Courser in English | TEACHING LEARNING STRATEGY OF PANCASILA & CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
Hakekat strategi belajar mengajar
Konsep CBSA
Pendekatan scientific
Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
Sistem Among
Model-Model Pembelajaran(terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
Pemilihanpendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaranPPKn
Interaksi Belajar Mengajar
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:
Menguasai isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
ReferencesSolihatin, Etin. 2012.Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993.Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A
lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)
Haryati. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Semarang: Badan Penerbit Universitas STIKUBANK. Kopertis wilayah VI Jawa Tengah Kemenristekdikti
Marlina. 2019. PANDUAN PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH INKLUSIF
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Diase (COVID-19)
Khristiani, Susan, Purnamasari, dkk. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SMPN 20 Kota Tangerang Selatan. Jakarta: PUSKUR DAN PEMBELAJARAN BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMDIKBUDRISTEK
PERMENDIKBUDRISTEK RI NOMOR 16 Tahun 2022 tentang Standar proses pada Pendidikan Anak usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Pendidikan KEMENDIKBUDRISTEK RI
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang :
- Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
- Hakekat strategi belajar mengajar
- Konsep CBSA
- Pendekatan scientific
- Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
- Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
- Sistem Among
- Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
- Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
- Interaksi Belajar Mengajar
Pengetahuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:
- Menguasai isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
Sikap
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
ReferencesSolihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)
Details ...