Multimedia Interaktif, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINTERACTIVE MULTIMEDIA
ProgramPendidikan Teknologi Informasi
SKS3 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari dasar pengembangan multimedia interaktif. Dibagi menjadi enam belas kali tatap muka yang membahas diantaranya; yaitu Pengantar Multimedia Interaktif, Multimedia Sebagai Pembelajaran Berbantukan Komputer, Sampai dengan Pembuatan Storyboarding dan Pengembangannya.

Learning Outcomes

Mahasiswa    memahami    defenisi    dari    multimedia,    mengetahuiperkembangan    terkini    dari    multimedia,mengetahui    manfaat    teknologi multimedia,mengetahui peluang dalam industri multimedia.

References

Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.

Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.

Heinich,  R.;  Molenda,  M.;  Russell,  J.  &  Smaldino,  S.  (1999).  Instructional  Media  And  Technologies  For  Learning  (6th  ed.).  USA: Merrill/Prentice-Hall.

Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144. Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munir  (2010).  Prospek  Komputer  Sebagai  Media  Pembelajaran  Interaktif  Dalam  Sistem  Pendidikan  Jarak  Jauh  di  Indonesia  [online]. Tersedia:http://file.upi.edu/Direktori/[29 Juli 2010].

Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran

TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan. Diolah dari berbagai sumber.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari dasar pengembangan multimedia interaktif. Dibagi menjadi enam belas kali tatap muka yang membahas diantaranya; yaitu Pengantar Multimedia Interaktif, Multimedia Sebagai Pembelajaran Berbantukan Komputer, Sampai dengan Pembuatan Storyboarding dan Pengembangannya.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia, mengetahui perkembangan terkini dari multimedia, mengetahui manfaat teknologi multimedia, mengetahui peluang dalam industri multimedia.

References

Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.

Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.

Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.). USA: Merrill/Prentice-Hall.

Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144. Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munir  (2010).  Prospek  Komputer  Sebagai  Media  Pembelajaran  Interaktif  Dalam  Sistem  Pendidikan  Jarak  Jauh  di  Indonesia  [online]. Tersedia:http://file.upi.edu/Direktori/[29 Juli 2010].

Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran

TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan. Diolah dari berbagai sumber.


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah multimedia interaktif akan dipelajari dasar multimedia interaktif, belajar menerapkan dasar dan konsep pengembangan tersebut kemudian memecahkan berbagai jenis

permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan multimedia interaktif.

Learning Outcomes

Secara khusus dalam perkuliahan multimedia interaktif pembelajaran dibagi menjadi beberapa bab, yaitu Multimedia Interaktif, Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran, Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Berbantuan Komputer, sampai dengan pembahasan mengenai Storyboarding. Contoh-contoh soal yagn disusunsedemikian rupa sehingga mudah membandingkan soal satu dengan lainnya sehingga muncul pemahaman utuh

References

Shields, R., & Oktaviani, H. (2011). Virtual : sebuah pengantar

 

komprehensif. Jalasutra.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari dasar pengembangan multimedia interaktif. Dibagi menjadi enam belas kali tatap muka yang membahas diantaranya; yaitu Pengantar Multimedia Interaktif, Multimedia Sebagai Pembelajaran Berbantukan Komputer, Sampai dengan Pembuatan Storyboarding dan Pengembangannya.

Learning Outcomes

- Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia

- Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia

- Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia

- Mahasiswa mengetahui peluang dalam industri multimedia

References

Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.

Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.

Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.). USA: Merrill/Prentice

Hall.

Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munir  (2010).  Prospek  Komputer  Sebagai  Media  Pembelajaran  Interaktif  Dalam  Sistem  Pendidikan  Jarak  Jauh  di  Indonesia  [online]. Tersedia:http://file.upi.edu/Direktori/[29 Juli 2010].

Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran

TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan.

Diolah dari berbagai sumber.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Multimedia Interaktif merupakan mata kuliah dalam kurikulum program studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas PGRI Semarang, yang diberikan di semester VII. Mata kuliah ini secara praktis melatih mahasiswa untuk terampil menggunakan aplikasi lunak multimedia yang berguna untuk mengolah berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, audio, dan interaksi dan digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari pengirim ke penerima pesan/informasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan, serta  terampil menggunakan aplikasi lunak multimedia yang berguna untuk mengolah berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, maupun audio.

References

  • Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.
  • Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The  Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
  • Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.).   USA: Merrill/Prentice Hall.
  • Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.
  • Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  • Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
  •  Munir  (2010). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/ [29 Juli 2010].
  • Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Multimedia Interaktif merupakan mata kuliah dalam kurikulum program studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas PGRI Semarang, yang diberikan di semester VII. Mata kuliah ini secara praktis melatih mahasiswa untuk terampil menggunakan aplikasi lunak multimedia yang berguna untuk mengolah berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, audio, dan interaksi dan digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari pengirim ke penerima pesan/informasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan, serta  terampil menggunakan aplikasi lunak multimedia yang berguna untuk mengolah berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, maupun audio.

References

  • Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.
  • Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The  Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
  • Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.).   USA: Merrill/Prentice Hall.
  • Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.
  • Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  • Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
  •  Munir  (2010). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/ [29 Juli 2010].
  • Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari dasar pengembangan multimedia interaktif. Dibagi menjadi enam belas kali tatap muka yang membahas diantaranya;  yaitu Pengantar Multimedia Interaktif, Multimedia Sebagai Pembelajaran Berbantukan Komputer, Sampai dengan Pembuatan Storyboarding dan Pengembangannya.

Learning Outcomes

- Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia

- Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia

- Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia

- Mahasiswa mengetahui peluang dalam industri multimedia

References

Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.

Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The  Classroom. USA: Corwin Press, Inc.

Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.).   USA: Merrill/Prentice Hall.

Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munir  (2010). Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/ [29 Juli 2010].

Erik, M. A. (2009). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIK. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan.

Diolah dari berbagai sumber.


Details ...