| Courser in English | SCIENTIFIC REPORT WRITING | 
| Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 
| SKS | 2 SKS | 
| RPS | 8 Data | 
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
 
                  Course Descriptions
                  
Details ...
                Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
 - Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
 - Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
 - Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
 - Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
 
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
 - Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
 - Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
 - Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
 - Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
 - Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
 - Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
 - Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 - Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
 - Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 
Details ...
 
                  Course Descriptions
                  
Details ...
                Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
 - Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
 - Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
 - Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
 - Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
 
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
 - Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
 - Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
 - Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
 - Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
 - Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
 - Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
 - Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 - Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
 - Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 
Details ...
 
                  Course Descriptions
                  
Details ...
                Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
 - Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
 - Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
 - Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
 - Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
 
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
 - Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
 - Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
 - Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
 - Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
 - Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
 - Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
 - Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 - Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
 - Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 
Details ...
 
                  Course Descriptions
                  
Details ...
                Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
 - Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
 - Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
 - Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
 - Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
 
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
 - Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
 - Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
 - Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
 - Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
 - Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
 - Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
 - Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 - Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
 - Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 
Details ...
 
                  Course Descriptions
                  
Details ...
                Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
 - Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
 - Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
 - Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
 - Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
 
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
 - Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
 - Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
 - Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
 - Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
 - Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
 - Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
 - Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 - Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
 - Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 
Details ...
 
                  Course Descriptions
                  
Details ...
                Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
 - Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
 - Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
 - Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
 - Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
 
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
 - Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
 - Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
 - Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
 - Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
 - Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
 - Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
 - Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 - Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
 - Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 
Details ...
 
                  Course Descriptions
                  
Details ...
                Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
 - Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
 - Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
 - Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
 - Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
 
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
 - Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
 - Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
 - Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
 - Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
 - Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
 - Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
 - Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 - Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
 - Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 
Details ...
 
                  Course Descriptions
                  
Details ...
                Mata kuliah ini membahas tentang:
- Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
 - Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
 - Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
 - Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
 - Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru
 
- Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 
- -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
 - Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
 - Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
 - Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
 - Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
 - Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
 - Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
 - Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
 - Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
 - Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 - Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
 - Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
 - Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
 
Details ...
