Courser in English | Genetics |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 4 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dosen : 1. Dr. Dra. Mei Sulistyoningsih M.Si , 2. Praptining Rahayu S.Si.,M.Pd
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
Ranah Sikap :
S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik
S3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
S8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10. Memiliki ketulusan, komitmen, kesungguhan hati, untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
S11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S12. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
Ranah Keterampilan Umum :
KU1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Ranah Keterampilan Khusus :
KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal
KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogocal Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)
KK3. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman
KK4. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal
KK9. Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan
KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman
KK11. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas; dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan
Ranah Pengetahuan :
P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan
P9. Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah dengan menjunjung tinggi etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian unggul dan berjati diri, serta mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu genetika (P1, S12, KU3)
- Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika dengan melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik (P1, S2)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan genetika sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal, serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan (P1, KK3, S2)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal (P1, KK5)
- Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan, serta menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan (P9, S8, KK9)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran serta menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (P1, KK3, S8)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P1, S11)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (P1, S9)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan (P1, KU1)
Minggu Ke |
Kemampuan akhir yang direncanakan |
Indikator |
Bahan Kajian |
Metode Pembelajaran |
Pengalaman Belajar |
Alokasi Waktu |
Kriteria Penilaian
|
Bobot Penilaian |
1 |
Menganalisis teori penurunan sifat pra mendel dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan (CPMK2) |
Menganalisis teori-teori penurunan sifat pra mendel |
Kontrak perkuliahan dan teori penurunan sifat pra mendel |
Menggunakan metode diskusi, model pembelajaran kooperatif learning TPS
|
Melalui kegiatan diskusi dengan model kooperatif learning Think Pare and Share, mahasiswa secara berpasangan membandingkan teori-teori penurunan sifat pra mendel dengan menunjukkan sikap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yaitu bertoleransi dalam menyampaikan pendapatnya. |
1 x 150 menit
|
Penilaian unjuk kerja dengan kriteria kemampuan menganalisis teori penurunan sifat pra mendel dengan tepat sekurang-kurangnya 5 teori.
|
2% |
2-3 |
Menelaah implikasi penerapan prinsip prinsip mendelisme dan interaksi gen Membedakan karakteristik mendelisme dan interaksi gen melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah serta mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan (CPMK1) Mampu merancang produk pemuliaan tanaman melalui proses persilangan dengan menginternalisasi semangat kewirausahaan (CPMK5)
|
Membedakan mendelisme 1 dan 2 Membedakan tipe-tipe interaksi gen Menentukan tipe penurunan sifat berdasarkan prinsip mendelisme Menerapkan prinsip mendelisme dalam memecahkan masalah penurunan sifat Menentukan tipe penurunan sifat berdasarkan interaksi gen Menerapkan prinsip interaksi gen dalam memecahkan masalah penurunan sifat Merancang produk pemuliaan tanaman dan memproduksi tanaman unggul melalui proses persilangan |
Mendelisme, interaksi gen dan temuan sesudah mendel (epsitasis, non epistasi, gen letal, alel ganda, kriptomeri, poligen, sex influence gen), persilangan tanaman |
Menggunakan metode investigasi latihan soal, praktikum, model GI project based learning, model problem base learning |
Melalui model GI mahasiswa menelaah implikasi penerapan prinsip mendelisme dan interaksi gen. Melalui model project base learning yang diterapkan dalam bentuk proyek persilangan tanaman mahasiswa menerapkan konsep mendelisme dan mempelajari cara pemuliaan tanaman dengan teknik konvensional sehingga mahasiswa mampu merancang prosedur pemuliaan tanaman dan memproduksi tanaman unggul (60 menit untuk memberikan penjelasan pendahuluan pada tatap muka ke 2, pelaksanaan proyek membutuhkan waktu 3 bulan) Melalui model problem base learning mahasiswa belajar untuk memecahkan masalah berkaitan dengan tipe penurunan sifat makhluk hidup dengan menerapkan teori mendelisme dan interaksi gen (240 menit) Melalui praktikum mahasiswa melakukan simulasi penurunan sifat menggunakan kancing genetika (160 menit), praktikum alel ganda, poligen dan sex influence gen (160 menit) |
Tatap muka teori : 2 X 150 menit
Tugas kelompok mandiri (proyek) : 3 bulan
Tatap muka praktikum : 2 X 160 menit |
Penilaian unjuk kerja dengan kriteria kemampuan membedakan karakteristik mendelesime dan interaksi gen, kemampuan kerja ilmiah dan berpikir ilmiah Penilaian rancangan pemuliaan tanaman yang mencerminkan mendelisme, proses produksi pemuliaan tanaman melalui logbook, dan laporan hasil proyek pemuliaan tanaman |
25% |
4 |
Menganalisis organisasi genom pada prokaryotik, eukaryotik, dan virus serta menggambarkan struktur masing-masing substansi hereditas dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan nilai, moral dan etika (CPMK 3) Merancang media pembelajaran dengan menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran serta menginternalisasi semangat kewirausahaan (CPMK6) |
Mendiskusikan pembelahan sel sebagai dasar mempelajaro organisasi genom Membedakan organisasi genom pada prokaryotik, eukaryotik, dan virus Membedakan karakteristik dari berbagai substansi hereditas (kromosom, DNA, RNA) Mengkorelasikan hubungan struktur kromosom, DNA, RNA Merancang produk media pembelajaran substansi hereditas |
Organisasi genom, Substansi hereditas, identifikasi kromosom |
Menggunakan metode diskusi dengan model jigsaw dan project base learning |
Melalui metode diskusi model jigsaw mahsiswa mempelajari organisasi genom dan substansi hereditas (1 X 150 menit) Melalui model project base learning mahasiswa merancang media pembelajaran berkaitan dengan materi substansi hereditas (1 X 160 menit) |
Tatap muka teori : 1 X 150 menit
Praktikum 1 X 160 menit
Tugas mandiri : |
Penilaian unjuk kerja pada kegiatan diskusi dengan kriteria kemampuan menganalisis organisasi genom, menggambarkan struktur substansi hereditas dengan benar, serta nilai kemanusian dan etika yang ditunjukkan dalam kegiatan pembelajaran
Penilaian rancangan media pembelajaran materi substansi genetik dengan memperhatikan ketepatan dengan konsep dan nilai kewirausahaan |
15% |
5-6 |
Menganalisis tahapan central dogma dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Menganalisis prinsip-prinsip pengendalian ekspresi gen dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Mengkorelasikan hubungan antar tahapan pada central dogma dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) |
Mengurutkan tahapan proses replikasi DNA Mengurutkan tahapan-tahapan transkripsi dan prost trasnkripsi Mengurutkan tahapan translasi dan post translasi Menggambarkan proses replikasi, transkripsi dan translasi Membedakan karakteristik pengendalian eskpresi gen eukariot dan prokariot Memprediksikan hasil ekspresi gen |
Central dogma : replikasi, transkripsi, post transkripsi, translasi, post translasi, pengendalian ekspresi gen |
Menggunakan metode diskusi presentasi dengan model think pare share Menggunakan media video tahapan central dogma |
Pertemuan 1: Pemutaran video tahapan central dogma untuk memberikan gambaran proses central dogma (30 menit) Dilanjutkan dengan model TPS mahasiswa mencari informasi dan menganalisis proses replikasi, transkripsi, post transkripsi, translasi, post translasi kemudian mendiskusikan informasi dengan pasangannya (100 menit) Masing-masing mahasiswa membuat rangkuman hasil sharing (memuat urutan tahapan, gambar proses) (20 menit) Pertemuan 2: Penyampaian hasil rangkuman tentang central dogma oleh perwakilan mahasiswa (50 menit) Dilanjutkan konfirmasi hasil diskusi dan presentasi oleh dosen (100 menit) Pertemuan 3 : Dengan model TPS mahasiswa mencari informasi pengendalian ekspresi gen kemudian mendiskusikan informasi dengan pasangannya (100 menit) Masing-masing mahasiswa membuat rangkuman hasil sharing (memuat prinsip-prinsip pengendalian ekspresi gen pada eukariotik dan prokariotik) (20 menit) Penyampaian hasil rangkuman pengendalian ekspresi gen oleh perwakilan mahasiswa (30 menit) Pertemuan 4 : Dosen memberikan konfirmasi terhadap hasil diskusi dan presentasi pengendalian ekspresi gen (100 menit) Mahasiswa diberi latihan untuk memprediksikan susunan asam amino hasil sintesis protein (50 menit) |
Tatap muka teori 4 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja melakukan diskusi berpasangan, membuat rangkuman, presentasi, latihan memprediksikan hasil sintesis protein dengan kriteria mampu menganalisis tahapan central dogma, menganalisis prinsip pengendalian ekspresi gen dengan benar, mampu mengkorelasikan antar tahapan central dogma dengan menunjukkan nilai, norma dan etika akademik yang baik. |
10% |
7 |
|
|
|
UTS |
|
|
|
10% |
8 |
Membandingkan aberasi kromosom dan mutasi gen dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Menganalisis jenis-jenis aberasi kromosom dan mutasi gen dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Menyusun kariotipe secara bertanggungjawab (CPMK8) |
Mengkategorikan aberasi kromosom dan mutasi gen Menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis aberasi kromosom Mengkorelasikan aberasi kromosom dan mutasi gen Menyusun kariotipe |
Aberasi kromosom dan mutasi gen, kariotipe manusia |
Menggunakan metode analisis artikel, diskusi kelompok dan ceramah Dengan model pembelajaran 2 stay- 2 stray |
Pertemuan 1: Model 2 stay -2 stray untuk memfasilitasi mahasiswa menganalisis artikel ilmiah berkaitan dengan aberasi kromosom, mutasi gen. Tiap 4 orang mendiskusikan 1 artikel yang berisi tentang aberasi kromosom/mutasi gen, kemudian dilakukan pameran hasil diskusi untuk dikunjungi anggota kelompok lain (150 menit) Pertemuan 2 : Model 2 stay -2 stray untuk memfasilitasi mahasiswa secara berkelompok menganalisis kariotipe manusia dengan berbagai kelainan dan menyusunnya secara tepat, kemudian dilakukan pameran hasil analisis untuk dikunjungi oleh kelompok lain (90 menit) Konfirmasi hasil diskusi (60 menit) |
Tatap muka teori 2 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja hasil analisis artikel dan penyusunan kariotipe dengan memperhatikan kriteria kemampuan membandingkan aberasi kromosom dan mutase gen, menganalisis jenis-jenis aberasi kromosom dan mutase gen secara benar dengan menunjukkan nilai, norma dan etika akademik yang baik, serta kemampuan menyusun kariotipe dengan benar dan penuh tanggung jawab. |
5% |
9 |
Membedakan pautan, pindah silang, dan rekombinasi dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Memprediksikan peta kromosom dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) |
Menganalisis peristiwa pautan, pindah silang dan rekombinasi Mengukur jarak gen Membuat model peta kromosom |
Pautan pindah silang, rekombinasi, dan peta kromosom |
Menggunakan metode diskusi, presentasi dan latihan soal Model yang digunakan adalah think pare share |
Pertemuan 1 : Model TPS memfasilitasi mahasiswa untuk menganalisis karakteristik pautan, pindah silang dan rekombinasi, kemudian masing-masing mahasiswa membuat rangkuman sesuai dengan yang dipahami, salah satu mahasiswa menyampaikan hasil rangkumannya (100 menit) Konfirmasi hasil analisis mahasiswa oleh dosen (50 menit) Pertemuan 2 : Setiap pasangan mahasiswa diberikan latihan pembuatan peta kromosom, dilanjutkan presentasi oleh perwakilan mahsiswa (100 menit) Konfirmasi hasil pembuatan peta kromosom oleh dosen (60 menit) |
Tatap muka teori 1 X 150 menit
Praktikum 1 X 160 menit |
Penilaian unjuk kerja hasil analisis dengan kriteria kemampuan membedakan pautan, pindah silang dan rekombinasi yang menunjukkan sikap mengiternalisasi nilai, norma dan etika akademik Penilaian hasil prediksi peta kromosom yang menunjukkan sikap mengiternalisasi nilai, norma dan etika akademik
|
5% |
10 |
Menganalisis prinsip teori kemungkinan dan genetika kuantitatif secara logis dan sistematis (CPMK9) |
Memprediksikan kemungkinan penurunan gen Mengukur sifat kuantitatif makhluk hidup Mendiagramkan sifat kuantitatif makhluk hidup |
Teori kemungkinan dan genetika kuantitatif
|
Menggunakan metode diskusi, presentasi, ceramah, dan praktikum Model yang digunakan adalah group investigation |
Melalui model group investigation mahasiswa secara berkelompok menginvestigasi suatu kemungkinan pada suatu penurunan sifat melalui penyelidikan fenotip pola sidik jari dari suatu populasi (150 menit) Melalui model group investigation mahasiswa secara berkelompok menginvestigasi fenotipe kuantitatif kacang merah untuk menerapkan teori genetika kuantitatif (150 menit) |
Tatap muka 2 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja hasil investigasi kelompok dengan kriteria dapat menganalisis prinsip teori kemungkinan dan genetika kuantitatif secara logis dan sistematis |
5% |
11 |
Menghitung frekuensi genotip dan alel pada suatu populasi dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) |
Menerapkan hukum keseimbangan Hardy-Weinberg untuk menentukan frekuensi genotip dan alel |
Genetika populasi |
Menggunakan metode latihan soal dan ceramah
|
Mahasiswa diberi penjelasan tentang hukum keseimbangan Hardy-Weinberg, kemudian mahasiswa secara individu diberikan latihan penentuan frekuensi genotip dan alel pada suatu populasi. |
Tatap muka 1 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja kemampuan menghitung frekuensi genotip dan alel pada suatu populasi |
3% |
12 |
Mengidentifikasi tipe gen rangkai kelamin, dan jenis kelamin makhluk hidup secara kritis (CPMK9)
|
Mendeteksi ciri tipe gen rangkai kelamin dan ciri jenis kelamin makhluk hidup Mengkategorikan tipe gen rangkai kelamin, dan jenis kelamin makhluk hidup |
Rangkai kelamin dan penentuan jenis kelamin |
Menggunakan metode diskusi, presentasi dan praktikum Model yang digunakan adalah think pare share dan 2 stay-2 stray |
Pertemuan teori : Diskusi dengan model TPS memfasilitasi mahasiswa dalam mempelajari gen-gen rangkai kelamin, mahasiswa mencari informasi terlebih dahulu tentang materi gen terangkai kelamin (sex linkage) kemudian berdiskusi secara berpasangan (60 menit) Diskusi dengan model 2 stay-2 stray memfasilitasi mahasiswa untuk menganalisis penentuan jenis kelamin pada berbagai jenis makhluk hidup (per kelompok 1 jenis) kemudian dilakukan pameran hasil diskusi untuk dikunjungi kelompok lain (90 menit) Pertemuan praktikum : Praktikum buta warna (60 menit) Praktikum identifikasi jenis kelamin drosophila (100 menit)
|
Tatap muka teori 1 X 150 menit
Praktikum 1 X 160 menit |
Penilaian unjuk kerja dengan kriteria penilaian kemampuan mengidentifikasi tipe gen rangkai kelamin dengan benar dan jenis kelamin makhluk hidup secara tepat. |
5% |
13 |
Menganalisis hubungan kelainan genetik dengan kelainan metabolisme dengan megaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan (CPMK4) |
Menjelaskan hubungan kelainan gen dengan kelainan metabolisme Mencontohkan kelainan gen dan kelainan metabolisme |
Kelainan metabolisme bawaan |
Menggunakan metode diskusi, presentasi Model yang digunakan yaitu Group investigation |
Melalui GI, secara berkelompok mahasiswa menyelidiki suatu penyakit genetik atau kelainan genetik, kemudian hasilnya disusun menjadi sebuah makalah yang kemudian dipresentasikan |
Tatap muka teori 1 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja makalah dan hasil presentasi dengan kriteria kemampuan menganalisis hubungan kelainan genetic dengan kelaian metabolisme. |
5% |
14 |
|
|
|
UAS |
|
|
|
10% |
Details ...
Dosen : 1. Praptining Rahayu S.Si.,M.Pd , 2. Dr. Dra. Mei Sulistyoningsih M.Si
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
Ranah Sikap :
S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik
S3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
S8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10. Memiliki ketulusan, komitmen, kesungguhan hati, untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
S11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S12. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
Ranah Keterampilan Umum :
KU1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Ranah Keterampilan Khusus :
KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal
KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogocal Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)
KK3. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman
KK4. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal
KK9. Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan
KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman
KK11. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas; dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan
Ranah Pengetahuan :
P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan
P9. Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah dengan menjunjung tinggi etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian unggul dan berjati diri, serta mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu genetika (P1, S12, KU3)
- Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika dengan melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik (P1, S2)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan genetika sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal, serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan (P1, KK3, S2)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal (P1, KK5)
- Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan, serta menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan (P9, S8, KK9)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran serta menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (P1, KK3, S8)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P1, S11)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (P1, S9)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan (P1, KU1)
Minggu Ke |
Kemampuan akhir yang direncanakan |
Indikator |
Bahan Kajian |
Metode Pembelajaran |
Pengalaman Belajar |
Alokasi Waktu |
Kriteria Penilaian
|
Bobot Penilaian |
1 |
Menganalisis teori penurunan sifat pra mendel dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan (CPMK2) |
Menganalisis teori-teori penurunan sifat pra mendel |
Kontrak perkuliahan dan teori penurunan sifat pra mendel |
Menggunakan metode diskusi, model pembelajaran kooperatif learning TPS
|
Melalui kegiatan diskusi dengan model kooperatif learning Think Pare and Share, mahasiswa secara berpasangan membandingkan teori-teori penurunan sifat pra mendel dengan menunjukkan sikap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yaitu bertoleransi dalam menyampaikan pendapatnya. |
1 x 150 menit
|
Penilaian unjuk kerja dengan kriteria kemampuan menganalisis teori penurunan sifat pra mendel dengan tepat sekurang-kurangnya 5 teori.
|
2% |
2-3 |
Menelaah implikasi penerapan prinsip prinsip mendelisme dan interaksi gen Membedakan karakteristik mendelisme dan interaksi gen melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah serta mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan (CPMK1) Mampu merancang produk pemuliaan tanaman melalui proses persilangan dengan menginternalisasi semangat kewirausahaan (CPMK5)
|
Membedakan mendelisme 1 dan 2 Membedakan tipe-tipe interaksi gen Menentukan tipe penurunan sifat berdasarkan prinsip mendelisme Menerapkan prinsip mendelisme dalam memecahkan masalah penurunan sifat Menentukan tipe penurunan sifat berdasarkan interaksi gen Menerapkan prinsip interaksi gen dalam memecahkan masalah penurunan sifat Merancang produk pemuliaan tanaman dan memproduksi tanaman unggul melalui proses persilangan |
Mendelisme, interaksi gen dan temuan sesudah mendel (epsitasis, non epistasi, gen letal, alel ganda, kriptomeri, poligen, sex influence gen), persilangan tanaman |
Menggunakan metode investigasi latihan soal, praktikum, model GI project based learning, model problem base learning |
Melalui model GI mahasiswa menelaah implikasi penerapan prinsip mendelisme dan interaksi gen. Melalui model project base learning yang diterapkan dalam bentuk proyek persilangan tanaman mahasiswa menerapkan konsep mendelisme dan mempelajari cara pemuliaan tanaman dengan teknik konvensional sehingga mahasiswa mampu merancang prosedur pemuliaan tanaman dan memproduksi tanaman unggul (60 menit untuk memberikan penjelasan pendahuluan pada tatap muka ke 2, pelaksanaan proyek membutuhkan waktu 3 bulan) Melalui model problem base learning mahasiswa belajar untuk memecahkan masalah berkaitan dengan tipe penurunan sifat makhluk hidup dengan menerapkan teori mendelisme dan interaksi gen (240 menit) Melalui praktikum mahasiswa melakukan simulasi penurunan sifat menggunakan kancing genetika (160 menit), praktikum alel ganda, poligen dan sex influence gen (160 menit) |
Tatap muka teori : 2 X 150 menit
Tugas kelompok mandiri (proyek) : 3 bulan
Tatap muka praktikum : 2 X 160 menit |
Penilaian unjuk kerja dengan kriteria kemampuan membedakan karakteristik mendelesime dan interaksi gen, kemampuan kerja ilmiah dan berpikir ilmiah Penilaian rancangan pemuliaan tanaman yang mencerminkan mendelisme, proses produksi pemuliaan tanaman melalui logbook, dan laporan hasil proyek pemuliaan tanaman |
25% |
4 |
Menganalisis organisasi genom pada prokaryotik, eukaryotik, dan virus serta menggambarkan struktur masing-masing substansi hereditas dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan nilai, moral dan etika (CPMK 3) Merancang media pembelajaran dengan menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran serta menginternalisasi semangat kewirausahaan (CPMK6) |
Mendiskusikan pembelahan sel sebagai dasar mempelajaro organisasi genom Membedakan organisasi genom pada prokaryotik, eukaryotik, dan virus Membedakan karakteristik dari berbagai substansi hereditas (kromosom, DNA, RNA) Mengkorelasikan hubungan struktur kromosom, DNA, RNA Merancang produk media pembelajaran substansi hereditas |
Organisasi genom, Substansi hereditas, identifikasi kromosom |
Menggunakan metode diskusi dengan model jigsaw dan project base learning |
Melalui metode diskusi model jigsaw mahsiswa mempelajari organisasi genom dan substansi hereditas (1 X 150 menit) Melalui model project base learning mahasiswa merancang media pembelajaran berkaitan dengan materi substansi hereditas (1 X 160 menit) |
Tatap muka teori : 1 X 150 menit
Praktikum 1 X 160 menit
Tugas mandiri : |
Penilaian unjuk kerja pada kegiatan diskusi dengan kriteria kemampuan menganalisis organisasi genom, menggambarkan struktur substansi hereditas dengan benar, serta nilai kemanusian dan etika yang ditunjukkan dalam kegiatan pembelajaran
Penilaian rancangan media pembelajaran materi substansi genetik dengan memperhatikan ketepatan dengan konsep dan nilai kewirausahaan |
15% |
5-6 |
Menganalisis tahapan central dogma dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Menganalisis prinsip-prinsip pengendalian ekspresi gen dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Mengkorelasikan hubungan antar tahapan pada central dogma dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) |
Mengurutkan tahapan proses replikasi DNA Mengurutkan tahapan-tahapan transkripsi dan prost trasnkripsi Mengurutkan tahapan translasi dan post translasi Menggambarkan proses replikasi, transkripsi dan translasi Membedakan karakteristik pengendalian eskpresi gen eukariot dan prokariot Memprediksikan hasil ekspresi gen |
Central dogma : replikasi, transkripsi, post transkripsi, translasi, post translasi, pengendalian ekspresi gen |
Menggunakan metode diskusi presentasi dengan model think pare share Menggunakan media video tahapan central dogma |
Pertemuan 1: Pemutaran video tahapan central dogma untuk memberikan gambaran proses central dogma (30 menit) Dilanjutkan dengan model TPS mahasiswa mencari informasi dan menganalisis proses replikasi, transkripsi, post transkripsi, translasi, post translasi kemudian mendiskusikan informasi dengan pasangannya (100 menit) Masing-masing mahasiswa membuat rangkuman hasil sharing (memuat urutan tahapan, gambar proses) (20 menit) Pertemuan 2: Penyampaian hasil rangkuman tentang central dogma oleh perwakilan mahasiswa (50 menit) Dilanjutkan konfirmasi hasil diskusi dan presentasi oleh dosen (100 menit) Pertemuan 3 : Dengan model TPS mahasiswa mencari informasi pengendalian ekspresi gen kemudian mendiskusikan informasi dengan pasangannya (100 menit) Masing-masing mahasiswa membuat rangkuman hasil sharing (memuat prinsip-prinsip pengendalian ekspresi gen pada eukariotik dan prokariotik) (20 menit) Penyampaian hasil rangkuman pengendalian ekspresi gen oleh perwakilan mahasiswa (30 menit) Pertemuan 4 : Dosen memberikan konfirmasi terhadap hasil diskusi dan presentasi pengendalian ekspresi gen (100 menit) Mahasiswa diberi latihan untuk memprediksikan susunan asam amino hasil sintesis protein (50 menit) |
Tatap muka teori 4 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja melakukan diskusi berpasangan, membuat rangkuman, presentasi, latihan memprediksikan hasil sintesis protein dengan kriteria mampu menganalisis tahapan central dogma, menganalisis prinsip pengendalian ekspresi gen dengan benar, mampu mengkorelasikan antar tahapan central dogma dengan menunjukkan nilai, norma dan etika akademik yang baik. |
10% |
7 |
|
|
|
UTS |
|
|
|
10% |
8 |
Membandingkan aberasi kromosom dan mutasi gen dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Menganalisis jenis-jenis aberasi kromosom dan mutasi gen dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Menyusun kariotipe secara bertanggungjawab (CPMK8) |
Mengkategorikan aberasi kromosom dan mutasi gen Menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis aberasi kromosom Mengkorelasikan aberasi kromosom dan mutasi gen Menyusun kariotipe |
Aberasi kromosom dan mutasi gen, kariotipe manusia |
Menggunakan metode analisis artikel, diskusi kelompok dan ceramah Dengan model pembelajaran 2 stay- 2 stray |
Pertemuan 1: Model 2 stay -2 stray untuk memfasilitasi mahasiswa menganalisis artikel ilmiah berkaitan dengan aberasi kromosom, mutasi gen. Tiap 4 orang mendiskusikan 1 artikel yang berisi tentang aberasi kromosom/mutasi gen, kemudian dilakukan pameran hasil diskusi untuk dikunjungi anggota kelompok lain (150 menit) Pertemuan 2 : Model 2 stay -2 stray untuk memfasilitasi mahasiswa secara berkelompok menganalisis kariotipe manusia dengan berbagai kelainan dan menyusunnya secara tepat, kemudian dilakukan pameran hasil analisis untuk dikunjungi oleh kelompok lain (90 menit) Konfirmasi hasil diskusi (60 menit) |
Tatap muka teori 2 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja hasil analisis artikel dan penyusunan kariotipe dengan memperhatikan kriteria kemampuan membandingkan aberasi kromosom dan mutase gen, menganalisis jenis-jenis aberasi kromosom dan mutase gen secara benar dengan menunjukkan nilai, norma dan etika akademik yang baik, serta kemampuan menyusun kariotipe dengan benar dan penuh tanggung jawab. |
5% |
9 |
Membedakan pautan, pindah silang, dan rekombinasi dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) Memprediksikan peta kromosom dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) |
Menganalisis peristiwa pautan, pindah silang dan rekombinasi Mengukur jarak gen Membuat model peta kromosom |
Pautan pindah silang, rekombinasi, dan peta kromosom |
Menggunakan metode diskusi, presentasi dan latihan soal Model yang digunakan adalah think pare share |
Pertemuan 1 : Model TPS memfasilitasi mahasiswa untuk menganalisis karakteristik pautan, pindah silang dan rekombinasi, kemudian masing-masing mahasiswa membuat rangkuman sesuai dengan yang dipahami, salah satu mahasiswa menyampaikan hasil rangkumannya (100 menit) Konfirmasi hasil analisis mahasiswa oleh dosen (50 menit) Pertemuan 2 : Setiap pasangan mahasiswa diberikan latihan pembuatan peta kromosom, dilanjutkan presentasi oleh perwakilan mahsiswa (100 menit) Konfirmasi hasil pembuatan peta kromosom oleh dosen (60 menit) |
Tatap muka teori 1 X 150 menit
Praktikum 1 X 160 menit |
Penilaian unjuk kerja hasil analisis dengan kriteria kemampuan membedakan pautan, pindah silang dan rekombinasi yang menunjukkan sikap mengiternalisasi nilai, norma dan etika akademik Penilaian hasil prediksi peta kromosom yang menunjukkan sikap mengiternalisasi nilai, norma dan etika akademik
|
5% |
10 |
Menganalisis prinsip teori kemungkinan dan genetika kuantitatif secara logis dan sistematis (CPMK9) |
Memprediksikan kemungkinan penurunan gen Mengukur sifat kuantitatif makhluk hidup Mendiagramkan sifat kuantitatif makhluk hidup |
Teori kemungkinan dan genetika kuantitatif
|
Menggunakan metode diskusi, presentasi, ceramah, dan praktikum Model yang digunakan adalah group investigation |
Melalui model group investigation mahasiswa secara berkelompok menginvestigasi suatu kemungkinan pada suatu penurunan sifat melalui penyelidikan fenotip pola sidik jari dari suatu populasi (150 menit) Melalui model group investigation mahasiswa secara berkelompok menginvestigasi fenotipe kuantitatif kacang merah untuk menerapkan teori genetika kuantitatif (150 menit) |
Tatap muka 2 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja hasil investigasi kelompok dengan kriteria dapat menganalisis prinsip teori kemungkinan dan genetika kuantitatif secara logis dan sistematis |
5% |
11 |
Menghitung frekuensi genotip dan alel pada suatu populasi dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPMK7) |
Menerapkan hukum keseimbangan Hardy-Weinberg untuk menentukan frekuensi genotip dan alel |
Genetika populasi |
Menggunakan metode latihan soal dan ceramah
|
Mahasiswa diberi penjelasan tentang hukum keseimbangan Hardy-Weinberg, kemudian mahasiswa secara individu diberikan latihan penentuan frekuensi genotip dan alel pada suatu populasi. |
Tatap muka 1 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja kemampuan menghitung frekuensi genotip dan alel pada suatu populasi |
3% |
12 |
Mengidentifikasi tipe gen rangkai kelamin, dan jenis kelamin makhluk hidup secara kritis (CPMK9)
|
Mendeteksi ciri tipe gen rangkai kelamin dan ciri jenis kelamin makhluk hidup Mengkategorikan tipe gen rangkai kelamin, dan jenis kelamin makhluk hidup |
Rangkai kelamin dan penentuan jenis kelamin |
Menggunakan metode diskusi, presentasi dan praktikum Model yang digunakan adalah think pare share dan 2 stay-2 stray |
Pertemuan teori : Diskusi dengan model TPS memfasilitasi mahasiswa dalam mempelajari gen-gen rangkai kelamin, mahasiswa mencari informasi terlebih dahulu tentang materi gen terangkai kelamin (sex linkage) kemudian berdiskusi secara berpasangan (60 menit) Diskusi dengan model 2 stay-2 stray memfasilitasi mahasiswa untuk menganalisis penentuan jenis kelamin pada berbagai jenis makhluk hidup (per kelompok 1 jenis) kemudian dilakukan pameran hasil diskusi untuk dikunjungi kelompok lain (90 menit) Pertemuan praktikum : Praktikum buta warna (60 menit) Praktikum identifikasi jenis kelamin drosophila (100 menit)
|
Tatap muka teori 1 X 150 menit
Praktikum 1 X 160 menit |
Penilaian unjuk kerja dengan kriteria penilaian kemampuan mengidentifikasi tipe gen rangkai kelamin dengan benar dan jenis kelamin makhluk hidup secara tepat. |
5% |
13 |
Menganalisis hubungan kelainan genetik dengan kelainan metabolisme dengan megaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan (CPMK4) |
Menjelaskan hubungan kelainan gen dengan kelainan metabolisme Mencontohkan kelainan gen dan kelainan metabolisme |
Kelainan metabolisme bawaan |
Menggunakan metode diskusi, presentasi Model yang digunakan yaitu Group investigation |
Melalui GI, secara berkelompok mahasiswa menyelidiki suatu penyakit genetik atau kelainan genetik, kemudian hasilnya disusun menjadi sebuah makalah yang kemudian dipresentasikan |
Tatap muka teori 1 X 150 menit |
Penilaian unjuk kerja makalah dan hasil presentasi dengan kriteria kemampuan menganalisis hubungan kelainan genetic dengan kelaian metabolisme. |
5% |
14 |
|
|
|
UAS |
|
|
|
10% |
Details ...
Dosen : 1. Praptining Rahayu S.Si.,M.Pd , 2. Dr. Dra. Mei Sulistyoningsih M.Si
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
Ranah Sikap :
S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik
S3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
S8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10. Memiliki ketulusan, komitmen, kesungguhan hati, untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
S11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S12. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
Ranah Keterampilan Umum :
KU1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Ranah Keterampilan Khusus :
KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal
KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogocal Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)
KK3. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman
KK4. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal
KK9. Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan
KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman
KK11. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas; dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan
Ranah Pengetahuan :
P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan
P9. Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah dengan menjunjung tinggi etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian unggul dan berjati diri, serta mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu genetika (P1, S12, KU3)
- Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika dengan melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik (P1, S2)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal, serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik (P1, KK3, S2)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal (P1, KK5)
- Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan, serta menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan (P9, S8, KK9)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran serta menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (P1, KK3, S8)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P1, S11)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (P1, S9)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan (P1, KU1)
Genetika Strata 1 : Suryo
Genetika Manusia : Suryo
Genetika : Agus Hery Susanto
Biologi Molekular : Triwibowo Yuwono
Human Genetics : Ricki Lewis
Fundamental of Genetics : Peter J. Russel
Genetics from Genes to Genomes : Leland Hartwell et al.
Biochemistry : Donald Voet & Judith G. Voet
Details ...
Dosen : 1. Dr. Dra. Mei Sulistyoningsih M.Si , 2. Praptining Rahayu S.Si.,M.Pd
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
Ranah Sikap :
S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik
S3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
S8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10. Memiliki ketulusan, komitmen, kesungguhan hati, untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
S11. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S12. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
Ranah Keterampilan Umum :
KU1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Ranah Keterampilan Khusus :
KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal
KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogocal Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)
KK3. Menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai dengan tuntutan jaman
KK4. Menerapkan pemahaman filosofi, teori, konsep, prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal
KK9. Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan
KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman
KK11. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas; dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan
Ranah Pengetahuan :
P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan
P9. Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah dengan menjunjung tinggi etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian unggul dan berjati diri, serta mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu genetika (P1, S12, KU3)
- Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika dengan melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik (P1, S2)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal, serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, nilai, moral, etika, dan kearifan lokal baik di masyarakat umum maupun masyarakat akademik (P1, KK3, S2)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal (P1, KK5)
- Menguasai pengetahuan dalam mengelola sumber daya serta memahami pengelolaan kewirausahaan yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan berkelanjutan dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan, serta menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan (P9, S8, KK9)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar genetika serta terapannya dengan menerapkan penguasaan teori, konsep, prinsip, dan prosedur berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran serta menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (P1, KK3, S8)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P1, S11)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (P1, S9)
- Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan genetika serta terapannya dengan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan (P1, KU1)
Genetika Strata 1 : Suryo
Genetika Manusia : Suryo
Genetika : Agus Hery Susanto
Biologi Molekular : Triwibowo Yuwono
Human Genetics : Ricki Lewis
Fundamental of Genetics : Peter J. Russel
Genetics from Genes to Genomes : Leland Hartwell et al.
Biochemistry : Donald Voet & Judith G. Voet
Details ...
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi
Learning Outcomes
Sikap
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mempelajari genetika
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dalam mempelajari genetika
- Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
B.Keterampilan Umum :
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mempelajari genetika
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu genetika
C.Keterampilan khusus :
- Mampu menerapkan konsep genetika dengan memanfaatkan IPTEKS
D.Penguasaan Pengetahuan :
1.Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar genetika dan terapannya
ReferencesGenetika Strata 1 : Suryo
Genetika Manusia : Suryo
Genetika : Agus Hery Susanto
Biologi Molekular : Triwibowo Yuwono
Human Genetics : Ricki Lewis
Fundamental of Genetics : Peter J. Russel
Genetics from Genes to Genomes : Leland Hartwell et al
Details ...
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi.
Learning Outcomes- Sikap :
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mempelajari genetika
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dalam mempelajari genetika
- Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
- Keterampilan Umum :
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mempelajari genetika
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu genetika
- Keterampilan khusus :
- Mampu menerapkan konsep genetika dengan memanfaatkan IPTEKS
- Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal
- Penguasaan Pengetahuan :
- Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar genetika dan terapannya
Genetika Strata 1 : Suryo
Genetika Manusia : Suryo
Genetika : Agus Hery Susanto
Biologi Molekular : Triwibowo Yuwono
Human Genetics : Ricki Lewis
Fundamental of Genetics : Peter J. Russel
Biochemistry : Donald Voet & Judith G. Voet
Details ...
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi
Learning OutcomesA.Sikap
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mempelajari genetika
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dalam mempelajari genetika
- Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
B.Keterampilan Umum :
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mempelajari genetika
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu genetika
C.Keterampilan khusus :
- Mampu menerapkan konsep genetika dengan memanfaatkan IPTEKS
D.Penguasaan Pengetahuan :
1.Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar genetika dan terapannya
ReferencesGenetika Strata 1 : Suryo
Genetika Manusia : Suryo
Genetika : Agus Hery Susanto
Biologi Molekular : Triwibowo Yuwono
Human Genetics : Ricki Lewis
Fundamental of Genetics : Peter J. Russel
Genetics from Genes to Genomes : Leland Hartwell et al.
Details ...
Dosen : 1. Praptining Rahayu S.Si.,M.Pd , 2. Dr. Dra. Mei Sulistyoningsih M.Si
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi.
Learning OutcomesA.Sikap
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mempelajari genetika
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dalam mempelajari genetika
- Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
B.Keterampilan Umum :
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mempelajari genetika
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu genetika
C.Keterampilan khusus :
- Mampu menerapkan konsep genetika dengan memanfaatkan IPTEKS
D.Penguasaan Pengetahuan :
1.Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar genetika dan terapannya
ReferencesGenetika Strata 1 : Suryo
Genetika Manusia : Suryo
Genetika : Agus Hery Susanto
Biologi Molekular : Triwibowo Yuwono
Human Genetics : Ricki Lewis
Fundamental of Genetics : Peter J. Russel
Genetics from Genes to Genomes : Leland Hartwell et al.
Details ...
Dosen : 1. Praptining Rahayu S.Si.,M.Pd , 2. Dr. Dra. Mei Sulistyoningsih M.Si
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi.
Learning OutcomesA.Sikap
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mempelajari genetika
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dalam mempelajari genetika
- Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
B.Keterampilan Umum :
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mempelajari genetika
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu genetika
C.Keterampilan khusus :
- Mampu menerapkan konsep genetika dengan memanfaatkan IPTEKS
D.Penguasaan Pengetahuan :
1.Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar genetika dan terapannya
ReferencesGenetika Strata 1 : Suryo
Genetika Manusia : Suryo
Genetika : Agus Hery Susanto
Biologi Molekular : Triwibowo Yuwono
Human Genetics : Ricki Lewis
Fundamental of Genetics : Peter J. Russel
Genetics from Genes to Genomes : Leland Hartwell et al.
Details ...
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; interaksi gen dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi mRNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silang konsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi Hukum Hardy-Weinberg dan spesiasi.
Learning Outcomes
A.Sikap
1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mempelajari genetika
2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dalam mempelajari genetika
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
B.Keterampilan Umum :
1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mempelajari genetika
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu genetika
C.Keterampilan khusus :
1. Mampu menerapkan konsep genetika dengan memanfaatkan IPTEKS
D.Penguasaan Pengetahuan :
1.Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar genetika dan terapannya
ReferencesGenetika Strata 1 : Suryo
Genetika Manusia : Suryo
Genetika : Agus Hery Susanto
Biologi Molekular : Triwibowo Yuwono
Human Genetics : Ricki Lewis
Fundamental of Genetics : Peter J. Russel
Genetics from Genes to Genomes : Leland Hartwell et al.
Details ...
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; temuan penyimangan semu dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: interaksi gen, pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi RNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silangkonsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi HK Hardy Weinberg dan spesiasi.
Learning OutcomesCapaian Umum :
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Mahasiswa mampu mengkaji konsep genetika yang terjadi dalam kehidupan organisme dan membuktikan serta menemukan konsep-konsep genetika dari kegiatan eksperimen .
- Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai teori dan konsep Genetika hingga mampu mengimplementasikan dalam lingkup ilmu biologi
References
-
Details ...
Kajian genetika (prinsip-prinsip pewarisan sifat yang terjadi pada makhluk hidup) dimulai dari pemahaman tentang kelahiran genetika Mendel; temuan percobaan Mendel yang menghasilkan hukum Mendel 1 (pemisahan bebas) dan 2 (penggabungan bebas) yang menjadi dasar prinsip genetika; terminologi dan simbol dalam hukum Mendel; temuan penyimangan semu dan temuan sesudah hukum Mendel (meliputi: interaksi gen, pautan, kodominan, pautan seks, poligen, dll); substansi hereditas yang meliputi: kromosom, DNA, RNA; mekanisme sintesis protein yang meliputi: replikasi DNA, transkripsi DNA menjadi RNA dan translasi RNA menjadi protein; aberasi kromosom dan mutasi gen; prinsip alel ganda dengan studi kasus pewarisan penggolongan darah; peristiwa pautan dan pindah silangkonsep gen letal, pautan gen dan pautan sex; menduga teori kemungkinan; pendugaan peta kromosom yang meliputi: jarak gen dan three point cross; konsep penentuan jenis kelamin; dan genetika populasi HK Hardy Weinberg dan spesiasi.
Learning OutcomesCapaian Umum :
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Mahasiswa mampu mengkaji konsep genetika yang terjadi dalam kehidupan organisme dan membuktikan serta menemukan konsep-konsep genetika dari kegiatan eksperimen .
- Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai teori dan konsep Genetika hingga mampu mengimplementasikan dalam lingkup ilmu biologi
Capaian Khusus :
- Mampu menganalisis konsep dan hukum genetika Mendel yang menjadi konsep dasar pewarisan sifat dalam ilmu genetika;
- Mampu mendeskripsikan terminologi dan simbol dalam hukum Mendel;
- Mampu menganalisis penyimpangan semu dan temuan sesudah genetika Mendel;
- Mempu menganalisis berbagai tipe pewarisan sifat
- Mampu mendeskripsikan karakteristik substansi hereditas dan sintesis protein
- Mampu menganalisis dan memprediksikan hasil dari suatu perkawinan makhluk hidup berdasar teori kemungkinan
- Mampu memprediksikan suatu variasi makhluk hidup, memprediksikan suatu peta kromosom alternatife berdasarkan prinsip pautan, pindah silang,
- Menganalisis kondisi suatu populasi berdasarkan teori kesetimbangan Hardy Weinberg
Genetika Strata 1 : Suryo
Genetika Manusia : Suryo
Genetika : Agus Hery Susanto
Biologi Molekular : Triwibowo Yuwono
Human Genetics : Ricki Lewis
Fundamental of Genetics : Peter J. Russel
Genetics from Genes to Genomes : Leland Hartwell et al.
Biochemistry : Donald Voet & Judith G. Voet
Details ...