Telaah Kurikulum Biologi dan Buku Teks II, Curriculum : 2010


Courser in EnglishReview of Biology Curriculum II
ProgramPendidikan Biologi
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentikMata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentik

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentik

References

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Kemdikbud. 2013. Dokumen Kurikulum 2013
  3. Hamalik, Umar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  4. Nasution, S. 2003. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
  5. Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  7. Airasian. Peter W. Dkk. 2001.Kerangka Landasan untuk Pemnbelajaran, Pengajaran dan assessmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Naskah Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentik

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menganalisis kurikulum SMA ( kurikulum 2013) sampai dapat merencanakan pembelajaran beserta evaluasinya

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentik

Learning Outcomes

Mahasiswa memiliki pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentik

References

Buku guru Biologi kelas X


Details ...