Courser in English | PSYCHOLOGY OF SPORTS |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 26 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Fakultas Program Studi/ Semester Mata Kuliah/ Kode MK/SKS |
: : : |
FPIPSKR PJKR/ III Psikologi Olahraga /......./ 2 sks |
Mata Kuliah Prasyarat Deskripsi Mata Kuliah |
: :
|
Psikologi olahraga adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti pleh seluruh mahasiswa PJKR. Mata kuliah ini memeberikan pengetahuan tentang peranan psikologi olahraga dalam berbagai aktivitas olahraga. |
Dosen Pengampu
Learning Outcome Mata Kuliah |
: : |
1. Donny Anhar Fahmi, S.Si, M.Pd 2. Agus Wiyanto, S.Pd, M.Pd
Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami tentang konsep, teori dan aplikasi psikologi olahraga dalam dalam berbagai aktivitas olahraga seperti pendidikan jasmani, olahraga rekreasi, olahraga kesehatan dan olahraga prestasi.
|
Pertemuan Ke |
Kemampuan akhir yang direncanakan |
Indikator |
Bahan Kajian |
Metode & Bentuk Pembelajaran |
Pengalaman Belajar |
Alokasi Waktu
|
Metode Penilaian
|
Bobot Penilaian |
|
TM |
TT |
||||||||
1 |
Memahami kontrakuliah Memahami konsep dasar psikologi olahraga |
-Mahasiswa dapat memahami kontrak kuliah yang telah disepakati -Mahasiswa mampu memahami konsep dasar psikologi olahraga |
Kontrak kuliah Konsep dasar Psikologi Olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
2 |
Memahami kepribadian (Personality) dan sikap dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami kepribadian setiap olahragawan -Mahasiswa mampu memahami sikap-sikap dalam olahraga |
Kepribadian (Personality) dan sikap dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
3 |
Memahami motivasi dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami cara-cara memotivasi diri sendiri dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami cara-cara memotivasi orang lain dalam olahraga |
Motivasi dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
4 |
Memahami Penentuan goal-setting dalam Olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami penentuan goal setting dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami cara untuk menangani kegagalan dalam goal setting |
Penentuan goal-setting dalam Olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
5 |
Memahami Keterampilan latihan mental dalam Olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami latihan mental untuk diri sendiri dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami latihan mental untuk orang lain dalam olahraga |
Keterampilan latihan mental dalam Olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok
|
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
6 |
Memahami pengertian kegairahan (arousal), ketegangan (stress), dan kecemasan dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan fungsi kegairahan (arousal) -Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi ketegangan (stress) -Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi ketegangan dalam olahraga |
Kegairahan (arousal), ketegangan (stress), dan kecemasan dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
7 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
70% |
|||||||
8 |
Memahami pengertian emosi dan olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pengertian emosi dalam olahraga -Mahasiswa mampu mengatasi emosi ketika melakukan olahraga/pertandingan |
Emosi dan olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok
|
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
9 |
Memahami pengertian Frustasi dan agresifitas dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi frustasi ketika mengalami kegagalan dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami pengertian dan fungsi agresifitas dalam olahraga |
Frustasi dan agresifitas dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
10 |
Memahami pengertian Burnout (kejenuhan), dan Overtraining (latihan berlebih) dalam Olahraga |
-Mehasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi burnout (kejenuhan) ketika berolahraga -Mahasiswa mampu memahami pengertian dan efek dari overtraining |
Burnout (kejenuhan), dan Overtraining (latihan berlebih) dalam Olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
11 |
Memahami cara pembinaan disiplin dan rasa percaya diri pada atlet |
-Mahasiswa mampu memahami cara-cara membina kedisiplinan melalui olahraga -Mahasiswa mampu memahami cara menimbulkan rasa percaya diri ketika berolahraga |
Pembinaan disiplin dan rasa percaya diri pada atlet |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
12 |
Memahami pengetian perhatian (attention) dan kosentrasi dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan manfaat dari perhatian (attention) ketika berolahraga -Mahasiswa mampu mamahami cara-cara untuk mendapatkan konsentrasi ketika berolahraga |
Perhatian (attention) dan kosentrasi dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
13 |
Memahami karakter dan nilai Fair play |
-Mahasiswa mampu memahami karakter diri sendiri dan orang lain untuk prestasi olahraga -Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan fair play dalam olahraga |
Karakter dan Fair play |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
14 |
Memahami kohesivitas kelompok dan kepemimpinan |
-Mahasiswa mampu memahami pentingnya kohesivitas kelompok dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami tugas dan manfaat seorang pemimpin di lapangan |
Kohesivitas kelompok dan kepemimpinan |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
15 |
Memahami pentingnya Imajery dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pentingnya imajery dalam olahraga |
Imajery dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok
|
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
16 |
Ujian Akhir Semester |
70% |
Learning Outcomes
-
References-
Details ...
Fakultas Program Studi/ Semester Mata Kuliah/ Kode MK/SKS |
: : : |
FPIPSKR PJKR/ III Psikologi Olahraga /......./ 2 sks |
Mata Kuliah Prasyarat Deskripsi Mata Kuliah |
: :
|
Psikologi olahraga adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti pleh seluruh mahasiswa PJKR. Mata kuliah ini memeberikan pengetahuan tentang peranan psikologi olahraga dalam berbagai aktivitas olahraga. |
Dosen Pengampu
Learning Outcome Mata Kuliah |
: : |
1. Donny Anhar Fahmi, S.Si, M.Pd 2. Agus Wiyanto, S.Pd, M.Pd
Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami tentang konsep, teori dan aplikasi psikologi olahraga dalam dalam berbagai aktivitas olahraga seperti pendidikan jasmani, olahraga rekreasi, olahraga kesehatan dan olahraga prestasi.
|
Pertemuan Ke |
Kemampuan akhir yang direncanakan |
Indikator |
Bahan Kajian |
Metode & Bentuk Pembelajaran |
Pengalaman Belajar |
Alokasi Waktu
|
Metode Penilaian
|
Bobot Penilaian |
|
TM |
TT |
||||||||
1 |
Memahami kontrakuliah Memahami konsep dasar psikologi olahraga |
-Mahasiswa dapat memahami kontrak kuliah yang telah disepakati -Mahasiswa mampu memahami konsep dasar psikologi olahraga |
Kontrak kuliah Konsep dasar Psikologi Olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
2 |
Memahami kepribadian (Personality) dan sikap dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami kepribadian setiap olahragawan -Mahasiswa mampu memahami sikap-sikap dalam olahraga |
Kepribadian (Personality) dan sikap dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
3 |
Memahami motivasi dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami cara-cara memotivasi diri sendiri dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami cara-cara memotivasi orang lain dalam olahraga |
Motivasi dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
4 |
Memahami Penentuan goal-setting dalam Olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami penentuan goal setting dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami cara untuk menangani kegagalan dalam goal setting |
Penentuan goal-setting dalam Olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
5 |
Memahami Keterampilan latihan mental dalam Olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami latihan mental untuk diri sendiri dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami latihan mental untuk orang lain dalam olahraga |
Keterampilan latihan mental dalam Olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok
|
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
6 |
Memahami pengertian kegairahan (arousal), ketegangan (stress), dan kecemasan dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan fungsi kegairahan (arousal) -Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi ketegangan (stress) -Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi ketegangan dalam olahraga |
Kegairahan (arousal), ketegangan (stress), dan kecemasan dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
7 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
70% |
|||||||
8 |
Memahami pengertian emosi dan olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pengertian emosi dalam olahraga -Mahasiswa mampu mengatasi emosi ketika melakukan olahraga/pertandingan |
Emosi dan olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok
|
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
9 |
Memahami pengertian Frustasi dan agresifitas dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi frustasi ketika mengalami kegagalan dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami pengertian dan fungsi agresifitas dalam olahraga |
Frustasi dan agresifitas dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
10 |
Memahami pengertian Burnout (kejenuhan), dan Overtraining (latihan berlebih) dalam Olahraga |
-Mehasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi burnout (kejenuhan) ketika berolahraga -Mahasiswa mampu memahami pengertian dan efek dari overtraining |
Burnout (kejenuhan), dan Overtraining (latihan berlebih) dalam Olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
11 |
Memahami cara pembinaan disiplin dan rasa percaya diri pada atlet |
-Mahasiswa mampu memahami cara-cara membina kedisiplinan melalui olahraga -Mahasiswa mampu memahami cara menimbulkan rasa percaya diri ketika berolahraga |
Pembinaan disiplin dan rasa percaya diri pada atlet |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
12 |
Memahami pengetian perhatian (attention) dan kosentrasi dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan manfaat dari perhatian (attention) ketika berolahraga -Mahasiswa mampu mamahami cara-cara untuk mendapatkan konsentrasi ketika berolahraga |
Perhatian (attention) dan kosentrasi dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
13 |
Memahami karakter dan nilai Fair play |
-Mahasiswa mampu memahami karakter diri sendiri dan orang lain untuk prestasi olahraga -Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan fair play dalam olahraga |
Karakter dan Fair play |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
14 |
Memahami kohesivitas kelompok dan kepemimpinan |
-Mahasiswa mampu memahami pentingnya kohesivitas kelompok dalam olahraga -Mahasiswa mampu memahami tugas dan manfaat seorang pemimpin di lapangan |
Kohesivitas kelompok dan kepemimpinan |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok |
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
15 |
Memahami pentingnya Imajery dalam olahraga |
-Mahasiswa mampu memahami pentingnya imajery dalam olahraga |
Imajery dalam olahraga |
Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok
|
Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum |
100 |
200 |
Tes tertulis Penugasan Observasi Penilaian diri Penilaian antar peserta didik |
70% |
16 |
Ujian Akhir Semester |
70% |
Learning Outcomes
-
References-
Details ...