Dinamika Kelompok, Curriculum : 2015


Courser in EnglishGROUP DYNAMICS
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.

Learning Outcomes

CPL – S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

CPL - KU1

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

CPL – KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

CPL - KK1

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling.

CPL – KK47

Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan

CPL – P10

Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas

References

Utama

 

  1. Donelson R. Forsyth. 2019. Group Dynamic. Bostom: Cengage Learning, Inc
  2. Frank P dan David. 2012. Dinamika kelompok teori dan keterampilan edisi kesembilan. Jakarta: Indeks.
  3. Purwanto dan Abu Huraerah. 2006. Dinamika kelompok konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Santosa, S. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Sunarru Samsi Hariadi. 2011. Dinamika Kelompok. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
  6. Thomas, Soedarsono. 2008. Dinamika Kelompok. Jakarta: Universitas Terbuka

Pendukung

 

  1. Venty. 2020. Handout Dinamika Kelompok. UPGRIS
  2. Video Pembelajaran (youtube venty upgris)
  3. Edupuzzel
  4. Scorm Package Interaktif
  5. dll


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.

Learning Outcomes

CPL – S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

CPL - KU1

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

CPL – KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

CPL - KK1

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling.

CPL – KK47

Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan

CPL – P10

Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas

References

Utama

 

  1. Donelson R. Forsyth. 2019. Group Dynamic. Bostom: Cengage Learning, Inc
  2. Frank P dan David. 2012. Dinamika kelompok teori dan keterampilan edisi kesembilan. Jakarta: Indeks.
  3. Purwanto dan Abu Huraerah. 2006. Dinamika kelompok konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Santosa, S. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Sunarru Samsi Hariadi. 2011. Dinamika Kelompok. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
  6. Thomas, Soedarsono. 2008. Dinamika Kelompok. Jakarta: Universitas Terbuka

Pendukung

 

  1. Venty. 2020. Handout Dinamika Kelompok. UPGRIS
  2. Video Pembelajaran (youtube venty upgris)
  3. Edupuzzel
  4. Scorm Package Interaktif
  5. dll


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.

Learning Outcomes

CPL – S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

CPL - KU1

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

CPL – KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

CPL - KK1

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling.

CPL – KK47

Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan

CPL – P10

Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas

References

Utama

 

  1. Donelson R. Forsyth. 2019. Group Dynamic. Bostom: Cengage Learning, Inc
  2. Frank P dan David. 2012. Dinamika kelompok teori dan keterampilan edisi kesembilan. Jakarta: Indeks.
  3. Purwanto dan Abu Huraerah. 2006. Dinamika kelompok konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Santosa, S. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Sunarru Samsi Hariadi. 2011. Dinamika Kelompok. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
  6. Thomas, Soedarsono. 2008. Dinamika Kelompok. Jakarta: Universitas Terbuka

Pendukung

 

  1. Venty. 2020. Handout Dinamika Kelompok. UPGRIS
  2. Video Pembelajaran (youtube venty upgris)
  3. Edupuzzel
  4. Scorm Package Interaktif
  5. dll


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.

Learning Outcomes

CPL – S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

CPL - KU1

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

CPL – KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

CPL - KK1

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling.

CPL – KK47

Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan

CPL – P10

Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas

References

Utama

 

  1. Donelson R. Forsyth. 2019. Group Dynamic. Bostom: Cengage Learning, Inc
  2. Frank P dan David. 2012. Dinamika kelompok teori dan keterampilan edisi kesembilan. Jakarta: Indeks.
  3. Purwanto dan Abu Huraerah. 2006. Dinamika kelompok konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Santosa, S. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Sunarru Samsi Hariadi. 2011. Dinamika Kelompok. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
  6. Thomas, Soedarsono. 2008. Dinamika Kelompok. Jakarta: Universitas Terbuka

Pendukung

 

  1. Venty. 2020. Handout Dinamika Kelompok. UPGRIS
  2. Video Pembelajaran (youtube venty upgris)
  3. Edupuzzel
  4. Scorm Package Interaktif
  5. dll


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, sejarah, unusur-unsur dinamika kelompok, aspek dinamika kelompok, penanganan konflik kepentingan dalam dinamika kelompok, menghargai perbedaan dalam dinamika kelompok, kepemimpinan kelompok, menyusun program dan membuat permainan dinamika kelompok.

Learning Outcomes

CPL – S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

CPL - KU1

Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

CPL – KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

CPL - KK1

Terampil membaca buku teks, jurnal, prosiding, majalah dan berbagai sumber informasi lain baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy secara daring maupun luring untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan komprehensif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang bimbingan dan konseling.

CPL – KK47

Terampil mengimplementasikan kolaborasi internal dan eksternal di tempat bekerja dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling di berbagai jenis, jenjang dan satuan pendidikan

CPL – P10

Menguasai teori kepemimpinan, motivasi, dinamika kelompok, dan teori kreativitas

References

Utama

 

  1. Donelson R. Forsyth. 2019. Group Dynamic. Bostom: Cengage Learning, Inc
  2. Frank P dan David. 2012. Dinamika kelompok teori dan keterampilan edisi kesembilan. Jakarta: Indeks.
  3. Purwanto dan Abu Huraerah. 2006. Dinamika kelompok konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Santosa, S. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Sunarru Samsi Hariadi. 2011. Dinamika Kelompok. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
  6. Thomas, Soedarsono. 2008. Dinamika Kelompok. Jakarta: Universitas Terbuka

Pendukung

 

  1. Venty. 2020. Handout Dinamika Kelompok. UPGRIS
  2. Video Pembelajaran (youtube venty upgris)
  3. Edupuzzel
  4. Scorm Package Interaktif
  5. dll


Details ...
Course Descriptions

Dinamika kelompok merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester IV. Matakuliah Dinamika Kelompok memberikan pemahaman sekaligus keterampilan kepada mahasiswa dalam mengelola kelompok; baik kelompok besar maupun kelompok kecil dalam pelaksanaan berbagai layanan bimbingan dan konseling. Pemahaman konsepsi dinamika dalam kelompok meliputi: pengenalan terhadap dinamika kelompok, interaksi sosial, kelompok sosial, pengaruh kelompok sosial dan penerapan prinsip-prinsip dinamika kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami prinsip-prinsip dinamika kelompok dan dapat menerapkannya dalam berbagai bidang layanan bimbingan konseling

References

Johnson, David W. & Frank P. Johnson. 2012. Dinamika Kelompok-Teori dan Keterampilan. Edisi kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.


Details ...
Course Descriptions

Dinamika kelompok merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester IV. Matakuliah Dinamika Kelompok memberikan pemahaman sekaligus keterampilan kepada mahasiswa dalam mengelola kelompok; baik kelompok besar maupun kelompok kecil dalam pelaksanaan berbagai layanan bimbingan dan konseling. Pemahaman konsepsi dinamika dalam kelompok meliputi: pengenalan terhadap dinamika kelompok, interaksi sosial, kelompok sosial, pengaruh kelompok sosial dan penerapan prinsip-prinsip dinamika kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami prinsip-prinsip dinamika kelompok dan dapat menerapkannya dalam berbagai bidang layanan bimbingan konseling

References

Johnson, David W. & Frank P. Johnson. 2012. Dinamika Kelompok-Teori dan Keterampilan. Edisi kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.


Details ...
Course Descriptions

Dinamika kelompok merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester IV. Matakuliah Dinamika Kelompok memberikan pemahaman sekaligus keterampilan kepada mahasiswa dalam mengelola kelompok; baik kelompok besar maupun kelompok kecil dalam pelaksanaan berbagai layanan bimbingan dan konseling. Pemahaman konsepsi dinamika dalam kelompok meliputi: pengenalan terhadap dinamika kelompok, interaksi sosial, kelompok sosial, pengaruh kelompok sosial dan penerapan prinsip-prinsip dinamika kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami prinsip-prinsip dinamika kelompok dan dapat menerapkannya dalam berbagai bidang layanan bimbingan konseling

References

Johnson, David W. & Frank P. Johnson. 2012. Dinamika Kelompok-Teori dan Keterampilan. Edisi kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.


Details ...