Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2018


Courser in EnglishPancasila Education
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

sebagai Sistem Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk    Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

References

Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.

Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang

Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program

Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.

Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.

Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.

Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

References

Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.

Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang

Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program

Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.

Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.

Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.

Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

References

Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.

Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang

Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program

Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.

Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.

Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.

Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk  Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk  Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk  Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk  Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk  Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,

 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

  1. Referensi        
  1. Modul Pendidikan Pancasila. 2013. Kementerian Pendidikan Nasional.
  2. M.S, Kaelan. 2010. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
  3. Zubair, AC. 1990. Kuliah Etika. Jakarta: Rajawali Pers.

 

Anjuran          

  1. Bakry, Noor MS. 2010. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Efriza. 2009. Ilmu Politik (Dari Ilmu Politik sampai Sistem Pemerintahan). Bandung: Alfabeta.
  3. Fuady. M. 2010. Konsep Negara Demokrasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Syafei, IK. 2011. Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama. Bandung.
  5. Syafei. IK. 2011. Sisitem Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

 

  1. Komponen Evaluasi  (CP)

Aspek Penilaian

Persentase

Ujian Akhir Semester

40%

Ujian Tengah Semester

30%

Tugas

20%

Keaktifan Mahasiswa dan sikap

10%

Total

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kriteria Evaluasi

 

KONVERSI NILAI

Predikat Nilai Huruf

Penilaian Acuan Patokan

Skala 100

Skala 4

80 ≤ skor < 100

4

A

76 ≤ skor < 80

3,67

A-

72 ≤ skor < 76

3,33

B+

68 ≤ skor < 72

3,00

B

64 ≤ skor < 68

2,67

B-

60 ≤ skor < 64

2,33

C+

56 ≤ skor < 60

2,00

C

52 ≤ skor < 56

1,67

C-

48 ≤ skor < 52

1,33

D+

44 ≤ skor < 48

1,00

D

0 ≤ skor < 40

0,00

E

 

 

 

 

Diverifikasi oleh :

Diperiksa Oleh:

Disiapkan oleh :

 

A

Dosn Pengampu

 

 

 

 

 

Budiarto,S.Pd,M.Si

 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

  1. Referensi        
  1. Modul Pendidikan Pancasila. 2013. Kementerian Pendidikan Nasional.
  2. M.S, Kaelan. 2010. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
  3. Zubair, AC. 1990. Kuliah Etika. Jakarta: Rajawali Pers.

 

Anjuran          

  1. Bakry, Noor MS. 2010. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Efriza. 2009. Ilmu Politik (Dari Ilmu Politik sampai Sistem Pemerintahan). Bandung: Alfabeta.
  3. Fuady. M. 2010. Konsep Negara Demokrasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Syafei, IK. 2011. Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama. Bandung.
  5. Syafei. IK. 2011. Sisitem Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

 

  1. Komponen Evaluasi  (CP)

Aspek Penilaian

Persentase

Ujian Akhir Semester

40%

Ujian Tengah Semester

30%

Tugas

20%

Keaktifan Mahasiswa dan sikap

10%

Total

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kriteria Evaluasi

 

KONVERSI NILAI

Predikat Nilai Huruf

Penilaian Acuan Patokan

Skala 100

Skala 4

80 ≤ skor < 100

4

A

76 ≤ skor < 80

3,67

A-

72 ≤ skor < 76

3,33

B+

68 ≤ skor < 72

3,00

B

64 ≤ skor < 68

2,67

B-

60 ≤ skor < 64

2,33

C+

56 ≤ skor < 60

2,00

C

52 ≤ skor < 56

1,67

C-

48 ≤ skor < 52

1,33

D+

44 ≤ skor < 48

1,00

D

0 ≤ skor < 40

0,00

E

 

 

 

 

Diverifikasi oleh :

Diperiksa Oleh:

Disiapkan oleh :

 

A

Dosn Pengampu

 

 

 

 

 

Budiarto,S.Pd,M.Si

 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

  1. Referensi        
  1. Modul Pendidikan Pancasila. 2013. Kementerian Pendidikan Nasional.
  2. M.S, Kaelan. 2010. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
  3. Zubair, AC. 1990. Kuliah Etika. Jakarta: Rajawali Pers.

 

Anjuran          

  1. Bakry, Noor MS. 2010. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Efriza. 2009. Ilmu Politik (Dari Ilmu Politik sampai Sistem Pemerintahan). Bandung: Alfabeta.
  3. Fuady. M. 2010. Konsep Negara Demokrasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Syafei, IK. 2011. Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama. Bandung.
  5. Syafei. IK. 2011. Sisitem Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

 

  1. Komponen Evaluasi  (CP)

Aspek Penilaian

Persentase

Ujian Akhir Semester

40%

Ujian Tengah Semester

30%

Tugas

20%

Keaktifan Mahasiswa dan sikap

10%

Total

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kriteria Evaluasi

 

KONVERSI NILAI

Predikat Nilai Huruf

Penilaian Acuan Patokan

Skala 100

Skala 4

80 ≤ skor < 100

4

A

76 ≤ skor < 80

3,67

A-

72 ≤ skor < 76

3,33

B+

68 ≤ skor < 72

3,00

B

64 ≤ skor < 68

2,67

B-

60 ≤ skor < 64

2,33

C+

56 ≤ skor < 60

2,00

C

52 ≤ skor < 56

1,67

C-

48 ≤ skor < 52

1,33

D+

44 ≤ skor < 48

1,00

D

0 ≤ skor < 40

0,00

E

 

 

 

 

Diverifikasi oleh :

Diperiksa Oleh:

Disiapkan oleh :

 

A

Dosn Pengampu

 

 

 

 

 

Budiarto,S.Pd,M.Si

 


Details ...