Kajian Drama, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDRAMA ANALYSIS
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS11 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah kajian drama berisi konsep-konsep yang bermanfaat bagi calon guru terkait hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama.

Learning Outcomes

1. Mendeskripsikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama (S8-9, KU2, P1, KK8).

2. Menganalisis naskah-naskah drama dan pementasan-pementasan drama menggunakan teori, dan pendekatan sastra (S8-9, KU2-4, P1, KK8).

3. Menganalisis dan menghasilkan artikel-artikel kajian terhadap naskah dan pementasan drama (S8-9, KU2, P6, KK8).

4. Mengimplementasikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1,  KU2, KK8).

References

  1. Brahim. 1969. Drama dalam Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung: Rosda.
  2. Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
  4. Haryono, Edi (ed.). 2000. Rendra dan Teater Modern Indonesia. Yogyakarta: Kepel Press, Adikarya IKAPI, dan The Ford Foundation.
  5. Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.
  6. Janarto, Herry Gendut. 1997. Teater Koma, Potret Tragedi dan Komedi Manusia (Indonesia). Jakarta: Grasindo.
  7. Kayam, Umar. 1981. Seni, Tradisi, Masyarakat.Jakarta: Sinar Harapan.
  8. Kratz, E. Ulrich (ed). 2000. Sumber Terpilih Sejarah Sastra Indonesia Abad XX.Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
  9. Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.
  10. Luxemburg, Jan van, dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
  11. Oemardjati, Boen S. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
  12. Purwaraharja, Lephen dan Bondan Nusantara. 1997. Ketoprak Orde Baru.Yogyakarta: Bentang.
  13. Purwaraharja, Lephen. 2000. Ideologi Teater Modern Kita.Yogyakarta: Pustaka Gondosuli.
  14. Rahmanto, B. dan P. Hariyanto. 1998. Cerita Rekaan dan Drama.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
  15. Rampan, Korrie Layun (ed). 2000. Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo
  16. Rendra. Tentang Bermain Drama. Jakarta: Pustaka Jaya, 1979.
  17. Saleh, Mbijo. 1967. Seni Sandiwara dalam Dunia Pendidikan. Jakarta:Gunung Agung.
  18. Satoto, Soediro. 1995. Pengkajian Drama I. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
  19. Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.
  20. Soemanto, Bakdi. 2000. Kepingan Riwayat Teater Kontemporer di Yogyakarta. Yogyakarta: Kalangan Anak Zaman, The Ford Foundation, Pustaka Pelajar.
  21. Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.
  22. Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
  23. Sumardjo, Jakob dan SainiK.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  24. Sumardjo, Jakob. 1992. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti
  25. Suryo, Bambang. 1983. Pengantar Teater dalam Studi dan Praktek.Jakarta: BPK Gunung Mulia.
  26. Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  27. Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
  28. Waluyo, Herman J. 2002. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita.
  29. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  30. Wiyanto, Asul. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kajian drama berisi konsep-konsep yang bermanfaat bagi calon guru terkait hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama.

Learning Outcomes

1. Mendeskripsikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama (S8-9, KU2, P1, KK8).

2. Menganalisis naskah-naskah drama dan pementasan-pementasan drama menggunakan teori, dan pendekatan sastra (S8-9, KU2-4, P1, KK8).

3. Menganalisis dan menghasilkan artikel-artikel kajian terhadap naskah dan pementasan drama (S8-9, KU2, P6, KK8).

4. Mengimplementasikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1,  KU2, KK8).

References

  1. Brahim. 1969. Drama dalam Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung: Rosda.
  2. Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
  4. Haryono, Edi (ed.). 2000. Rendra dan Teater Modern Indonesia. Yogyakarta: Kepel Press, Adikarya IKAPI, dan The Ford Foundation.
  5. Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.
  6. Janarto, Herry Gendut. 1997. Teater Koma, Potret Tragedi dan Komedi Manusia (Indonesia). Jakarta: Grasindo.
  7. Kayam, Umar. 1981. Seni, Tradisi, Masyarakat.Jakarta: Sinar Harapan.
  8. Kratz, E. Ulrich (ed). 2000. Sumber Terpilih Sejarah Sastra Indonesia Abad XX.Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
  9. Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.
  10. Luxemburg, Jan van, dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
  11. Oemardjati, Boen S. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
  12. Purwaraharja, Lephen dan Bondan Nusantara. 1997. Ketoprak Orde Baru.Yogyakarta: Bentang.
  13. Purwaraharja, Lephen. 2000. Ideologi Teater Modern Kita.Yogyakarta: Pustaka Gondosuli.
  14. Rahmanto, B. dan P. Hariyanto. 1998. Cerita Rekaan dan Drama.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
  15. Rampan, Korrie Layun (ed). 2000. Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo
  16. Rendra. Tentang Bermain Drama. Jakarta: Pustaka Jaya, 1979.
  17. Saleh, Mbijo. 1967. Seni Sandiwara dalam Dunia Pendidikan. Jakarta:Gunung Agung.
  18. Satoto, Soediro. 1995. Pengkajian Drama I. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
  19. Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.
  20. Soemanto, Bakdi. 2000. Kepingan Riwayat Teater Kontemporer di Yogyakarta. Yogyakarta: Kalangan Anak Zaman, The Ford Foundation, Pustaka Pelajar.
  21. Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.
  22. Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
  23. Sumardjo, Jakob dan SainiK.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  24. Sumardjo, Jakob. 1992. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti
  25. Suryo, Bambang. 1983. Pengantar Teater dalam Studi dan Praktek.Jakarta: BPK Gunung Mulia.
  26. Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  27. Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
  28. Waluyo, Herman J. 2002. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita.
  29. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  30. Wiyanto, Asul. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kajian drama berisi konsep-konsep yang bermanfaat bagi calon guru terkait hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama.

Learning Outcomes

1. Mendeskripsikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama (S8-9, KU2, P1, KK8).

2. Menganalisis naskah-naskah drama dan pementasan-pementasan drama menggunakan teori, dan pendekatan sastra (S8-9, KU2-4, P1, KK8).

3. Menganalisis dan menghasilkan artikel-artikel kajian terhadap naskah dan pementasan drama (S8-9, KU2, P6, KK8).

4. Mengimplementasikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1,  KU2, KK8).

References

  1. Brahim. 1969. Drama dalam Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung: Rosda.
  2. Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
  4. Haryono, Edi (ed.). 2000. Rendra dan Teater Modern Indonesia. Yogyakarta: Kepel Press, Adikarya IKAPI, dan The Ford Foundation.
  5. Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.
  6. Janarto, Herry Gendut. 1997. Teater Koma, Potret Tragedi dan Komedi Manusia (Indonesia). Jakarta: Grasindo.
  7. Kayam, Umar. 1981. Seni, Tradisi, Masyarakat.Jakarta: Sinar Harapan.
  8. Kratz, E. Ulrich (ed). 2000. Sumber Terpilih Sejarah Sastra Indonesia Abad XX.Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
  9. Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.
  10. Luxemburg, Jan van, dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
  11. Oemardjati, Boen S. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
  12. Purwaraharja, Lephen dan Bondan Nusantara. 1997. Ketoprak Orde Baru.Yogyakarta: Bentang.
  13. Purwaraharja, Lephen. 2000. Ideologi Teater Modern Kita.Yogyakarta: Pustaka Gondosuli.
  14. Rahmanto, B. dan P. Hariyanto. 1998. Cerita Rekaan dan Drama.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
  15. Rampan, Korrie Layun (ed). 2000. Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo
  16. Rendra. Tentang Bermain Drama. Jakarta: Pustaka Jaya, 1979.
  17. Saleh, Mbijo. 1967. Seni Sandiwara dalam Dunia Pendidikan. Jakarta:Gunung Agung.
  18. Satoto, Soediro. 1995. Pengkajian Drama I. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
  19. Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.
  20. Soemanto, Bakdi. 2000. Kepingan Riwayat Teater Kontemporer di Yogyakarta. Yogyakarta: Kalangan Anak Zaman, The Ford Foundation, Pustaka Pelajar.
  21. Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.
  22. Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
  23. Sumardjo, Jakob dan SainiK.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  24. Sumardjo, Jakob. 1992. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti
  25. Suryo, Bambang. 1983. Pengantar Teater dalam Studi dan Praktek.Jakarta: BPK Gunung Mulia.
  26. Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  27. Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
  28. Waluyo, Herman J. 2002. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita.
  29. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  30. Wiyanto, Asul. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kajian drama berisi konsep-konsep yang bermanfaat bagi calon guru terkait hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama.

Learning Outcomes

1. Mendeskripsikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama (S8-9, KU2, P1, KK8).

2. Menganalisis naskah-naskah drama dan pementasan-pementasan drama menggunakan teori, dan pendekatan sastra (S8-9, KU2-4, P1, KK8).

3. Menganalisis dan menghasilkan artikel-artikel kajian terhadap naskah dan pementasan drama (S8-9, KU2, P6, KK8).

4. Mengimplementasikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1,  KU2, KK8).

References

  1. Brahim. 1969. Drama dalam Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung: Rosda.
  2. Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
  4. Haryono, Edi (ed.). 2000. Rendra dan Teater Modern Indonesia. Yogyakarta: Kepel Press, Adikarya IKAPI, dan The Ford Foundation.
  5. Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.
  6. Janarto, Herry Gendut. 1997. Teater Koma, Potret Tragedi dan Komedi Manusia (Indonesia). Jakarta: Grasindo.
  7. Kayam, Umar. 1981. Seni, Tradisi, Masyarakat.Jakarta: Sinar Harapan.
  8. Kratz, E. Ulrich (ed). 2000. Sumber Terpilih Sejarah Sastra Indonesia Abad XX.Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
  9. Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.
  10. Luxemburg, Jan van, dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
  11. Oemardjati, Boen S. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
  12. Purwaraharja, Lephen dan Bondan Nusantara. 1997. Ketoprak Orde Baru.Yogyakarta: Bentang.
  13. Purwaraharja, Lephen. 2000. Ideologi Teater Modern Kita.Yogyakarta: Pustaka Gondosuli.
  14. Rahmanto, B. dan P. Hariyanto. 1998. Cerita Rekaan dan Drama.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
  15. Rampan, Korrie Layun (ed). 2000. Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo
  16. Rendra. Tentang Bermain Drama. Jakarta: Pustaka Jaya, 1979.
  17. Saleh, Mbijo. 1967. Seni Sandiwara dalam Dunia Pendidikan. Jakarta:Gunung Agung.
  18. Satoto, Soediro. 1995. Pengkajian Drama I. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
  19. Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.
  20. Soemanto, Bakdi. 2000. Kepingan Riwayat Teater Kontemporer di Yogyakarta. Yogyakarta: Kalangan Anak Zaman, The Ford Foundation, Pustaka Pelajar.
  21. Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.
  22. Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
  23. Sumardjo, Jakob dan SainiK.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  24. Sumardjo, Jakob. 1992. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti
  25. Suryo, Bambang. 1983. Pengantar Teater dalam Studi dan Praktek.Jakarta: BPK Gunung Mulia.
  26. Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  27. Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
  28. Waluyo, Herman J. 2002. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita.
  29. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  30. Wiyanto, Asul. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kajian drama berisi konsep-konsep yang bermanfaat bagi calon guru terkait hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama.

Learning Outcomes

1. Mendeskripsikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama (S8-9, KU2, P1, KK8).

2. Menganalisis naskah-naskah drama dan pementasan-pementasan drama menggunakan teori, dan pendekatan sastra (S8-9, KU2-4, P1, KK8).

3. Menganalisis dan menghasilkan artikel-artikel kajian terhadap naskah dan pementasan drama (S8-9, KU2, P6, KK8).

4. Mengimplementasikan hakikat drama/teater, teori-teori dalam kajian drama, pendekatan-pendekatan dalam drama, kajian terhadap unsur naskah drama, kajian terhadap unsur pementasan drama, kajian terhadap naskah drama, kajian terhadap pementasan drama, dan artikel-artikel ilmiah hasil kajian drama dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1,  KU2, KK8).

References

  1. Brahim. 1969. Drama dalam Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung: Rosda.
  2. Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
  4. Haryono, Edi (ed.). 2000. Rendra dan Teater Modern Indonesia. Yogyakarta: Kepel Press, Adikarya IKAPI, dan The Ford Foundation.
  5. Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian Teori, Sejarah, dan Analisis. Bandung: Angkasa.
  6. Janarto, Herry Gendut. 1997. Teater Koma, Potret Tragedi dan Komedi Manusia (Indonesia). Jakarta: Grasindo.
  7. Kayam, Umar. 1981. Seni, Tradisi, Masyarakat.Jakarta: Sinar Harapan.
  8. Kratz, E. Ulrich (ed). 2000. Sumber Terpilih Sejarah Sastra Indonesia Abad XX.Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
  9. Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.
  10. Luxemburg, Jan van, dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
  11. Oemardjati, Boen S. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
  12. Purwaraharja, Lephen dan Bondan Nusantara. 1997. Ketoprak Orde Baru.Yogyakarta: Bentang.
  13. Purwaraharja, Lephen. 2000. Ideologi Teater Modern Kita.Yogyakarta: Pustaka Gondosuli.
  14. Rahmanto, B. dan P. Hariyanto. 1998. Cerita Rekaan dan Drama.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
  15. Rampan, Korrie Layun (ed). 2000. Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo
  16. Rendra. Tentang Bermain Drama. Jakarta: Pustaka Jaya, 1979.
  17. Saleh, Mbijo. 1967. Seni Sandiwara dalam Dunia Pendidikan. Jakarta:Gunung Agung.
  18. Satoto, Soediro. 1995. Pengkajian Drama I. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
  19. Set, Sony dan Sita Sidharta. 2003. Menjadi Penulis Skenario Profesional. Jakarta: PT Grasindo.
  20. Soemanto, Bakdi. 2000. Kepingan Riwayat Teater Kontemporer di Yogyakarta. Yogyakarta: Kalangan Anak Zaman, The Ford Foundation, Pustaka Pelajar.
  21. Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.
  22. Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
  23. Sumardjo, Jakob dan SainiK.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  24. Sumardjo, Jakob. 1992. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti
  25. Suryo, Bambang. 1983. Pengantar Teater dalam Studi dan Praktek.Jakarta: BPK Gunung Mulia.
  26. Tambayong, Yapi. 2000. Seni Akting: Catatan-Catatan Dasar Seni Kreatif Seorang Aktor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  27. Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
  28. Waluyo, Herman J. 2002. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita.
  29. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  30. Wiyanto, Asul. 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.


Details ...
Course Descriptions

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri;

 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

 Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri; 

Keterampilan Umum : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

Keterampilan Khusus : Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

References

Cook, Martie, Write To TV focal Press: Amsterdam, 2007

 

Costello,  John, Writing a Screenplay Pocket Essentials, Harpenden, Herts,2004

Dethridge, Lisa,  Writing Your Screenplay, Allen & Unwin: Crows Nest, 2003

Dune, Will, The Dramatic Writers Companion, the university of chicago press, chicago and London: 2009

Egri, Lajos, The Art of Dramatic Writing, Touchstone Books, 1946 hal 32-118

Pratista, Himawan, Memahami Film, Homerian Pustaka, Jakarta: 2008 hal 13-28

Suban, Fred, Yuk Nulis Skenario Sinetron, Gramedia Pustaka Utama, 2009.


Details ...
Course Descriptions

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri;

 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

 Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri; 

Keterampilan Umum : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

Keterampilan Khusus : Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

References

Cook, Martie, Write To TV focal Press: Amsterdam, 2007

 

Costello,  John, Writing a Screenplay Pocket Essentials, Harpenden, Herts,2004

Dethridge, Lisa,  Writing Your Screenplay, Allen & Unwin: Crows Nest, 2003

Dune, Will, The Dramatic Writers Companion, the university of chicago press, chicago and London: 2009

Egri, Lajos, The Art of Dramatic Writing, Touchstone Books, 1946 hal 32-118

Pratista, Himawan, Memahami Film, Homerian Pustaka, Jakarta: 2008 hal 13-28

Suban, Fred, Yuk Nulis Skenario Sinetron, Gramedia Pustaka Utama, 2009.


Details ...
Course Descriptions

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri;

 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

 Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri; 

Keterampilan Umum : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

Keterampilan Khusus : Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

References

Cook, Martie, Write To TV focal Press: Amsterdam, 2007

 

Costello,  John, Writing a Screenplay Pocket Essentials, Harpenden, Herts,2004

Dethridge, Lisa,  Writing Your Screenplay, Allen & Unwin: Crows Nest, 2003

Dune, Will, The Dramatic Writers Companion, the university of chicago press, chicago and London: 2009

Egri, Lajos, The Art of Dramatic Writing, Touchstone Books, 1946 hal 32-118

Pratista, Himawan, Memahami Film, Homerian Pustaka, Jakarta: 2008 hal 13-28

Suban, Fred, Yuk Nulis Skenario Sinetron, Gramedia Pustaka Utama, 2009.


Details ...
Course Descriptions

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri;

 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

 Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri; 

Keterampilan Umum : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

Keterampilan Khusus : Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

References

Cook, Martie, Write To TV focal Press: Amsterdam, 2007

 

Costello,  John, Writing a Screenplay Pocket Essentials, Harpenden, Herts,2004

Dethridge, Lisa,  Writing Your Screenplay, Allen & Unwin: Crows Nest, 2003

Dune, Will, The Dramatic Writers Companion, the university of chicago press, chicago and London: 2009

Egri, Lajos, The Art of Dramatic Writing, Touchstone Books, 1946 hal 32-118

Pratista, Himawan, Memahami Film, Homerian Pustaka, Jakarta: 2008 hal 13-28

Suban, Fred, Yuk Nulis Skenario Sinetron, Gramedia Pustaka Utama, 2009.


Details ...
Course Descriptions

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri;

 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

 Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri; 

Keterampilan Umum : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

Keterampilan Khusus : Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

References

Cook, Martie, Write To TV focal Press: Amsterdam, 2007

 

Costello,  John, Writing a Screenplay Pocket Essentials, Harpenden, Herts,2004

Dethridge, Lisa,  Writing Your Screenplay, Allen & Unwin: Crows Nest, 2003

Dune, Will, The Dramatic Writers Companion, the university of chicago press, chicago and London: 2009

Egri, Lajos, The Art of Dramatic Writing, Touchstone Books, 1946 hal 32-118

Pratista, Himawan, Memahami Film, Homerian Pustaka, Jakarta: 2008 hal 13-28

Suban, Fred, Yuk Nulis Skenario Sinetron, Gramedia Pustaka Utama, 2009.


Details ...
Course Descriptions

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri;

 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

 Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri; 

Keterampilan Umum : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

Keterampilan Khusus : Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

References

Cook, Martie, Write To TV focal Press: Amsterdam, 2007

 

Costello,  John, Writing a Screenplay Pocket Essentials, Harpenden, Herts,2004

Dethridge, Lisa,  Writing Your Screenplay, Allen & Unwin: Crows Nest, 2003

Dune, Will, The Dramatic Writers Companion, the university of chicago press, chicago and London: 2009

Egri, Lajos, The Art of Dramatic Writing, Touchstone Books, 1946 hal 32-118

Pratista, Himawan, Memahami Film, Homerian Pustaka, Jakarta: 2008 hal 13-28

Suban, Fred, Yuk Nulis Skenario Sinetron, Gramedia Pustaka Utama, 2009.


Details ...
Course Descriptions

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri;

 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

 Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan penulisan naskah drama  secara mandiri; 

Keterampilan Umum : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam penulisan naskah drama

Keterampilan Khusus : Mampu merencanakan dan menulis naskah drama  melalui pendekatan integratif.

Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori serta menulis naskah drama

References

Cook, Martie, Write To TV focal Press: Amsterdam, 2007

 

Costello,  John, Writing a Screenplay Pocket Essentials, Harpenden, Herts,2004

Dethridge, Lisa,  Writing Your Screenplay, Allen & Unwin: Crows Nest, 2003

Dune, Will, The Dramatic Writers Companion, the university of chicago press, chicago and London: 2009

Egri, Lajos, The Art of Dramatic Writing, Touchstone Books, 1946 hal 32-118

Pratista, Himawan, Memahami Film, Homerian Pustaka, Jakarta: 2008 hal 13-28

Suban, Fred, Yuk Nulis Skenario Sinetron, Gramedia Pustaka Utama, 2009.


Details ...