Courser in English | EARLY CHILDHOOD MATHEMATICS LEARNING |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pembelajaran matematika di PAUD. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan danketerampilan mengenalkan materi-materi pelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan: standar Isi dan Standar Proses. Pokok Bahasan Utama matematika di paud antara lain: Pengenalan Bilangan, Aljabar, Klasifikasi,Pola, Geometri, dan Pengukuran.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan Matematika untuk Anak Usia Dini, mahasiswa
mampu:
1.Memahami teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran matematika di PAUD
2.Menguasai materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran
3.Terampil mengenalkan materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran
4.Terampil membuat alat peraga materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran
5.Terampil melakukan pembelajaran matematika di PAUD
6. terampil melakukan penilaian pembelajaran yang berkaitan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran
ReferencesAdiningsih, N. U. 2008. Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis. Bandung: Semesta Parenting.
Coopley, V. Juanita. (2000).The Young Child and Mathematics.Washington DC: National Association for the Education of Young Children.
Kellough, Richard D. (1996).Integrating Mathematics and Science.Columbus Ohio : Meriil Prentice Hall Moomay, Sally and Hieronymus. (1995). More Than Counting. St. Paul: Redleaf Press
Lestari KW. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan
Damayanti,Ratna,Dwi dan Wahyuni.2005.Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam.Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia
Howard,Gardner.1999. Multiple Intelligences.Terjemahkan oleh Moch Hanafi.2000.Bandung: Remaja Rosdakarya
Harlan.2008.Matematika untuk PAUD.(http:www Matematika PAUD.co.id,diakses 30Mei 2010)
Mujib dan Mudjakir.2001 Tumbuh Kembang Anak.Surabaya:Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pembelajaran matematika di PAUD. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan danketerampilan mengenalkan materi-materi pelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan: standar Isi dan Standar Proses. Pokok Bahasan Utama matematika di paud antara lain: Pengenalan Bilangan, Aljabar, Klasifikasi,Pola, Geometri, dan Pengukuran.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan Matematika untuk Anak Usia Dini, mahasiswa
mampu:
1.Memahami teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran matematika di PAUD
2.Menguasai materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran
3.Terampil mengenalkan materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran
4.Terampil membuat alat peraga materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran
5.Terampil melakukan pembelajaran matematika di PAUD
6. terampil melakukan penilaian pembelajaran yang berkaitan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran
ReferencesAdiningsih, N. U. 2008. Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis. Bandung: Semesta Parenting.
Coopley, V. Juanita. (2000).The Young Child and Mathematics.Washington DC: National Association for the Education of Young Children.
Kellough, Richard D. (1996).Integrating Mathematics and Science.Columbus Ohio : Meriil Prentice Hall Moomay, Sally and Hieronymus. (1995). More Than Counting. St. Paul: Redleaf Press
Lestari KW. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan
Damayanti,Ratna,Dwi dan Wahyuni.2005.Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam.Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia
Howard,Gardner.1999. Multiple Intelligences.Terjemahkan oleh Moch Hanafi.2000.Bandung: Remaja Rosdakarya
Harlan.2008.Matematika untuk PAUD.(http:www Matematika PAUD.co.id,diakses 30Mei 2010)
Mujib dan Mudjakir.2001 Tumbuh Kembang Anak.Surabaya:Remaja Rosdakarya
Details ...