Pengembangan media pembelajaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA
ProgramPendidikan Fisika
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari pengembangan  media pembelajaran non Tik dan TIK. Materi yang dipelajari adalah Konsep dasar media pembelajaran, dasar pengembangan media, media pembelajaran yang efektif, pengembangan media pembelajaran non TIK dan TIK

Learning Outcomes

Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep teoretis pengembangan media pembelajaran fisika.
  2. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan kefektifan media pembelajaran.
  3. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan media pembelajaran fisika

Sikap

:

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.

Keterampilan Umun

:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi dalam pengembangan media pembelajaran fisika.
  2. Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur

Keterampilan Khusus

:

  1. Mampu mengembangkan media pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
  2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas laboratorium, bengkel, atau lingkungan untuk pengembangan  media pembelajaran fisika.

References

 

  1. Heinich, R., et. al. 1996. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
  2. Sujana, N. & Riva’I, A. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari pengembangan  media pembelajaran non Tik dan TIK. Materi yang dipelajari adalah Konsep dasar media pembelajaran, dasar pengembangan media, media pembelajaran yang efektif, pengembangan media pembelajaran non TIK dan TIK

Learning Outcomes

Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep teoretis pengembangan media pembelajaran fisika.
  2. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan kefektifan media pembelajaran.
  3. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan media pembelajaran fisika

Sikap

:

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.

Keterampilan Umun

:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi dalam pengembangan media pembelajaran fisika.
  2. Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur

Keterampilan Khusus

:

  1. Mampu mengembangkan media pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
  2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas laboratorium, bengkel, atau lingkungan untuk pengembangan  media pembelajaran fisika.

References

  1. Heinich, R., et. al. 1996. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
  2. Sujana, N. & Riva’I, A. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari pengembangan  media pembelajaran non Tik dan TIK. Materi yang dipelajari adalah Konsep dasar media pembelajaran, dasar pengembangan media, media pembelajaran yang efektif, pengembangan media pembelajaran non TIK dan TIK

Learning Outcomes

Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep teoretis pengembangan media pembelajaran fisika.
  2. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan kefektifan media pembelajaran.
  3. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan media pembelajaran fisika

Sikap

:

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.

Keterampilan Umun

:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi dalam pengembangan media pembelajaran fisika.
  2. Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur

Keterampilan Khusus

:

  1. Mampu mengembangkan media pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
  2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas laboratorium, bengkel, atau lingkungan untuk pengembangan  media pembelajaran fisika.

References

  1. Heinich, R., et. al. 1996. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
  2. Sujana, N. & Riva’I, A. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari pengembangan  media pembelajaran non Tik dan TIK. Materi yang dipelajari adalah Konsep dasar media pembelajaran, dasar pengembangan media, media pembelajaran yang efektif, pengembangan media pembelajaran non TIK dan TIK

Learning Outcomes

Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep teoretis pengembangan media pembelajaran fisika.
  2. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan kefektifan media pembelajaran.
  3. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan media pembelajaran fisika

Sikap

:

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.

Keterampilan Umun

:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi dalam pengembangan media pembelajaran fisika.
  2. Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur

Keterampilan Khusus

:

  1. Mampu mengembangkan media pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
  2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas laboratorium, bengkel, atau lingkungan untuk pengembangan  media pembelajaran fisika.

References

  1. Heinich, R., et. al. 1996. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
  2. Sujana, N. & Riva’I, A. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru


Details ...