Strategi Pembelajaran Fisika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPhysics Learning Strategy
ProgramPendidikan Fisika
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini termasuk salah satu mata kuliah pada bidang kajian pembelajaran fisika. Proses pembelajaran pada mata kuliah ini meliputi kajian teori maupun praktik mengenai perspektif terhadap pembelajaran sains, perencanaan pembelajaran, tugas guru, proses pembelajaran, model – model pembelajaran, pendekatan dalam pembelajaran, dan metode pembelajaran fisika.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

a. Mahasiswa mampu menerapkan karakter UPGRIS (unggul, peduli, gigih, religius, integritas dan sinergis).

b. Mahasiswa mampu menerapkan kompetensi kepribadian guru fisika.

  1. Keterampilan Umum

a. Mahasiswa terampil dalam merancang perencanaan pembelajaran

b. Mahasiswa mampu memfasilitasi proses pembelajaran fisika

  1. Penguasaan pengetahuan

a. Mahasiswa mampu menerapkan metode-metode pembelajaran secara variatif

b. Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 dan pendekatan lainnya.

c. Mahasiswa mampu menerapkan model-model pembelajaran kreatif inovatif

  1. Keterampilan Khusus

a. Mahasiswa mampu menerapkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kearifan lokal dan kontekstual dalam kehidupan siswa

b. Mahasiswa mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan media dan fasilitas belajar yang tersedia.

References

1)  Sandra, KA., et al., 2010. Designing and Teaching the Elementary Science Methods Course. New York:  Routledge (Buku Utama)

2)  I.Arends, R. 2001. Classroom instruction and management. USA : McGraw-Hill Companies, Inc.

3)  H. Schunk, D. 2012. Learning Theories an Educational Perspective. Pearson Education, Inc.

4)  Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: ROSDA

5)  Hamalik, O. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

6) Riyanto, Y. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Kencana Prenada Media Group

7)  Sudjana, N. 2013. Dasar-dasar proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

8)  Trianto, 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka

9)  Wena, M. 2012. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operational. Jakarta: Bumi Aksara

10) USAID. 2013. Praktik yang baik dalam Pembelajaran. RTI International, Learning Transforms Lives, World Education.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini termasuk salah satu mata kuliah pada bidang kajian pembelajaran fisika. Proses pembelajaran pada mata kuliah ini meliputi kajian teori maupun praktik mengenai perspektif terhadap pembelajaran sains, perencanaan pembelajaran, tugas guru, proses pembelajaran, model – model pembelajaran, pendekatan dalam pembelajaran, dan metode pembelajaran fisika.

Learning Outcomes

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

a. Mahasiswa mampu menerapkan karakter UPGRIS (unggul, peduli, gigih, religius, integritas dan sinergis).

b. Mahasiswa mampu menerapkan kompetensi kepribadian guru fisika.

  1. Keterampilan Umum

a. Mahasiswa terampil dalam merancang perencanaan pembelajaran

b. Mahasiswa mampu memfasilitasi proses pembelajaran fisika

  1. Penguasaan pengetahuan

a. Mahasiswa mampu menerapkan metode-metode pembelajaran secara variatif

b. Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 dan pendekatan lainnya.

c. Mahasiswa mampu menerapkan model-model pembelajaran kreatif inovatif

  1. Keterampilan Khusus

a. Mahasiswa mampu menerapkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kearifan lokal dan kontekstual dalam kehidupan siswa

b. Mahasiswa mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan media dan fasilitas belajar yang tersedia.

References

                  1)  Sandra, KA., et al., 2010. Designing and Teaching the Elementary Science Methods Course. New York:  Routledge (Buku Utama)

2)  I.Arends, R. 2001. Classroom instruction and management. USA : McGraw-Hill Companies, Inc.

3)  H. Schunk, D. 2012. Learning Theories an Educational Perspective. Pearson Education, Inc.

4)  Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: ROSDA

5)  Hamalik, O. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

6) Riyanto, Y. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Kencana Prenada Media Group

7)  Sudjana, N. 2013. Dasar-dasar proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

8)  Trianto, 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka

                  9)  Wena, M. 2012. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operational. Jakarta: Bumi Aksara

                10) USAID. 2013. Praktik yang baik dalam Pembelajaran. RTI International, Learning Transforms Lives, World Education.


Details ...
Course Descriptions

Proses pembelajaran pada mata kuliah ini meliputi kajian mengenai perspektif terhadap pembelajaran fisika, orientasi pembelajaran fisika, analisis materi fisika dan strategi pembelajaran yang digunakan, tujuan pembelajaran, tugas guru, perangkat pembelajaran, pengembangan kegiatan dalam proses pembelajaran, model-model pembelajaran inovatif, pendekatan dalam pembelajaran dan metode pembelajaran. Penilaian pada perkuliahan ini berbasis fortopolio dalam bentuk penugasan individu dan kelompok. Mata kuliah ini didukung dengan kegiatan diskusi, brainstorming, simulasi, latihan dan problem solving.

Learning Outcomes

Sikap:

  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

Pengetahuan:

  • Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  • Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)

Keterampilan khusus:

  • Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
  • Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran
  • Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

Keterampilan Umum:

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
  • Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.

References

  • Sandra, KA., et al., 2010. Designing and Teaching the Elementary Science Methods Course. New York:  Routledge (Buku Utama)
  • I.Arends, Richard. 1997. Classroom instruction and management. USA : McGraw-Hill Companies, Inc.
  • Dahar, RW. 1996. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga
  • Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
  • Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Kencana Prenada Media Group
  • Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
  • Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka
  • Wena, M. 2009. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operational. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Proses pembelajaran pada mata kuliah ini meliputi kajian mengenai perspektif terhadap pembelajaran fisika, orientasi pembelajaran fisika, analisis materi fisika dan strategi pembelajaran yang digunakan, tujuan pembelajaran, tugas guru, perangkat pembelajaran, pengembangan kegiatan dalam proses pembelajaran, model-model pembelajaran inovatif, pendekatan dalam pembelajaran dan metode pembelajaran. Penilaian pada perkuliahan ini berbasis fortopolio dalam bentuk penugasan individu dan kelompok. Mata kuliah ini didukung dengan kegiatan diskusi, brainstorming, simulasi, latihan dan problem solving.

Learning Outcomes

Sikap:

  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

Pengetahuan:

  • Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  • Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)

Keterampilan khusus:

  • Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
  • Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran
  • Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

Keterampilan Umum:

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
  • Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.

References

  • Sandra, KA., et al., 2010. Designing and Teaching the Elementary Science Methods Course. New York:  Routledge (Buku Utama)
  • I.Arends, Richard. 1997. Classroom instruction and management. USA : McGraw-Hill Companies, Inc.
  • Dahar, RW. 1996. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga
  • Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
  • Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Kencana Prenada Media Group
  • Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
  • Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka
  • Wena, M. 2009. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operational. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Proses pembelajaran pada mata kuliah ini meliputi kajian mengenai perspektif terhadap pembelajaran fisika, orientasi pembelajaran fisika, analisis materi fisika dan strategi pembelajaran yang digunakan, tujuan pembelajaran, tugas guru, perangkat pembelajaran, pengembangan kegiatan dalam proses pembelajaran, model-model pembelajaran inovatif, pendekatan dalam pembelajaran dan metode pembelajaran. Penilaian pada perkuliahan ini berbasis fortopolio dalam bentuk penugasan individu dan kelompok. Mata kuliah ini didukung dengan kegiatan diskusi, brainstorming, simulasi, latihan dan problem solving.

Learning Outcomes

Sikap:

  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

Pengetahuan:

  • Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  • Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)

Keterampilan khusus:

  • Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
  • Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran
  • Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

Keterampilan Umum:

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
  • Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.

References

  • Sandra, KA., et al., 2010. Designing and Teaching the Elementary Science Methods Course. New York:  Routledge (Buku Utama)
  • I.Arends, Richard. 1997. Classroom instruction and management. USA : McGraw-Hill Companies, Inc.
  • Dahar, RW. 1996. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga
  • Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
  • Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Kencana Prenada Media Group
  • Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
  • Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka
  • Wena, M. 2009. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operational. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...