Courser in English | GROUP DYNAMICS |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.
Learning Outcomes
CPL – S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
CPL - KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
CPL – KU6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
CPL - KK1 |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling. |
CPL – KK47 |
Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan |
CPL – P10 |
Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.
Learning Outcomes
CPL – S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
CPL - KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
CPL – KU6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
CPL - KK1 |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling. |
CPL – KK47 |
Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan |
CPL – P10 |
Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.
Learning Outcomes
CPL – S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
CPL - KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
CPL – KU6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
CPL - KK1 |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling. |
CPL – KK47 |
Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan |
CPL – P10 |
Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.
Learning Outcomes
CPL – S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
CPL - KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
CPL – KU6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
CPL - KK1 |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling. |
CPL – KK47 |
Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan |
CPL – P10 |
Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.
Learning Outcomes
CPL – S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
CPL - KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
CPL – KU6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
CPL - KK1 |
Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling. |
CPL – KK47 |
Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan |
CPL – P10 |
Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Dinamika kelompok merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester IV. Matakuliah Dinamika Kelompok memberikan pemahaman sekaligus keterampilan kepada mahasiswa dalam mengelola kelompok; baik kelompok besar maupun kelompok kecil dalam pelaksanaan berbagai layanan bimbingan dan konseling. Pemahaman konsepsi dinamika dalam kelompok meliputi: pengenalan terhadap dinamika kelompok, interaksi sosial, kelompok sosial, pengaruh kelompok sosial dan penerapan prinsip-prinsip dinamika kelompok.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami prinsip-prinsip dinamika kelompok dan dapat menerapkannya dalam berbagai bidang layanan bimbingan konseling
ReferencesJohnson, David W. & Frank P. Johnson. 2012. Dinamika Kelompok-Teori dan Keterampilan. Edisi kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.
Details ...
Dinamika kelompok merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester IV. Matakuliah Dinamika Kelompok memberikan pemahaman sekaligus keterampilan kepada mahasiswa dalam mengelola kelompok; baik kelompok besar maupun kelompok kecil dalam pelaksanaan berbagai layanan bimbingan dan konseling. Pemahaman konsepsi dinamika dalam kelompok meliputi: pengenalan terhadap dinamika kelompok, interaksi sosial, kelompok sosial, pengaruh kelompok sosial dan penerapan prinsip-prinsip dinamika kelompok.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami prinsip-prinsip dinamika kelompok dan dapat menerapkannya dalam berbagai bidang layanan bimbingan konseling
ReferencesJohnson, David W. & Frank P. Johnson. 2012. Dinamika Kelompok-Teori dan Keterampilan. Edisi kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.
Details ...
Dinamika kelompok merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester IV. Matakuliah Dinamika Kelompok memberikan pemahaman sekaligus keterampilan kepada mahasiswa dalam mengelola kelompok; baik kelompok besar maupun kelompok kecil dalam pelaksanaan berbagai layanan bimbingan dan konseling. Pemahaman konsepsi dinamika dalam kelompok meliputi: pengenalan terhadap dinamika kelompok, interaksi sosial, kelompok sosial, pengaruh kelompok sosial dan penerapan prinsip-prinsip dinamika kelompok.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami prinsip-prinsip dinamika kelompok dan dapat menerapkannya dalam berbagai bidang layanan bimbingan konseling
ReferencesJohnson, David W. & Frank P. Johnson. 2012. Dinamika Kelompok-Teori dan Keterampilan. Edisi kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.
Details ...