Magang I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP I
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

: Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi  pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan   rasa   tanggung   jawab,   jujur,   demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif  berdasarkan etika akademik.

References

buku ajar dan modul


Details ...
Course Descriptions

: Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi  pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan   rasa   tanggung   jawab,   jujur,   demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif  berdasarkan etika akademik.

References

buku ajar dan modul


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah magang I merupakan suatu kegiatan belajar sambil melakukan (learning by doing) dalam rangka pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap calon guru. Program magang merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jati diri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru. Mata kuliah ini berisi kegiatan : a. pengamatan langsung kultur sekolah; b.pengamatan langsung budaya akademik di sekolah; c. pengamatan langsung best practices di sekolah; d.pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan  e. refleksi hasil pengamatan di sekolah.

Learning Outcomes

Melalui program magang I  diharapkan agar  dapat  memberi bekal mahasiswa calon guru agar menjadi pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh.

 

References

Wiyaka, 2019. Pedoman Magang 1 Kependidikan,  Semarang: Pusat Kurikulum, PBM dan PPL Lembaga Pengembangan Profesi Universitas PGRI Semarang

Hasil pengamatan langsung terhadap: kultur sekolah,  budaya akademik di sekolah,  best practices di sekolah, proses pembelajaran di kelas

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Permendikbud 34 th 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi  pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan   rasa   tanggung   jawab,   jujur,   demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif  berdasarkan etika akademik.

References

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.
  2. Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.
  3. Pedoman Magang I Kependidikan, 2018, Pusat Kurikulum, PBM dan PPL Lembaga Pengembangan Profesi Universitas PGRI Semarang.
  4. Buku Guru PPKn Kurikulum 2013
  5. Buku Siswa PPKn Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

: Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi  pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.

 

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan   rasa   tanggung   jawab,   jujur,   demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif  berdasarkan etika akademik.

References

-


Details ...