Pengelolaan Kelas, Curriculum : 2014


Courser in EnglishClass Management
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari berbagai teori pembelajaran yang berkaitan dengan pengelolaan kelas meliputi: konsep pengelolaan kelas; komponen mengajar; karakteristik peserta didik; model, strategi,dan pendekatan pembelajaran; berbagai metode pembelajaran sesuai dalam pembelajaran bahasa Jawa. Di samping itu mata kuliah ini juga mengajarkan keterampilan menentukan metode pembelajaran yang tepat sesuai KD; menyusun skenario pembelajaran dalam beberapa KD; mereview  skenario pembelajaran dalam beberapa KD; menyusun rancangan lesson study. Di akhir perkuliahan diadakan simulasi dalam bentuk pembelajaran model. 

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai teori pembelajaran yang berkaitan dengan pengelolaan kelas meliputi: konsep pengelolaan kelas; komponen mengajar; karakteristik peserta didik; model, strategi,dan pendekatan pembelajaran; berbagai metode pembelajaran sesuai dalam pembelajaran bahasa Jawa. Di samping itu mahasiswa juga terampil menentukan metode pembelajaran yang tepat sesuai KD; menyusun skenario pembelajaran dalam beberapa KD; mereview  skenario pembelajaran dalam beberapa KD; menyusun rancangan lesson study.

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Zaini, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Center for Teaching Staff Development, Yogyakarta


Details ...