Courser in English | Review of Biology Curriculum II |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentikMata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentik
Learning OutcomesMahasiswa memahami konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentik
References- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Kemdikbud. 2013. Dokumen Kurikulum 2013
- Hamalik, Umar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Nasution, S. 2003. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
- Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Airasian. Peter W. Dkk. 2001.Kerangka Landasan untuk Pemnbelajaran, Pengajaran dan assessmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Naskah Kurikulum 2013
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentik
Learning OutcomesMahasiswa mampu menganalisis kurikulum SMA ( kurikulum 2013) sampai dapat merencanakan pembelajaran beserta evaluasinya
References-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentik
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentik
ReferencesBuku guru Biologi kelas X
Details ...