Courser in English | ADVOCACY |
Program | Hukum |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah kepengacaraan merupakan pembelajaran dan pendalaman materi mengenai hukum-hukum tertulis yang ada dan berlaku di Indonesia, sehingga mahasiswa dipersiapkan untuk lebih menguasai materi hukum untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam sistem hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam masyarakat.(S2,P3,KK1,KK4) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan prinsip-prinsip hukum dalam setiap permasalahan, sehingga dalam pengambilan tindakan tidak bertentangan dengan hukum.(S4,P6,KU3,KK3) |
CPMK3 |
Menganlisis dan mengimplementasikan pengetahuan tentang hukum, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai kepribadian yang baik, tidak melanggar tatanan hukum dan mampu menjunjung tinggi penegakan hukum di Indonesia.(S9,P2,KU4) |
CPMK4 |
Menganalisis dan mengeluarkan ide, gagasan secara logis dan kritis guna menyelaraskan hukum secara de facto dan de iure.(S9,P1,KU2,KU6) |
CPMK5 |
Menganalisis Penerapan asas-asas hukum tata usaha untuk keadilan. |
CPMK6 |
Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab.(P2,KU1,KK2,KK3) |
- Hukum Pidana
- Hukum Perdata
- Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
- Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
- Sumber lainnya.
- Anderson, L.W. et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
- Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know. Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
- Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
- Rustaman, N.Y. (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
- Wulan, A. R. 2018. Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Press.
- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
- Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah kepengacaraan merupakan pembelajaran dan pendalaman materi mengenai hukum-hukum tertulis yang ada dan berlaku di Indonesia, sehingga mahasiswa dipersiapkan untuk lebih menguasai materi hukum untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam sistem hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam masyarakat.(S2,P3,KK1,KK4) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan prinsip-prinsip hukum dalam setiap permasalahan, sehingga dalam pengambilan tindakan tidak bertentangan dengan hukum.(S4,P6,KU3,KK3) |
CPMK3 |
Menganlisis dan mengimplementasikan pengetahuan tentang hukum, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai kepribadian yang baik, tidak melanggar tatanan hukum dan mampu menjunjung tinggi penegakan hukum di Indonesia.(S9,P2,KU4) |
CPMK4 |
Menganalisis dan mengeluarkan ide, gagasan secara logis dan kritis guna menyelaraskan hukum secara de facto dan de iure.(S9,P1,KU2,KU6) |
CPMK5 |
Menganalisis Penerapan asas-asas hukum tata usaha untuk keadilan. |
CPMK6 |
Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab.(P2,KU1,KK2,KK3) |
- Hukum Pidana
- Hukum Perdata
- Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
- Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
- Sumber lainnya.
- Anderson, L.W. et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
- Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know. Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
- Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
- Rustaman, N.Y. (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
- Wulan, A. R. 2018. Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Press.
- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
- Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah kepengacaraan merupakan pembelajaran dan pendalaman materi mengenai hukum-hukum tertulis yang ada dan berlaku di Indonesia, sehingga mahasiswa dipersiapkan untuk lebih menguasai materi hukum untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam sistem hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Kepengacaraan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam masyarakat.(S2,P3,KK1,KK4) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan prinsip-prinsip hukum dalam setiap permasalahan, sehingga dalam pengambilan tindakan tidak bertentangan dengan hukum.(S4,P6,KU3,KK3) |
CPMK3 |
Menganlisis dan mengimplementasikan pengetahuan tentang hukum, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai kepribadian yang baik, tidak melanggar tatanan hukum dan mampu menjunjung tinggi penegakan hukum di Indonesia.(S9,P2,KU4) |
CPMK4 |
Menganalisis dan mengeluarkan ide, gagasan secara logis dan kritis guna menyelaraskan hukum secara de facto dan de iure.(S9,P1,KU2,KU6) |
CPMK5 |
Menganalisis Penerapan asas-asas hukum tata usaha untuk keadilan. |
CPMK6 |
Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab.(P2,KU1,KK2,KK3) |
- Hukum Pidana
- Hukum Perdata
- Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
- Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
- Sumber lainnya.
- Anderson, L.W. et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
- Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know. Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
- Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
- Rustaman, N.Y. (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
- Wulan, A. R. 2018. Menggunakan Asesmen Kinerja untuk Pembelajaran Sains dan Penelitian. Bandung: UPI Press.
- Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
- Sumber lainnya.
Details ...