Strategi Belajar Mengajar PPKn, Curriculum : 2020


Courser in EnglishTEACHING LEARNING STRATEGY OF PANCASILA & CIVICS EDUCATION
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

    Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
    Hakekat strategi belajar mengajar
    Konsep CBSA
    Pendekatan scientific
    Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
    Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
    Sistem Among
    Model-Model Pembelajaran(terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
    Pemilihanpendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaranPPKn
    Interaksi Belajar Mengajar

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:
Menguasai isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).

References

Solihatin, Etin. 2012.Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993.Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A
lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)

Haryati. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Semarang: Badan Penerbit Universitas STIKUBANK. Kopertis wilayah VI Jawa Tengah Kemenristekdikti

Marlina. 2019. PANDUAN PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH INKLUSIF

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang  Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Diase (COVID-19)

Khristiani, Susan, Purnamasari, dkk. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi  (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SMPN 20 Kota Tangerang Selatan. Jakarta: PUSKUR DAN PEMBELAJARAN BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMDIKBUDRISTEK

PERMENDIKBUDRISTEK RI NOMOR 16 Tahun 2022 tentang Standar proses pada Pendidikan Anak usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Pendidikan KEMENDIKBUDRISTEK RI

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang :

  • Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
  • Hakekat strategi belajar mengajar
  • Konsep CBSA
  • Pendekatan scientific
  • Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
  • Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
  • Sistem Among
  • Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
  • Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
  • Interaksi Belajar Mengajar

Learning Outcomes

Pengetahuan

Setelah mengikuti  mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:

  1. Menguasai  isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).

Sikap

  1.  menginternalisasi nilai, norma, dan etika  akademik;
  2. menunjukkan   sikap   bertanggungjawab  atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya  secara mandiri

Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn

References

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.

PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)


Details ...