Courser in English | SCIENTIFIC REPORT WRITING |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Course Descriptions
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
- Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
- Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
- Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
- Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
- -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
- Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
- Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
- Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
- Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
- Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
- Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Details ...
Course Descriptions
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
- Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
- Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
- Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
- Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
- -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
- Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
- Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
- Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
- Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
- Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
- Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Details ...
Course Descriptions
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
- Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
- Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
- Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
- Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
- -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
- Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
- Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
- Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
- Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
- Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
- Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Details ...
Course Descriptions
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
- Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
- Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
- Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
- Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
- -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
- Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
- Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
- Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
- Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
- Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
- Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Details ...
Course Descriptions
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
- Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
- Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
- Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
- Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
- -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
- Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
- Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
- Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
- Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
- Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
- Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Details ...
Course Descriptions
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
- Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
- Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
- Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
- Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
- -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
- Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
- Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
- Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
- Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
- Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
- Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Details ...
Course Descriptions
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
- Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
- Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
- Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
- Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
- -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
- Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
- Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
- Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
- Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
- Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
- Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Details ...
Course Descriptions
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
- Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
- Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
- Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
- Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
- -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
- Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
- Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
- Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
- Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
- Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
- Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
- Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Details ...