Courser in English | INTERACTIVE MULTIMEDIA |
Program | Pendidikan Teknologi Informasi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari dasar pengembangan multimedia interaktif. Dibagi menjadi enam belas kali tatap muka yang membahas diantaranya; yaitu Pengantar Multimedia Interaktif, Multimedia Sebagai Pembelajaran Berbantukan Komputer, Sampai dengan Pembuatan Storyboarding dan Pengembangannya.
Learning OutcomesMahasiswa memahami defenisi dari multimedia, mengetahuiperkembangan terkini dari multimedia,mengetahui manfaat teknologi multimedia,mengetahui peluang dalam industri multimedia.
ReferencesVaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.
Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.). USA: Merrill/Prentice-Hall.
Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144. Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Munir (2010). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia:http://file.upi.edu/Direktori/[29 Juli 2010].
Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran
TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan. Diolah dari berbagai sumber.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari dasar pengembangan multimedia interaktif. Dibagi menjadi enam belas kali tatap muka yang membahas diantaranya; yaitu Pengantar Multimedia Interaktif, Multimedia Sebagai Pembelajaran Berbantukan Komputer, Sampai dengan Pembuatan Storyboarding dan Pengembangannya.
Learning OutcomesMahasiswa memahami defenisi dari multimedia, mengetahui perkembangan terkini dari multimedia, mengetahui manfaat teknologi multimedia, mengetahui peluang dalam industri multimedia.
ReferencesVaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.
Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.). USA: Merrill/Prentice-Hall.
Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144. Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Munir (2010). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia:http://file.upi.edu/Direktori/[29 Juli 2010].
Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran
TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan. Diolah dari berbagai sumber.
Details ...
Pada mata kuliah multimedia interaktif akan dipelajari dasar multimedia interaktif, belajar menerapkan dasar dan konsep pengembangan tersebut kemudian memecahkan berbagai jenis
permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan multimedia interaktif.
Learning OutcomesSecara khusus dalam perkuliahan multimedia interaktif pembelajaran dibagi menjadi beberapa bab, yaitu Multimedia Interaktif, Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran, Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Berbantuan Komputer, sampai dengan pembahasan mengenai Storyboarding. Contoh-contoh soal yagn disusunsedemikian rupa sehingga mudah membandingkan soal satu dengan lainnya sehingga muncul pemahaman utuh
ReferencesShields, R., & Oktaviani, H. (2011). Virtual : sebuah pengantar
komprehensif. Jalasutra.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari dasar pengembangan multimedia interaktif. Dibagi menjadi enam belas kali tatap muka yang membahas diantaranya; yaitu Pengantar Multimedia Interaktif, Multimedia Sebagai Pembelajaran Berbantukan Komputer, Sampai dengan Pembuatan Storyboarding dan Pengembangannya.
Learning Outcomes- Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia
- Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia
- Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia
- Mahasiswa mengetahui peluang dalam industri multimedia
ReferencesVaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.
Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.). USA: Merrill/Prentice
Hall.
Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Munir (2010). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia:http://file.upi.edu/Direktori/[29 Juli 2010].
Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran
TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan.
Diolah dari berbagai sumber.
Details ...
Mata kuliah Multimedia Interaktif merupakan mata kuliah dalam kurikulum program studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas PGRI Semarang, yang diberikan di semester VII. Mata kuliah ini secara praktis melatih mahasiswa untuk terampil menggunakan aplikasi lunak multimedia yang berguna untuk mengolah berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, audio, dan interaksi dan digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari pengirim ke penerima pesan/informasi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan, serta terampil menggunakan aplikasi lunak multimedia yang berguna untuk mengolah berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, maupun audio.
References- Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.
- Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
- Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.). USA: Merrill/Prentice Hall.
- Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.
- Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
- Munir (2010). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/ [29 Juli 2010].
- Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan.
Details ...
Mata kuliah Multimedia Interaktif merupakan mata kuliah dalam kurikulum program studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas PGRI Semarang, yang diberikan di semester VII. Mata kuliah ini secara praktis melatih mahasiswa untuk terampil menggunakan aplikasi lunak multimedia yang berguna untuk mengolah berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, audio, dan interaksi dan digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari pengirim ke penerima pesan/informasi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan, serta terampil menggunakan aplikasi lunak multimedia yang berguna untuk mengolah berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, maupun audio.
References- Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.
- Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
- Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.). USA: Merrill/Prentice Hall.
- Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.
- Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
- Munir (2010). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/ [29 Juli 2010].
- Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari dasar pengembangan multimedia interaktif. Dibagi menjadi enam belas kali tatap muka yang membahas diantaranya; yaitu Pengantar Multimedia Interaktif, Multimedia Sebagai Pembelajaran Berbantukan Komputer, Sampai dengan Pembuatan Storyboarding dan Pengembangannya.
Learning Outcomes- Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia
- Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia
- Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia
- Mahasiswa mengetahui peluang dalam industri multimedia
ReferencesVaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.
Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.). USA: Merrill/Prentice Hall.
Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Munir (2010). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/ [29 Juli 2010].
Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan.
Diolah dari berbagai sumber.
Details ...