Kepengacaraan, Curriculum : 2019


Courser in EnglishADVOCACY
ProgramHukum
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah kepengacaraan merupakan pembelajaran dan pendalaman materi mengenai hukum-hukum tertulis yang ada dan berlaku di Indonesia, sehingga mahasiswa dipersiapkan untuk lebih menguasai materi hukum untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam sistem hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis dan mengidentifikasi  permasalahan yang ada dalam masyarakat.(S2,P3,KK1,KK4)

CPMK2

Mengimplementasikan prinsip-prinsip hukum dalam setiap permasalahan, sehingga dalam pengambilan tindakan tidak bertentangan dengan hukum.(S4,P6,KU3,KK3)

CPMK3

Menganlisis dan mengimplementasikan pengetahuan tentang hukum, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai kepribadian yang baik, tidak melanggar tatanan hukum dan mampu menjunjung tinggi penegakan hukum di Indonesia.(S9,P2,KU4)

CPMK4

Menganalisis dan mengeluarkan ide, gagasan secara logis dan kritis guna menyelaraskan hukum secara de facto dan de iure.(S9,P1,KU2,KU6)

CPMK5

Menganalisis Penerapan asas-asas hukum tata usaha untuk keadilan.

CPMK6

Mengevaluasi  pencapaian hasil belajar  sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab.(P2,KU1,KK2,KK3)

References

  1. Hukum Pidana
  2. Hukum Perdata
  3. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
  4. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
  5. Sumber lainnya.
  6. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  7. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  8. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  9. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
  10. Rustaman, N.Y.  (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
  11. Wulan, A. R. 2018. Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Press.
  12. Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
  15. Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kepengacaraan merupakan pembelajaran dan pendalaman materi mengenai hukum-hukum tertulis yang ada dan berlaku di Indonesia, sehingga mahasiswa dipersiapkan untuk lebih menguasai materi hukum untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam sistem hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis dan mengidentifikasi  permasalahan yang ada dalam masyarakat.(S2,P3,KK1,KK4)

CPMK2

Mengimplementasikan prinsip-prinsip hukum dalam setiap permasalahan, sehingga dalam pengambilan tindakan tidak bertentangan dengan hukum.(S4,P6,KU3,KK3)

CPMK3

Menganlisis dan mengimplementasikan pengetahuan tentang hukum, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai kepribadian yang baik, tidak melanggar tatanan hukum dan mampu menjunjung tinggi penegakan hukum di Indonesia.(S9,P2,KU4)

CPMK4

Menganalisis dan mengeluarkan ide, gagasan secara logis dan kritis guna menyelaraskan hukum secara de facto dan de iure.(S9,P1,KU2,KU6)

CPMK5

Menganalisis Penerapan asas-asas hukum tata usaha untuk keadilan.

CPMK6

Mengevaluasi  pencapaian hasil belajar  sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab.(P2,KU1,KK2,KK3)

References

  1. Hukum Pidana
  2. Hukum Perdata
  3. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
  4. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
  5. Sumber lainnya.
  6. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  7. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  8. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  9. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
  10. Rustaman, N.Y.  (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
  11. Wulan, A. R. 2018. Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Press.
  12. Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
  15. Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kepengacaraan merupakan pembelajaran dan pendalaman materi mengenai hukum-hukum tertulis yang ada dan berlaku di Indonesia, sehingga mahasiswa dipersiapkan untuk lebih menguasai materi hukum untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam sistem hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Kepengacaraan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Menganalisis dan mengidentifikasi  permasalahan yang ada dalam masyarakat.(S2,P3,KK1,KK4)

CPMK2

Mengimplementasikan prinsip-prinsip hukum dalam setiap permasalahan, sehingga dalam pengambilan tindakan tidak bertentangan dengan hukum.(S4,P6,KU3,KK3)

CPMK3

Menganlisis dan mengimplementasikan pengetahuan tentang hukum, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai kepribadian yang baik, tidak melanggar tatanan hukum dan mampu menjunjung tinggi penegakan hukum di Indonesia.(S9,P2,KU4)

CPMK4

Menganalisis dan mengeluarkan ide, gagasan secara logis dan kritis guna menyelaraskan hukum secara de facto dan de iure.(S9,P1,KU2,KU6)

CPMK5

Menganalisis Penerapan asas-asas hukum tata usaha untuk keadilan.

CPMK6

Mengevaluasi  pencapaian hasil belajar  sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab.(P2,KU1,KK2,KK3)

References

  1. Hukum Pidana
  2. Hukum Perdata
  3. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
  4. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
  5. Sumber lainnya.
  6. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  7. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  8. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  9. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
  10. Rustaman, N.Y.  (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
  11. Wulan, A. R. 2018. Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Press.
  12. Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
  15. Sumber lainnya.


Details ...