Inovasi Bimbingan dan Konseling, Curriculum : 2015


Courser in EnglishGUIDANCE AND COUNSELING INNOVATION
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Sebagai mata kuliah pengembangan BK dengan inovasi pelayanan kekinian dan ter update dengan berbagai design pembaharuan

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menemukan menciptakan  inovasi ke BK an untuk pelayanan BK masa kini dan masa depan

References

beberapa buku BK dan inovasinya


Details ...
Course Descriptions

akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, hakekat inovasi BK, pengembangan inovasi BK, dimensi inovasi BK landasan-landasan BK, jenis-jenis perkembangan inovasi, aspek-aspek perkembangan inovasi, serta mahasiswa mampu mengembangkan daya kreatif inovasi BK

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis,cerdas dan kreatif dalam menemukan dan mengembangkan ide gagasan dalam keilmuan dari sisi mana saja, baik inovasi bimbingan, inovasi konseling, inovasi administrasi dan lain lain.

 

References

Buku buku BK yang di ramu sedemikian rupa untuk di riset menghasilkan sebuah karya inovatif.


Details ...
Course Descriptions

akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, hakekat inovasi BK, pengembangan inovasi BK, dimensi inovasi BK landasan-landasan BK, jenis-jenis perkembangan inovasi, aspek-aspek perkembangan inovasi, serta mahasiswa mampu mengembangkan daya kreatif inovasi BK

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis,cerdas dan kreatif dalam menemukan dan mengembangkan ide gagasan dalam keilmuan dari sisi mana saja, baik inovasi bimbingan, inovasi konseling, inovasi administrasi dan lain lain.

 

References

Buku buku BK yang di ramu sedemikian rupa untuk di riset menghasilkan sebuah karya inovatif.


Details ...
Course Descriptions

akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, hakekat inovasi BK, pengembangan inovasi BK, dimensi inovasi BK landasan-landasan BK, jenis-jenis perkembangan inovasi, aspek-aspek perkembangan inovasi, serta mahasiswa mampu mengembangkan daya kreatif inovasi BK

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis,cerdas dan kreatif dalam menemukan dan mengembangkan ide gagasan dalam keilmuan dari sisi mana saja, baik inovasi bimbingan, inovasi konseling, inovasi administrasi dan lain lain.

 

References

Buku buku BK yang di ramu sedemikian rupa untuk di riset menghasilkan sebuah karya inovatif.


Details ...
Course Descriptions

akan menkaji atau mempelajari : konsep bimbingan dan konseling, hakekat inovasi BK, pengembangan inovasi BK, dimensi inovasi BK landasan-landasan BK, jenis-jenis perkembangan inovasi, aspek-aspek perkembangan inovasi, serta mahasiswa mampu mengembangkan daya kreatif inovasi BK

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis,cerdas dan kreatif dalam menemukan dan mengembangkan ide gagasan dalam keilmuan dari sisi mana saja, baik inovasi bimbingan, inovasi konseling, inovasi administrasi dan lain lain.

 

References

Buku buku BK yang di ramu sedemikian rupa untuk di riset menghasilkan sebuah karya inovatif.


Details ...
Course Descriptions

Pengertian Inovasi dalam Bidang Bimbingan dan Konseling

Inovasi adalah suatu ide, hal-hal yang praktis,metode,cara,barang-barang buatan manusia yang diamati sebagai suatu hal yang benar-benar baru bagi seseorang atau kelompok (masyarakat) yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu permasalahan.

Inovasi dalam bidang BK adalah suatu ide,metode, cara atau barang yang dibuat oleh guru bimbingan dan konseling yang diamati sebagai suatu hal yang benar-benar baru yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan masalah dalam bidang bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

Mahasiswa BK bisa dan mampu menemukan daya cipta, daya karsa dan daya rasa di dalam melakukan langkah-langkah inovatif pengembangan bimbingan dan konseling pada dimensi sekolah dan di luar sekolah serta masyarakat.

References

Smith, J. D. (2009). Inklusif Sekolah ramah untuk semua. Bandung: Nuansa.

Sudarman,Danin. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Pustaka Setia: Bandung

Suherman, Uman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rizqi Press

Dirjen PMPTK, 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal (Naskah Akdemik). Jakarta

Erhamwilda, (2009). Model Hipotetik Peer Counseling, Dengan Pendekatan Realitas Untuk      Siswa SLTA”  , Bandung : Nuansa


Details ...
Course Descriptions

Pengertian Inovasi dalam Bidang Bimbingan dan Konseling

Inovasi adalah suatu ide, hal-hal yang praktis,metode,cara,barang-barang buatan manusia yang diamati sebagai suatu hal yang benar-benar baru bagi seseorang atau kelompok (masyarakat) yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu permasalahan.

Inovasi dalam bidang BK adalah suatu ide,metode, cara atau barang yang dibuat oleh guru bimbingan dan konseling yang diamati sebagai suatu hal yang benar-benar baru yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan masalah dalam bidang bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

Mahasiswa BK bisa dan mampu menemukan daya cipta, daya karsa dan daya rasa di dalam melakukan langkah-langkah inovatif pengembangan bimbingan dan konseling pada dimensi sekolah dan di luar sekolah serta masyarakat.

References

Smith, J. D. (2009). Inklusif Sekolah ramah untuk semua. Bandung: Nuansa.

Sudarman,Danin. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Pustaka Setia: Bandung

Suherman, Uman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rizqi Press

Dirjen PMPTK, 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal (Naskah Akdemik). Jakarta

Erhamwilda, (2009). Model Hipotetik Peer Counseling, Dengan Pendekatan Realitas Untuk      Siswa SLTA”  , Bandung : Nuansa


Details ...
Course Descriptions

Inovasi adalah suatu ide, hal-hal yang praktis,metode,cara,barang-barang buatan manusia yang diamati sebagai suatu hal yang benar-benar baru bagi seseorang atau kelompok (masyarakat) yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu permasalahan.

Inovasi dalam bidang BK adalah suatu ide,metode, cara atau barang yang dibuat oleh guru bimbingan dan konseling yang diamati sebagai suatu hal yang benar-benar baru yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan masalah dalam bidang bimbingan dan konseling.

 

Learning Outcomes

Mahasiswa BK bisa dan mampu menemukan daya cipta, daya karsa dan daya rasa di dalam menemukan inovasi pengembangan BK baik di ranah sekolah maupun di luar sekolah dan masyarakat,

References

Dirjen PMPTK, 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal (Naskah Akdemik). Jakarta

Erhamwilda, (2009). Model Hipotetik Peer Counseling, Dengan Pendekatan Realitas Untuk      Siswa SLTA”  , Bandung : Nuansa

Smith, J. D. (2009). Inklusif Sekolah ramah untuk semua. Bandung: Nuansa.

Sudarman,Danin. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Pustaka Setia: Bandung

Suherman, Uman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rizqi Press

 


Details ...
Course Descriptions

Inovasi adalah suatu ide, hal-hal yang praktis,metode,cara,barang-barang buatan manusia yang diamati sebagai suatu hal yang benar-benar baru bagi seseorang atau kelompok (masyarakat) yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu permasalahan.

Inovasi dalam bidang BK adalah suatu ide,metode, cara atau barang yang dibuat oleh guru bimbingan dan konseling yang diamati sebagai suatu hal yang benar-benar baru yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan masalah dalam bidang bimbingan dan konseling.

 

Learning Outcomes

Mahasiswa BK bisa dan mampu menemukan daya cipta, daya karsa dan daya rasa di dalam menemukan inovasi pengembangan BK baik di ranah sekolah maupun di luar sekolah dan masyarakat,

References

Dirjen PMPTK, 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal (Naskah Akdemik). Jakarta

Erhamwilda, (2009). Model Hipotetik Peer Counseling, Dengan Pendekatan Realitas Untuk      Siswa SLTA”  , Bandung : Nuansa

Smith, J. D. (2009). Inklusif Sekolah ramah untuk semua. Bandung: Nuansa.

Sudarman,Danin. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Pustaka Setia: Bandung

Suherman, Uman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rizqi Press

 


Details ...