Courser in English | Class Management |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari berbagai teori pembelajaran yang berkaitan dengan pengelolaan kelas meliputi: konsep pengelolaan kelas; komponen mengajar; karakteristik peserta didik; model, strategi,dan pendekatan pembelajaran; berbagai metode pembelajaran sesuai dalam pembelajaran bahasa Jawa. Di samping itu mata kuliah ini juga mengajarkan keterampilan menentukan metode pembelajaran yang tepat sesuai KD; menyusun skenario pembelajaran dalam beberapa KD; mereview skenario pembelajaran dalam beberapa KD; menyusun rancangan lesson study. Di akhir perkuliahan diadakan simulasi dalam bentuk pembelajaran model.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menjelaskan berbagai teori pembelajaran yang berkaitan dengan pengelolaan kelas meliputi: konsep pengelolaan kelas; komponen mengajar; karakteristik peserta didik; model, strategi,dan pendekatan pembelajaran; berbagai metode pembelajaran sesuai dalam pembelajaran bahasa Jawa. Di samping itu mahasiswa juga terampil menentukan metode pembelajaran yang tepat sesuai KD; menyusun skenario pembelajaran dalam beberapa KD; mereview skenario pembelajaran dalam beberapa KD; menyusun rancangan lesson study.
ReferencesArend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company
Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press
Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Zaini, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Center for Teaching Staff Development, Yogyakarta
Details ...