Pembelajaran Bahasa dan sastra indonesia di SD, Curriculum : 2014


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS11 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

 

2. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3. Penguasaan pengetahuan

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C4).

4. Keterampilan Khusus

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  3. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Axmerika Serikat.
  4. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI.
  5. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  7. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
  8. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
  9. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT
  10. Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

 

2. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3. Penguasaan pengetahuan

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C4).

4. Keterampilan Khusus

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  3. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Axmerika Serikat.
  4. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI.
  5. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  7. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
  8. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
  9. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT
  10. Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

 

2. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3. Penguasaan pengetahuan

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C4).

4. Keterampilan Khusus

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  3. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Axmerika Serikat.
  4. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI.
  5. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  7. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
  8. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
  9. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT
  10. Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

 

2. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3. Penguasaan pengetahuan

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C4).

4. Keterampilan Khusus

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  3. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Axmerika Serikat.
  4. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI.
  5. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  7. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
  8. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
  9. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT
  10. Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

 

2. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3. Penguasaan pengetahuan

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar (C3),
  2. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3),
  3. Menerapkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C3),
  4. Menyusun materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar (C4),
  5. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  6. Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C3),
  7. Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. (C4).

4. Keterampilan Khusus

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar,
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar,
  5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar,
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya,
  7. Menguasai dan melaksanakan  evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.

References

  1. Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  3. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Axmerika Serikat.
  4. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI.
  5. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  7. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
  8. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
  9. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT
  10. Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

 

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

 

 

References

Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press

Djago Tarigan dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Ruswandi Hermawan,dkk.2008. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar.Bandung: UPI Press

Soenardi Djiwandono. 2008. Tes Bahasa  Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : Indeks.

Standar Isi KTSP

Standar isi K 13


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

 

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

 

 

References

Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press

Djago Tarigan dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Ruswandi Hermawan,dkk.2008. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar.Bandung: UPI Press

Soenardi Djiwandono. 2008. Tes Bahasa  Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : Indeks.

Standar Isi KTSP

Standar isi K 13


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

 

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

 

 

References

Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press

Djago Tarigan dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Ruswandi Hermawan,dkk.2008. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar.Bandung: UPI Press

Soenardi Djiwandono. 2008. Tes Bahasa  Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : Indeks.

Standar Isi KTSP

Standar isi K 13


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

 

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

 

 

References

Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press

Djago Tarigan dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Ruswandi Hermawan,dkk.2008. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar.Bandung: UPI Press

Soenardi Djiwandono. 2008. Tes Bahasa  Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : Indeks.

Standar Isi KTSP

Standar isi K 13


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

 

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

 

 

References

Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press

Djago Tarigan dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Ruswandi Hermawan,dkk.2008. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar.Bandung: UPI Press

Soenardi Djiwandono. 2008. Tes Bahasa  Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : Indeks.

Standar Isi KTSP

Standar isi K 13


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus                                  :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan                            :

3.a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3.c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

 

Sikap                                                              : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidup-an bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasional-isme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

 

 

References

Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press

Djago Tarigan dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Ruswandi Hermawan,dkk.2008. Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar.Bandung: UPI Press

Soenardi Djiwandono. 2008. Tes Bahasa  Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : Indeks.

Standar Isi KTSP

Standar isi K 13


Details ...