Teori Sastra, Curriculum : 2010


Courser in EnglishLiterature Theory
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan yang berhubungan dengan teori kesusastraan, seperti studi tentang apakah  Kesusastraan itu, wilayah kesusastraan dan studi sastra, manfaat sastra, konvensi sastra,  unsur-unsur atau lapis-lapis normanya, studi tentang jenis sastra (genre), kriteria untuk membedakan jenis sastra.,teori puisi, prosa fiksi, dan drama, serta pengertian kritik sastra. Penguasaan prinsip-prinsip dan teknik-teknik apresiasi sastra. Penggunaan mengenai hakikat sastra, fungsi sastra, manfaat sastra, unsur-unsur pembangun karya sastra, baik puisi, cerita rekaan maupun drama.

Learning Outcomes

S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.

S6. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S8.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

S11. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.

KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai

KU2.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

P1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.

P4. Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).

P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

KK1. Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.

KK2. Mampu mengapresiasi sastra Indonesia baik secara lisan maupun tulis.

KK3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

KK14. Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan.

KK15. Terampil menyusun struktur tulisan yang baik.

KK16. Mampu menuangkan hasil imaginasi secara kreatif.

References

Aminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ahmad, Mokhtar. 1988. Teori Kesusastraan modern. Kuala Lumpur: Kementrian Pendidikan Malaysia

Budianta, Melani dkk. 2002. Membaca Sastra. Magelang: Indonesia Tera.

Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Faruk. 1988. Strukturalisme Genetik dan Epistemologi Sastra. Yogyakarta: Lukman.

_______. 1994. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Forster, E.M. 1979. Aspek-Aspek Novel. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Hardjana, Andre. 1994. Kritik Sastra Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Harjito. 2006. Melek Sastra. Kontak Media: Semarang.

Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Kennedy, XJ. 1979. Literature an Introduction to Fiction, Poetry, and Drama. Boston: Little, Brown and Company.

Luxemburg, Jan Van. Dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia.

Oemarjati, Boen Sri. 1971. Bentuk Lakon dalam Sastra Indonesia. Djakarta: Gunung Agung

Robertsm, Edgar V. 1973. Writing Themes about Literature. New Jersey: Preentice-Hill Inc.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

_______. 1995. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihastuti dan Rudi Ekasiswanto. 1999. Teori Prosa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Stallknecht, Newton P dan Horst Frenz. 1990. Sastra Perbandingan. Kaedah dan Perspektif. Terjemahan Sahlan Modh Saman. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian Pendidikan Malaysia.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi (diterjemahkan oleh Sugihastuti). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjiman, Panuti. 1988. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Teeuw, 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia.

_______. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

_______. 1994. Indonesia, antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Waluyo, Herman J. 1994. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press

_______. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1990. Teori Kesusastraan. Terjemahan Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.

Zoest, Aart van. 1990. Fiksi dan Nonfiksi dalam Kajian Semiotik. Terjemahan Manoekmi Sardjoe. Jakarta: Intermasa.

_______. 1993. Semiotika. Terjemahan Ani Soekowati. Jakarta. Yayasan Sumber Agung.


Details ...