Prose & Drama, Curriculum : 2017


Courser in EnglishProse & Drama
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS3 SKS
RPS11 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

This course is designed to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris (P 10)
  10. Menguasai unsur kebahasaan (language elements) Bahasa Inggris (P 14)

References

  1. Clayes, Stanley A. and John Gerrietts. Ways to Poetry. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc., 1975.
  2. Hastuti, RahayuPuji. Handout Introduction to Literature, English Department of UNNES
  3. Simpson, Louis. An Introduction to Poetry. 2nded. New York: St. Martin's Press, 1972.
  4. Rees. 1988. English literature an introduction for foreign readers. London: Oxford University
  5. Roberts, Edgar V and Henry e. Jacobs. 2003. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson


Details ...
Course Descriptions

This course is designed to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris (P 10)
  10. Menguasai unsur kebahasaan (language elements) Bahasa Inggris (P 14)

References

  1. Clayes, Stanley A. and John Gerrietts. Ways to Poetry. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc., 1975.
  2. Hastuti, RahayuPuji. Handout Introduction to Literature, English Department of UNNES
  3. Simpson, Louis. An Introduction to Poetry. 2nded. New York: St. Martin's Press, 1972.
  4. Rees. 1988. English literature an introduction for foreign readers. London: Oxford University
  5. Roberts, Edgar V and Henry e. Jacobs. 2003. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson


Details ...
Course Descriptions

This course is designed to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris (P 10)
  10. Menguasai unsur kebahasaan (language elements) Bahasa Inggris (P 14)

References

  1. Clayes, Stanley A. and John Gerrietts. Ways to Poetry. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc., 1975.
  2. Hastuti, RahayuPuji. Handout Introduction to Literature, English Department of UNNES
  3. Simpson, Louis. An Introduction to Poetry. 2nded. New York: St. Martin's Press, 1972.
  4. Rees. 1988. English literature an introduction for foreign readers. London: Oxford University
  5. Roberts, Edgar V and Henry e. Jacobs. 2003. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson


Details ...
Course Descriptions

This course is designed to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris (P 10)

Menguasai unsur kebahasaan (language elements) Bahasa Inggris (P 14)

References

  1. Clayes, Stanley A. and John Gerrietts. Ways to Poetry. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc., 1975.
  2. Hastuti, RahayuPuji. Handout Introduction to Literature, English Department of UNNES
  3. Simpson, Louis. An Introduction to Poetry. 2nded. New York: St. Martin's Press, 1972.
  4. Rees. 1988. English literature an introduction for foreign readers. London: Oxford University
  5. Roberts, Edgar V and Henry e. Jacobs. 2003. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson


Details ...
Course Descriptions

This course is designed to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris (P 10)

Menguasai unsur kebahasaan (language elements) Bahasa Inggris (P 14)

References

  1. Clayes, Stanley A. and John Gerrietts. Ways to Poetry. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc., 1975.
  2. Hastuti, RahayuPuji. Handout Introduction to Literature, English Department of UNNES
  3. Simpson, Louis. An Introduction to Poetry. 2nded. New York: St. Martin's Press, 1972.
  4. Rees. 1988. English literature an introduction for foreign readers. London: Oxford University
  5. Roberts, Edgar V and Henry e. Jacobs. 2003. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson


Details ...
Course Descriptions

This course is designed to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris (P 10)

Menguasai unsur kebahasaan (language elements) Bahasa Inggris (P 14)

References

  1. Clayes, Stanley A. and John Gerrietts. Ways to Poetry. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc., 1975.
  2. Hastuti, RahayuPuji. Handout Introduction to Literature, English Department of UNNES
  3. Simpson, Louis. An Introduction to Poetry. 2nded. New York: St. Martin's Press, 1972.
  4. Rees. 1988. English literature an introduction for foreign readers. London: Oxford University
  5. Roberts, Edgar V and Henry e. Jacobs. 2003. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson


Details ...
Course Descriptions

This course is designed to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris (P 10)

Menguasai unsur kebahasaan (language elements) Bahasa Inggris (P 14)

References

  1. Clayes, Stanley A. and John Gerrietts. Ways to Poetry. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc., 1975.
  2. Hastuti, RahayuPuji. Handout Introduction to Literature, English Department of UNNES
  3. Simpson, Louis. An Introduction to Poetry. 2nded. New York: St. Martin's Press, 1972.
  4. Rees. 1988. English literature an introduction for foreign readers. London: Oxford University
  5. Roberts, Edgar V and Henry e. Jacobs. 2003. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson


Details ...
Course Descriptions

This course is design to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

 Students are able to understand elements of prose fiction; plot, character, setting, point of view, text, and language in prose and drama works and develop the ability to analyze and appreciate literary works of the genres

References

Robert, Edgar V dan Henry E. Jacobs. 2002. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson Education, Inc

Lazar, Gillian. 2009. Literature and Language Teaching. United Kingdom. Cambridge University Press


Details ...
Course Descriptions

This course is design to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

 Students are able to understand elements of prose fiction; plot, character, setting, point of view, text, and language in prose and drama works and develop the ability to analyze and appreciate literary works of the genres

References

Robert, Edgar V dan Henry E. Jacobs. 2002. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson Education, Inc

Lazar, Gillian. 2009. Literature and Language Teaching. United Kingdom. Cambridge University Press


Details ...
Course Descriptions

This course is design to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

 Students are able to understand elements of prose fiction; plot, character, setting, point of view, text, and language in prose and drama works and develop the ability to analyze and appreciate literary works of the genres

References

Robert, Edgar V dan Henry E. Jacobs. 2002. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson Education, Inc

Lazar, Gillian. 2009. Literature and Language Teaching. United Kingdom. Cambridge University Press


Details ...
Course Descriptions

This course is design to train students on the knowledge of reading and writing about prose fiction and drama works, critical analysis and appreciation of the genres, simple drama performance

Learning Outcomes

 Students are able to understand elements of prose fiction; plot, character, setting, point of view, text, and language in prose and drama works and develop the ability to analyze and appreciate literary works of the genres

References

Robert, Edgar V dan Henry E. Jacobs. 2002. Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Pearson Education, Inc

Lazar, Gillian. 2009. Literature and Language Teaching. United Kingdom. Cambridge University Press


Details ...