Keterampilan khusus :
  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidnag keilmuan biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal
  2. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.
  1. Penguasaan Pengetahuan :
  1. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah    :

  1. Sikap   :
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas perkuliahan bioteknologi berdasarkan agama, milai, moral, etika dan kearifan lokal.
  2. Menghargai keanekaragaman, pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam mempelajari bioteknologi
  3. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam mempelajari bioteknologi
  1. Keterampilan Umum :
  1. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi atas dasar nasionalisme dalam bidang bioteknologi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi dan suatu gagasan.
  2. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya pada proses mempelajari bioteknologi
  1. Keterampilan khusus :
  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang bioteknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajaran di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal.

 

  1. Penguasaan Pengetahuan :
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar bioteknologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan local dan berwawasan pembangunan berkelanjutan.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Kajian bioteknologi dimulai dari ruang lingkup bioteknologi, bioteknologi konvensional (aplikasi teknologi fermentasi dan pengembangannya), kloning, teknik hibridoma, isolasi DNA, DNA rekombinan, serta penerapan bioteknologi diberbagai bidang meliputi : kesehatan, lingkungan, pertanian, peternakan, produksi bioenergi.

Learning Outcomes

  1. Sikap :
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal di masyarakat
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, potensi lokal, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  3. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Keterampilan umum :
  1. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implikasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  1. Keterampilan khusus :
  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidnag keilmuan biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal
  2. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.
  1. Penguasaan Pengetahuan :
  1. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah    :

  1. Sikap   :
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas perkuliahan bioteknologi berdasarkan agama, milai, moral, etika dan kearifan lokal.
  2. Menghargai keanekaragaman, pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam mempelajari bioteknologi
  3. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam mempelajari bioteknologi
  1. Keterampilan Umum :
  1. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi atas dasar nasionalisme dalam bidang bioteknologi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi dan suatu gagasan.
  2. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya pada proses mempelajari bioteknologi
  1. Keterampilan khusus :
  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang bioteknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajaran di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal.

 

  1. Penguasaan Pengetahuan :
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar bioteknologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan local dan berwawasan pembangunan berkelanjutan.

References

-


Details ...