Pembelajaran Matematika AUD, Curriculum : 2014


Courser in EnglishEARLY CHILDHOOD MATHEMATICS LEARNING
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pembelajaran matematika di PAUD. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan danketerampilan mengenalkan materi-materi pelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan: standar Isi dan Standar Proses. Pokok Bahasan Utama matematika di paud antara lain: Pengenalan Bilangan, Aljabar, Klasifikasi,Pola, Geometri, dan Pengukuran.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Matematika untuk Anak Usia Dini, mahasiswa

mampu:

1.Memahami teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran matematika di PAUD

2.Menguasai materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

3.Terampil mengenalkan materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

4.Terampil membuat alat peraga materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

5.Terampil melakukan pembelajaran matematika di PAUD

6. terampil melakukan penilaian pembelajaran yang berkaitan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

References

Adiningsih, N. U.  2008. Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis. Bandung: Semesta Parenting.

Coopley, V. Juanita. (2000).The Young Child and Mathematics.Washington DC: National Association for the Education of Young Children.

Kellough, Richard D. (1996).Integrating Mathematics and Science.Columbus Ohio : Meriil Prentice Hall Moomay, Sally and Hieronymus. (1995). More Than Counting. St. Paul: Redleaf Press

Lestari KW. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan

Damayanti,Ratna,Dwi dan Wahyuni.2005.Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam.Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia

Howard,Gardner.1999. Multiple Intelligences.Terjemahkan oleh Moch Hanafi.2000.Bandung: Remaja Rosdakarya

Harlan.2008.Matematika untuk PAUD.(http:www Matematika PAUD.co.id,diakses 30Mei 2010)

Mujib dan Mudjakir.2001 Tumbuh Kembang Anak.Surabaya:Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pembelajaran matematika di PAUD. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan danketerampilan mengenalkan materi-materi pelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan: standar Isi dan Standar Proses. Pokok Bahasan Utama matematika di paud antara lain: Pengenalan Bilangan, Aljabar, Klasifikasi,Pola, Geometri, dan Pengukuran.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Matematika untuk Anak Usia Dini, mahasiswa

mampu:

1.Memahami teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran matematika di PAUD

2.Menguasai materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

3.Terampil mengenalkan materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

4.Terampil membuat alat peraga materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

5.Terampil melakukan pembelajaran matematika di PAUD

6. terampil melakukan penilaian pembelajaran yang berkaitan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

References

Adiningsih, N. U.  2008. Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis. Bandung: Semesta Parenting.

Coopley, V. Juanita. (2000).The Young Child and Mathematics.Washington DC: National Association for the Education of Young Children.

Kellough, Richard D. (1996).Integrating Mathematics and Science.Columbus Ohio : Meriil Prentice Hall Moomay, Sally and Hieronymus. (1995). More Than Counting. St. Paul: Redleaf Press

Lestari KW. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan

Damayanti,Ratna,Dwi dan Wahyuni.2005.Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam.Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia

Howard,Gardner.1999. Multiple Intelligences.Terjemahkan oleh Moch Hanafi.2000.Bandung: Remaja Rosdakarya

Harlan.2008.Matematika untuk PAUD.(http:www Matematika PAUD.co.id,diakses 30Mei 2010)

Mujib dan Mudjakir.2001 Tumbuh Kembang Anak.Surabaya:Remaja Rosdakarya


Details ...