Courser in English | LEARNING INNOVATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep inovasi dalam proses belajar mengajar di SD. Materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan pembelajaran di SD dalam konteks terbaru. Dalam kaitannya dengan pemberlakuan Kurikulum 2013, inovasi dimaksud adalah inovasi desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Isi Pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013, (2) teori pembelajaran yang digunakan dalam implementasi Kurikulum 2013, (3) Pendekatan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, (4) Model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013, (5) Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
Learning OutcomesMahasiswa akan dapat menjelaskan model-model pembelajaran SD yang inovatif, dan menerapkannya dalam pembelajaran SD
References1. Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
2. Suyono dan Hariyanto,belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
3. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
4. Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon
Details ...
Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep inovasi dalam proses belajar mengajar di SD. Materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan pembelajaran di SD dalam konteks terbaru. Dalam kaitannya dengan pemberlakuan Kurikulum 2013, inovasi dimaksud adalah inovasi desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Isi Pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013, (2) teori pembelajaran yang digunakan dalam implementasi Kurikulum 2013, (3) Pendekatan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, (4) Model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013, (5) Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
Learning OutcomesMahasiswa akan dapat menjelaskan model-model pembelajaran SD yang inovatif, dan menerapkannya dalam pembelajaran SD
References1. Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
2. Suyono dan Hariyanto,belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
3. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
4. Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon
Details ...
Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep inovasi dalam proses belajar mengajar di SD. Materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan pembelajaran di SD dalam konteks terbaru. Dalam kaitannya dengan pemberlakuan Kurikulum 2013, inovasi dimaksud adalah inovasi desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Isi Pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013, (2) teori pembelajaran yang digunakan dalam implementasi Kurikulum 2013, (3) Pendekatan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, (4) Model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013, (5) Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
Learning OutcomesMahasiswa akan dapat menjelaskan model-model pembelajaran SD yang inovatif, dan menerapkannya dalam pembelajaran SD
References1. Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
2. Suyono dan Hariyanto,belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
3. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
4. Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar, teori belajar, komponen-komponen belajar, prinsip-prinsip pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat memahami makna inovasi pembelajaran.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan inovasi pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar; teoribelajar; komponen-komponen belajar; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran, dan memahami inovasi pembelajaran.
ReferencesMulyasa, E. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, danImplementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993)Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud,Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Yulaelawati, Ella. (2004).Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka.
Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas
Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
Suyono dan Hariyanto, belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar, teori belajar, komponen-komponen belajar, prinsip-prinsip pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat memahami makna inovasi pembelajaran.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan inovasi pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar; teoribelajar; komponen-komponen belajar; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran, dan memahami inovasi pembelajaran.
ReferencesMulyasa, E. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, danImplementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993)Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud,Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Yulaelawati, Ella. (2004).Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka.
Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas
Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
Suyono dan Hariyanto, belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar, teori belajar, komponen-komponen belajar, prinsip-prinsip pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat memahami makna inovasi pembelajaran.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan inovasi pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar; teoribelajar; komponen-komponen belajar; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran, dan memahami inovasi pembelajaran.
ReferencesMulyasa, E. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, danImplementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993)Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud,Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Yulaelawati, Ella. (2004).Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka.
Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas
Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
Suyono dan Hariyanto, belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar, teori belajar, komponen-komponen belajar, prinsip-prinsip pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat memahami makna inovasi pembelajaran.
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan inovasi pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar; teoribelajar; komponen-komponen belajar; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran, dan memahami inovasi pembelajaran.
ReferencesMulyasa, E. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, danImplementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993)Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud,Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Yulaelawati, Ella. (2004).Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka.
Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas
Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
Suyono dan Hariyanto, belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar, teori belajar, komponen-komponen belajar, prinsip-prinsip pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat memahami makna inovasi pembelajaran.
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan inovasi pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar; teoribelajar; komponen-komponen belajar; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran, dan memahami inovasi pembelajaran.
ReferencesMulyasa, E. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, danImplementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993)Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud,Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Yulaelawati, Ella. (2004).Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka.
Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas
Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
Suyono dan Hariyanto, belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar, teori belajar, komponen-komponen belajar, prinsip-prinsip pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat memahami makna inovasi pembelajaran.
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan inovasi pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar; teoribelajar; komponen-komponen belajar; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran, dan memahami inovasi pembelajaran.
ReferencesMulyasa, E. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, danImplementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993)Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud,Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Yulaelawati, Ella. (2004).Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka.
Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas
Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
Suyono dan Hariyanto, belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar, teori belajar, komponen-komponen belajar, prinsip-prinsip pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat memahami makna inovasi pembelajaran.
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan inovasi pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar; teoribelajar; komponen-komponen belajar; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran, dan memahami inovasi pembelajaran.
ReferencesMulyasa, E. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, danImplementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993)Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud,Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Yulaelawati, Ella. (2004).Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka.
Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas
Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
Suyono dan Hariyanto, belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar, teori belajar, komponen-komponen belajar, prinsip-prinsip pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat memahami makna inovasi pembelajaran.
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan inovasi pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran, meliputi konsep dasar pembelajaran, konsep dasar belajar; teoribelajar; komponen-komponen belajar; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran, dan memahami inovasi pembelajaran.
ReferencesMulyasa, E. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, danImplementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim dan Syaodih, Nana S. (1993)Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud,Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Yulaelawati, Ella. (2004).Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka.
Ansyar & Nurtain (1993) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Depdiknas
Fathurrohman, M..2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
Suyono dan Hariyanto, belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Details ...