Penulisan Karya Ilmiah, Curriculum : 2014


Courser in EnglishSCIENTIFIC REPORT WRITING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 Mata kuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
  2. Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
  3. Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
  4. Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
  5. Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  2. Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  4. Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.

References

  1. -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  2. -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  3. ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
  4. -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  5. Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  6. Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
  7. Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  8. Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
  9. Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  10. Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
  12. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  13. Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  14. Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
  16. Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
  2. Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
  3. Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
  4. Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
  5. Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  2. Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  4. Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.

References

  1. -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  2. -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  3. ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
  4. -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  5. Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  6. Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
  7. Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  8. Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
  9. Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  10. Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
  12. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  13. Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  14. Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
  16. Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
  2. Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
  3. Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
  4. Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
  5. Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  2. Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  4. Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.

References

  1. -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  2. -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  3. ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
  4. -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  5. Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  6. Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
  7. Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  8. Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
  9. Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  10. Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
  12. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  13. Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  14. Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
  16. Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
  2. Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
  3. Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
  4. Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
  5. Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  2. Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  4. Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.

References

  1. -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  2. -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  3. ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
  4. -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  5. Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  6. Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
  7. Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  8. Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
  9. Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  10. Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
  12. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  13. Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  14. Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
  16. Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
  2. Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
  3. Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
  4. Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
  5. Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  2. Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  4. Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.

References

  1. -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  2. -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  3. ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
  4. -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  5. Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  6. Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
  7. Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  8. Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
  9. Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  10. Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
  12. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  13. Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  14. Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
  16. Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
  2. Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
  3. Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
  4. Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
  5. Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  2. Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  4. Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.

References

  1. -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  2. -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  3. ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
  4. -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  5. Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  6. Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
  7. Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  8. Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
  9. Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  10. Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
  12. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  13. Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  14. Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
  16. Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
  2. Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
  3. Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
  4. Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
  5. Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  2. Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  4. Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.

References

  1. -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  2. -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  3. ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
  4. -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  5. Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  6. Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
  7. Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  8. Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
  9. Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  10. Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
  12. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  13. Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  14. Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
  16. Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini membahas tentang:

  1. Konsep Dasar dan Fungsi KTI bagi Jabatan Guru,
  2. Keterampilan Menulis dan KTI untuk Jabatan Guru
  3. Pemanfaatan ICT dalam Teknis Penulisan KTI untuk Pengembangan Profesi Guru
  4. Praktik penulisan KTI dalam bentuk KTI populer dan makalah ilmiah dan mereviewnya.
  5. Menyusun Porto-Folio untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Guru

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki sikap ketekunan, kejujuran, dan tanggung jawab ilmiah dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  2. Mahasiswa memiliki sikap sosial dalam bentuk kerjasama dan saling berbagi (sharing) dalam melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  3. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  4. Mahasiswa memiliki keterampilan yang cukup untuk melakukan penulisan Karya Tulis Ilmiah.

References

  1. -------------. (1991). Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru Dalam Lingkungan Depdikbud. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  2. -------------. (1993). Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  3. ------------------. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.IKIP Yogyakarta. (1996). Materi Pelatihan Pemula Bagi Guru-guru SD, SLTP, SMU, dan SMK se-DIY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
  4. -------------. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  5. Amat Jaedun. 2011. Makalah Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
  6. Among Kurnia Ebo. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.
  7. Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  8. Imam Syafi’ie. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti.
  9. Nana Sujana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  10. Nasution, S. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Ngadimun Hd. 2002. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Buku Ajar.
  12. Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 03/V/Pb/2010 dan No. 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  13. Soedarsono, F.X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  14. Suharsimi Arikunto. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Suryanto, dkk. (1991). Kesalahan-kesalahan Umum dalam Usulan Penelitian Dosen IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta.
  16. Suyanto. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Buku I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...