Courser in English | Pragmatics |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pragmatik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester V program studi SI Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Pragmatik diawali dengan topic Pengenalan Pragmatik, yang meliputi: Pengertian dan Kedudukan Pragmatik, Sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik. Kajian inti pada matakuliah ini meliputi: Perbedaan dan persamaan Semantik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik; Perbedaan antara analisis linguistic structural dengan analisis pragmatic; situasi tutur dan konteks tuturan; Ruang Lingkup Pragmatik yang meliputi deiksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK, dan PS), dan praanggapan. Kajian inti diakhiri dengan praktik kajian pragmatic. Untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna pada maka kuliah ini, mahasiswa secara berkelompok diberi kesempatan melakukan praktik penelitian pragmatic dengan memanfaatkan data lapangan di lingkungan kampus. Penciptaan proses belajar-mengajar yang komprehensip dan holistic dikemas dalam bentuk discpvery learnimg dan project-based learning. Luaran mata kuliah ini berupa hasil penelitian mahasiswa tentang percakapan di lingkungan kampus.
Learning OutcomesCPL-Prodi yang dibebankan pada MK
CPL - 1
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
CPL - 2
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.(S11)
CPL - 3
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
CPL - 4
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terstruktur (KU2)
CPL - 5
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa, dan sastra Indonesia (P1)
CPL - 6
Menguasai konsep teori dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (P3)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1
Memiliki pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).
CPMK2
Mampu menunjukkan Perbedaan dan persamaan kajian Pragmatik, Semantik, dan Sosiolinguistik; Perbedaan antara kajian Linguistic Structural, dan kajian Pragmatik (P1
CPL-Prodi yang dibebankan pada MK
CPL - 1
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
CPL - 2
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.(S11)
CPL - 3
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
CPL - 4
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terstruktur (KU2)
CPL - 5
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa, dan sastra Indonesia (P1)
CPL - 6
Menguasai konsep teori dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (P3)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1
Memiliki pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).
CPMK2
Mampu menunjukkan Perbedaan dan persamaan kajian Pragmatik, Semantik, dan Sosiolinguistik; Perbedaan antara kajian Linguistic Structural, dan kajian Pragmatik (P1)
CPMK3
Menguasai Teori Pragmatik: 1. Ruang lingkup Pragmatik: Deiksis, Tindak Tutur, Implikatur, Prinsip Percakapan yang meliputi Prinsip Kerja sama (PK), dan Prinsip Kesantunan (PS), Praanggapan dan Entailment; 2. Situasi Tutur, dan Konteks Tuturan.(KU1, P1).
CPMK4
Melakukan pendataan tuturan Pragmatis (S11, P3).
CPMK5
Melakukan praktik penelitian Pragmatik: pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan hasil analisis (S9, S11,K2)
Austin, J.L. 1962. How to do Things with Words. Oxford: Clarendon Press.
Brown, Gillian &Geoge Yule. 1996. Analisis Wacana.Discourse Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cummings, Louis. 1999. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. New York: Oxford University Press.
Darma, Hj. Yoce Aliah. 2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya..
Djatmiko. 2014. Pernik Kajian Wacana. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Edi Subroto, H.D. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Buku 1. Surakarta: Cakrawala Media.
Halliday, M.A.K..& Ruqaya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.
Hamid, A. Hasan Lubis. 2015. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Jorgensen, W. Marianne & Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana. Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Levinson, S.C. 1980. ‘Speech Act Theory: The Sate of The Art’. Language Teaching and Linguistics.
Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mey, Jacob. L.1993. Pragmatics. Great Britain: T.J. Press.
Moleong, J. Lexy. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyani. 2020. Praktik Penelitian Linguistik. Yogyakarta: Deepublish-CV. Budi Utama.
Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nanik, Setyawati dkk. 2021. “Kajian E-leadership dalam Perilaku Berbahasa Gubernur Jawa Tengah pada Media Sosial Twitter”. Prosiding SNHP LPPM Universitas PGRI Semarang.
Poedjosudarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
……. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Duta Wacana.
Putu Wijana, I Dewa & Rochmati. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisisi. Surakarta:Yuma Pustaka.
……. 2011. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta. UGM Press.
…….. 2014. Bunga rampai Persoalan Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik.Yogyakarta: A.Com Adverstising.
Rahardi, R. Kunjana. 2002. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Searle, John R. 1969. Speech Acts. An Essay in the Philosophy of Language. Cambrifge: Cambridge university Press.
Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Press.
Sutopo, H,B. 2006. Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Syukur Ibrahim, Abdul. 2009. Metode Analisis Teks Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Verschueren, Jef. 1999. Understanding Pragmatics. America: Oxford University Press.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata kuliah Pragmatik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester V program studi SI Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Pragmatik diawali dengan topic Pengenalan Pragmatik, yang meliputi: Pengertian dan Kedudukan Pragmatik, Sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik. Kajian inti pada matakuliah ini meliputi: Perbedaan dan persamaan Semantik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik; Perbedaan antara analisis linguistic structural dengan analisis pragmatic; situasi tutur dan konteks tuturan; Ruang Lingkup Pragmatik yang meliputi deiksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK, dan PS), dan praanggapan. Kajian inti diakhiri dengan praktik kajian pragmatic. Untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna pada maka kuliah ini, mahasiswa secara berkelompok diberi kesempatan melakukan praktik penelitian pragmatic dengan memanfaatkan data lapangan di lingkungan kampus. Penciptaan proses belajar-mengajar yang komprehensip dan holistic dikemas dalam bentuk discpvery learnimg dan project-based learning. Luaran mata kuliah ini berupa hasil penelitian mahasiswa tentang percakapan di lingkungan kampus.
Learning OutcomesCPL-Prodi yang dibebankan pada MK
CPL - 1
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
CPL - 2
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.(S11)
CPL - 3
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
CPL - 4
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terstruktur (KU2)
CPL - 5
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa, dan sastra Indonesia (P1)
CPL - 6
Menguasai konsep teori dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (P3)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1
Memiliki pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).
CPMK2
Mampu menunjukkan Perbedaan dan persamaan kajian Pragmatik, Semantik, dan Sosiolinguistik; Perbedaan antara kajian Linguistic Structural, dan kajian Pragmatik (P1
CPL-Prodi yang dibebankan pada MK
CPL - 1
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
CPL - 2
Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.(S11)
CPL - 3
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
CPL - 4
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terstruktur (KU2)
CPL - 5
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa, dan sastra Indonesia (P1)
CPL - 6
Menguasai konsep teori dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (P3)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1
Memiliki pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).
CPMK2
Mampu menunjukkan Perbedaan dan persamaan kajian Pragmatik, Semantik, dan Sosiolinguistik; Perbedaan antara kajian Linguistic Structural, dan kajian Pragmatik (P1)
CPMK3
Menguasai Teori Pragmatik: 1. Ruang lingkup Pragmatik: Deiksis, Tindak Tutur, Implikatur, Prinsip Percakapan yang meliputi Prinsip Kerja sama (PK), dan Prinsip Kesantunan (PS), Praanggapan dan Entailment; 2. Situasi Tutur, dan Konteks Tuturan.(KU1, P1).
CPMK4
Melakukan pendataan tuturan Pragmatis (S11, P3).
CPMK5
Melakukan praktik penelitian Pragmatik: pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan hasil analisis (S9, S11,K2)
Austin, J.L. 1962. How to do Things with Words. Oxford: Clarendon Press.
Brown, Gillian &Geoge Yule. 1996. Analisis Wacana.Discourse Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cummings, Louis. 1999. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. New York: Oxford University Press.
Darma, Hj. Yoce Aliah. 2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya..
Djatmiko. 2014. Pernik Kajian Wacana. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Edi Subroto, H.D. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Buku 1. Surakarta: Cakrawala Media.
Halliday, M.A.K..& Ruqaya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.
Hamid, A. Hasan Lubis. 2015. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Jorgensen, W. Marianne & Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana. Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Levinson, S.C. 1980. ‘Speech Act Theory: The Sate of The Art’. Language Teaching and Linguistics.
Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mey, Jacob. L.1993. Pragmatics. Great Britain: T.J. Press.
Moleong, J. Lexy. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyani. 2020. Praktik Penelitian Linguistik. Yogyakarta: Deepublish-CV. Budi Utama.
Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nanik, Setyawati dkk. 2021. “Kajian E-leadership dalam Perilaku Berbahasa Gubernur Jawa Tengah pada Media Sosial Twitter”. Prosiding SNHP LPPM Universitas PGRI Semarang.
Poedjosudarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
……. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Duta Wacana.
Putu Wijana, I Dewa & Rochmati. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisisi. Surakarta:Yuma Pustaka.
……. 2011. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta. UGM Press.
…….. 2014. Bunga rampai Persoalan Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik.Yogyakarta: A.Com Adverstising.
Rahardi, R. Kunjana. 2002. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Searle, John R. 1969. Speech Acts. An Essay in the Philosophy of Language. Cambrifge: Cambridge university Press.
Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Press.
Sutopo, H,B. 2006. Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Syukur Ibrahim, Abdul. 2009. Metode Analisis Teks Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Verschueren, Jef. 1999. Understanding Pragmatics. America: Oxford University Press.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata kuliah Pragmatik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester V program studi SI Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Pragmatik diawali dengan topic Pengenalan Pragmatik, yang meliputi: Pengertian dan Kedudukan Pragmatik, Sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik. Kajian inti pada matakuliah ini meliputi: Perbedaan dan persamaan Semantik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik; Perbedaan antara analisis linguistic structural dengan analisis pragmatic; situasi tutur dan konteks tuturan; Ruang Lingkup Pragmatik yang meliputi deiksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK, dan PS), dan praanggapan. Kajian inti diakhiri dengan praktik kajian pragmatic. Untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna pada maka kuliah ini, mahasiswa secara berkelompok diberi kesempatan melakukan praktik penelitian pragmatic dengan memanfaatkan data lapangan di lingkungan kampus. Penciptaan proses belajar-mengajar yang komprehensip dan holistic dikemas dalam bentuk discpvery learnimg dan project-based learning. Luaran mata kuliah ini berupa hasil penelitian mahasiswa tentang percakapan di lingkungan kampus.
Learning OutcomesCPMK1
Memiliki pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).
CPMK2
Mampu menunjukkan Perbedaan dan persamaan kajian Pragmatik, Semantik, dan Sosiolinguistik; Perbedaan antara kajian Linguistic Structural, dan kajian Pragmatik (P1CPMK3
Menguasai Teori Pragmatik: 1. Ruang lingkup Pragmatik: Deiksis, Tindak Tutur, Implikatur, Prinsip Percakapan yang meliputi Prinsip Kerja sama (PK), dan Prinsip Kesantunan (PS), Praanggapan dan Entailment; 2. Situasi Tutur, dan Konteks Tuturan.(KU1, P1).
CPMK4
Melakukan pendataan tuturan Pragmatis (S11, P3).
CPMK5
Melakukan praktik penelitian Pragmatik: pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan hasil analisis (S9, S11,K2)
Diskripsi Singkat
References
vBrown, Gillian &Geoge Yule. 1996. Analisis Wacana.Discourse Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cummings, Louis. 1999. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. New York: Oxford University Press.
Darma, Hj. Yoce Aliah. 2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya..
Djatmiko. 2014. Pernik Kajian Wacana. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Edi Subroto, H.D. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Buku 1. Surakarta: Cakrawala Media.
Halliday, M.A.K..& Ruqaya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.
Hamid, A. Hasan Lubis. 2015. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Jorgensen, W. Marianne & Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana. Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Levinson, S.C. 1980. ‘Speech Act Theory: The Sate of The Art’. Language Teaching and Linguistics.
Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mey, Jacob. L.1993. Pragmatics. Great Britain: T.J. Press.
Moleong, J. Lexy. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyani. 2020. Praktik Penelitian Linguistik. Yogyakarta: Deepublish-CV. Budi Utama.
Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nanik, Setyawati dkk. 2021. “Kajian E-leadership dalam Perilaku Berbahasa Gubernur Jawa Tengah pada Media Sosial Twitter”. Prosiding SNHP LPPM Universitas PGRI Semarang.
Poedjosudarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
……. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Duta Wacana.
Putu Wijana, I Dewa & Rochmati. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisisi. Surakarta:Yuma Pustaka.
……. 2011. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta. UGM Press.
…….. 2014. Bunga rampai Persoalan Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik.Yogyakarta: A.Com Adverstising.
Rahardi, R. Kunjana. 2002. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Searle, John R. 1969. Speech Acts. An Essay in the Philosophy of Language. Cambrifge: Cambridge university Press.
Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Press.
Sutopo, H,B. 2006. Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Syukur Ibrahim, Abdul. 2009. Metode Analisis Teks Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Verschueren, Jef. 1999. Understanding Pragmatics. America: Oxford University Press.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata kuliah Pragmatik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester V program studi SI Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Pembelajaran Pragmatik diawali dengan topic Pengenalan Pragmatik, yang meliputi: Pengertian dan Kedudukan Pragmatik, Sejarah dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik. Kajian inti pada matakuliah ini meliputi: Perbedaan dan persamaan Semantik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik; Perbedaan antara analisis linguistic structural dengan analisis pragmatic; situasi tutur dan konteks tuturan; Ruang Lingkup Pragmatik yang meliputi deiksis, tindak tutur, implikatur, prinsip percakapan (PK, dan PS), dan praanggapan. Kajian inti diakhiri dengan praktik kajian pragmatic. Untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna pada maka kuliah ini, mahasiswa secara berkelompok diberi kesempatan melakukan praktik penelitian pragmatic dengan memanfaatkan data lapangan di lingkungan kampus. Penciptaan proses belajar-mengajar yang komprehensip dan holistic dikemas dalam bentuk discpvery learnimg dan project-based learning. Luaran mata kuliah ini berupa hasil penelitian mahasiswa tentang percakapan di lingkungan kampus.
Learning OutcomesCPMK1
Memiliki pemahaman mengenai sejarah munculnya Pragmatik; pemahaman istilah Pragmatik, dan latar belakang perlunya mempelajari Pragmatik; Kedudukan Pragmatik di dalam tataran bahasa (KU1).
CPMK2
Mampu menunjukkan Perbedaan dan persamaan kajian Pragmatik, Semantik, dan Sosiolinguistik; Perbedaan antara kajian Linguistic Structural, dan kajian Pragmatik (P1CPMK3
Menguasai Teori Pragmatik: 1. Ruang lingkup Pragmatik: Deiksis, Tindak Tutur, Implikatur, Prinsip Percakapan yang meliputi Prinsip Kerja sama (PK), dan Prinsip Kesantunan (PS), Praanggapan dan Entailment; 2. Situasi Tutur, dan Konteks Tuturan.(KU1, P1).
CPMK4
Melakukan pendataan tuturan Pragmatis (S11, P3).
CPMK5
Melakukan praktik penelitian Pragmatik: pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan hasil analisis (S9, S11,K2)
Diskripsi Singkat
References
vBrown, Gillian &Geoge Yule. 1996. Analisis Wacana.Discourse Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cummings, Louis. 1999. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. New York: Oxford University Press.
Darma, Hj. Yoce Aliah. 2013. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya..
Djatmiko. 2014. Pernik Kajian Wacana. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Edi Subroto, H.D. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Buku 1. Surakarta: Cakrawala Media.
Halliday, M.A.K..& Ruqaya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.
Hamid, A. Hasan Lubis. 2015. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Jorgensen, W. Marianne & Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana. Teori dan Metode. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Levinson, S.C. 1980. ‘Speech Act Theory: The Sate of The Art’. Language Teaching and Linguistics.
Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mey, Jacob. L.1993. Pragmatics. Great Britain: T.J. Press.
Moleong, J. Lexy. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyani. 2020. Praktik Penelitian Linguistik. Yogyakarta: Deepublish-CV. Budi Utama.
Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nanik, Setyawati dkk. 2021. “Kajian E-leadership dalam Perilaku Berbahasa Gubernur Jawa Tengah pada Media Sosial Twitter”. Prosiding SNHP LPPM Universitas PGRI Semarang.
Poedjosudarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
……. 2010. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Duta Wacana.
Putu Wijana, I Dewa & Rochmati. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisisi. Surakarta:Yuma Pustaka.
……. 2011. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta. UGM Press.
…….. 2014. Bunga rampai Persoalan Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik.Yogyakarta: A.Com Adverstising.
Rahardi, R. Kunjana. 2002. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Searle, John R. 1969. Speech Acts. An Essay in the Philosophy of Language. Cambrifge: Cambridge university Press.
Sudaryanto. 1990. Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Press.
Sutopo, H,B. 2006. Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Syukur Ibrahim, Abdul. 2009. Metode Analisis Teks Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Verschueren, Jef. 1999. Understanding Pragmatics. America: Oxford University Press.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...