Psikologi Olahraga, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPSYCHOLOGY OF SPORTS
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS26 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Fakultas

Program Studi/ Semester

Mata Kuliah/ Kode MK/SKS

:

:

FPIPSKR

PJKR/ III

Psikologi Olahraga /......./ 2 sks

Mata Kuliah Prasyarat

Deskripsi Mata Kuliah

 

 

:

:

 

 

 

 

Psikologi olahraga adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti pleh seluruh mahasiswa PJKR. Mata kuliah ini memeberikan pengetahuan tentang peranan psikologi olahraga dalam berbagai aktivitas olahraga.

Dosen Pengampu

 

Learning Outcome

Mata Kuliah

:

:

1. Donny Anhar Fahmi, S.Si, M.Pd

2. Agus Wiyanto, S.Pd, M.Pd

 

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami tentang konsep, teori dan aplikasi psikologi olahraga dalam dalam berbagai aktivitas olahraga seperti pendidikan jasmani, olahraga rekreasi, olahraga kesehatan dan olahraga prestasi.

 

 

Pertemuan Ke

 

Kemampuan akhir yang direncanakan

 

Indikator

 

Bahan Kajian

 

Metode & Bentuk Pembelajaran

 

Pengalaman

Belajar

 

Alokasi Waktu

 

 

Metode Penilaian

 

 

Bobot Penilaian

TM

TT

1

Memahami kontrakuliah

Memahami konsep dasar psikologi olahraga

-Mahasiswa dapat memahami kontrak kuliah yang telah disepakati

-Mahasiswa mampu memahami konsep dasar psikologi olahraga

Kontrak kuliah

Konsep dasar Psikologi Olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

2

Memahami kepribadian (Personality) dan sikap dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami kepribadian setiap olahragawan

-Mahasiswa mampu memahami sikap-sikap dalam olahraga

Kepribadian (Personality) dan sikap dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

3

Memahami motivasi dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami cara-cara memotivasi diri sendiri dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami cara-cara memotivasi orang lain dalam olahraga

Motivasi dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

4

Memahami Penentuan goal-setting dalam Olahraga

-Mahasiswa mampu memahami penentuan goal setting dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami cara untuk menangani kegagalan dalam goal setting

Penentuan goal-setting dalam Olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

5

Memahami Keterampilan latihan mental dalam Olahraga

-Mahasiswa mampu memahami latihan mental untuk diri sendiri dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami latihan mental untuk orang lain dalam olahraga

Keterampilan latihan mental dalam Olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

 

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

6

Memahami pengertian kegairahan (arousal), ketegangan (stress), dan kecemasan dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan fungsi kegairahan (arousal)

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi ketegangan (stress)

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi ketegangan dalam olahraga

Kegairahan (arousal), ketegangan (stress), dan kecemasan dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

7

Ujian Tengah Semester (UTS)

70%

8

Memahami pengertian emosi dan olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian emosi dalam olahraga

-Mahasiswa mampu mengatasi emosi ketika melakukan olahraga/pertandingan

Emosi dan olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

 

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

9

Memahami pengertian Frustasi dan agresifitas dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi frustasi ketika mengalami kegagalan dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan fungsi agresifitas dalam olahraga

Frustasi dan agresifitas dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

10

Memahami pengertian Burnout (kejenuhan), dan Overtraining (latihan berlebih) dalam Olahraga

-Mehasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi burnout (kejenuhan) ketika berolahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan efek dari overtraining

Burnout (kejenuhan), dan Overtraining (latihan berlebih) dalam Olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

11

Memahami cara pembinaan disiplin dan rasa percaya diri pada atlet

-Mahasiswa mampu memahami cara-cara membina kedisiplinan melalui olahraga

-Mahasiswa mampu memahami cara menimbulkan rasa percaya diri ketika berolahraga

Pembinaan disiplin dan rasa percaya diri pada atlet

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

12

Memahami pengetian perhatian (attention) dan kosentrasi dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan manfaat dari perhatian (attention) ketika berolahraga

-Mahasiswa mampu mamahami cara-cara untuk mendapatkan konsentrasi ketika berolahraga

Perhatian (attention) dan kosentrasi dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

13

Memahami karakter dan nilai Fair play

-Mahasiswa mampu memahami karakter diri sendiri dan orang lain untuk prestasi olahraga

-Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan fair play dalam olahraga

Karakter dan Fair play

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

14

Memahami kohesivitas kelompok dan kepemimpinan

-Mahasiswa mampu memahami pentingnya kohesivitas kelompok dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami tugas dan manfaat seorang pemimpin di lapangan

Kohesivitas kelompok dan kepemimpinan

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

15

Memahami pentingnya Imajery dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pentingnya imajery dalam olahraga

Imajery dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

 

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

16

Ujian Akhir Semester

70%

 

 

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Fakultas

Program Studi/ Semester

Mata Kuliah/ Kode MK/SKS

:

:

FPIPSKR

PJKR/ III

Psikologi Olahraga /......./ 2 sks

Mata Kuliah Prasyarat

Deskripsi Mata Kuliah

 

 

:

:

 

 

 

 

Psikologi olahraga adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti pleh seluruh mahasiswa PJKR. Mata kuliah ini memeberikan pengetahuan tentang peranan psikologi olahraga dalam berbagai aktivitas olahraga.

Dosen Pengampu

 

Learning Outcome

Mata Kuliah

:

:

1. Donny Anhar Fahmi, S.Si, M.Pd

2. Agus Wiyanto, S.Pd, M.Pd

 

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami tentang konsep, teori dan aplikasi psikologi olahraga dalam dalam berbagai aktivitas olahraga seperti pendidikan jasmani, olahraga rekreasi, olahraga kesehatan dan olahraga prestasi.

 

 

Pertemuan Ke

 

Kemampuan akhir yang direncanakan

 

Indikator

 

Bahan Kajian

 

Metode & Bentuk Pembelajaran

 

Pengalaman

Belajar

 

Alokasi Waktu

 

 

Metode Penilaian

 

 

Bobot Penilaian

TM

TT

1

Memahami kontrakuliah

Memahami konsep dasar psikologi olahraga

-Mahasiswa dapat memahami kontrak kuliah yang telah disepakati

-Mahasiswa mampu memahami konsep dasar psikologi olahraga

Kontrak kuliah

Konsep dasar Psikologi Olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

2

Memahami kepribadian (Personality) dan sikap dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami kepribadian setiap olahragawan

-Mahasiswa mampu memahami sikap-sikap dalam olahraga

Kepribadian (Personality) dan sikap dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

3

Memahami motivasi dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami cara-cara memotivasi diri sendiri dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami cara-cara memotivasi orang lain dalam olahraga

Motivasi dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

4

Memahami Penentuan goal-setting dalam Olahraga

-Mahasiswa mampu memahami penentuan goal setting dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami cara untuk menangani kegagalan dalam goal setting

Penentuan goal-setting dalam Olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

5

Memahami Keterampilan latihan mental dalam Olahraga

-Mahasiswa mampu memahami latihan mental untuk diri sendiri dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami latihan mental untuk orang lain dalam olahraga

Keterampilan latihan mental dalam Olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

 

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

6

Memahami pengertian kegairahan (arousal), ketegangan (stress), dan kecemasan dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan fungsi kegairahan (arousal)

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi ketegangan (stress)

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi ketegangan dalam olahraga

Kegairahan (arousal), ketegangan (stress), dan kecemasan dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

7

Ujian Tengah Semester (UTS)

70%

8

Memahami pengertian emosi dan olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian emosi dalam olahraga

-Mahasiswa mampu mengatasi emosi ketika melakukan olahraga/pertandingan

Emosi dan olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

 

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

9

Memahami pengertian Frustasi dan agresifitas dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi frustasi ketika mengalami kegagalan dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan fungsi agresifitas dalam olahraga

Frustasi dan agresifitas dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

10

Memahami pengertian Burnout (kejenuhan), dan Overtraining (latihan berlebih) dalam Olahraga

-Mehasiswa mampu memahami pengertian dan mengatasi burnout (kejenuhan) ketika berolahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan efek dari overtraining

Burnout (kejenuhan), dan Overtraining (latihan berlebih) dalam Olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

11

Memahami cara pembinaan disiplin dan rasa percaya diri pada atlet

-Mahasiswa mampu memahami cara-cara membina kedisiplinan melalui olahraga

-Mahasiswa mampu memahami cara menimbulkan rasa percaya diri ketika berolahraga

Pembinaan disiplin dan rasa percaya diri pada atlet

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

12

Memahami pengetian perhatian (attention) dan kosentrasi dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pengertian dan manfaat dari perhatian (attention) ketika berolahraga

-Mahasiswa mampu mamahami cara-cara untuk mendapatkan konsentrasi ketika berolahraga

Perhatian (attention) dan kosentrasi dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

13

Memahami karakter dan nilai Fair play

-Mahasiswa mampu memahami karakter diri sendiri dan orang lain untuk prestasi olahraga

-Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan fair play dalam olahraga

Karakter dan Fair play

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

14

Memahami kohesivitas kelompok dan kepemimpinan

-Mahasiswa mampu memahami pentingnya kohesivitas kelompok dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami tugas dan manfaat seorang pemimpin di lapangan

Kohesivitas kelompok dan kepemimpinan

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

15

Memahami pentingnya Imajery dalam olahraga

-Mahasiswa mampu memahami pentingnya imajery dalam olahraga

Imajery dalam olahraga

Ceramah, Diskusi, Pemaparan, penugasan individu dan kelompok

 

Membaca, mengkaji referensi yang terkait dengan kurikulum

100

200

Tes tertulis

Penugasan

Observasi

Penilaian diri

Penilaian antar peserta didik

70%

16

Ujian Akhir Semester

70%

 

 

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...