Courser in English | Discrete Mathematics |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Pengetahuan:
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit, Relasi Rekursif dan Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
Keterampilan Umum:
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika.
Keterampilan Khusus:
Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
ReferencesBudayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press.
______________. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press.
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc.
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Pengetahuan:
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit, Relasi Rekursif dan Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
Keterampilan Umum:
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika.
Keterampilan Khusus:
Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
ReferencesBudayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press.
______________. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press.
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc.
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Pengetahuan:
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit, Relasi Rekursif dan Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
Keterampilan Umum:
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika.
Keterampilan Khusus:
Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
ReferencesBudayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press.
______________. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press.
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc.
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Pengetahuan:
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit, Relasi Rekursif dan Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
Keterampilan Umum:
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika.
Keterampilan Khusus:
Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
ReferencesBudayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press.
______________. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press.
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc.
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Pengetahuan:
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit, Relasi Rekursif dan Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
Keterampilan Umum:
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika.
Keterampilan Khusus:
Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
ReferencesBudayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press.
______________. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press.
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc.
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Pengetahuan:
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit, Relasi Rekursif dan Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
Keterampilan Umum:
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika.
Keterampilan Khusus:
Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
ReferencesBudayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press.
______________. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press.
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Rosen, Kenneth H. 2012. Discrete Mathematics And Its Applications. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc.
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Pengetahuan:
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit, Relasi Rekursif dan Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
Keterampilan Umum:
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika.
Keterampilan Khusus:
Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
ReferencesBudayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press.
______________. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press.
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang definisi fungsi pembangkit, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, penerapan fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap:
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Pengetahuan:
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit, Relasi Rekursif dan Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal.
Keterampilan Umum:
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika.
Keterampilan Khusus:
Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
ReferencesBudayasa, I Ketut. 2007. Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: Unesa University Press.
______________. 2010. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Press.
Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang notasi faktorial dan sigma, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning Outcomes-
References-
Details ...