Landasan Pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEDUCATIONAL FOUNDATION
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan landasan kependidikan bagi calon guru/pendidik secara elementer yang mencakupi : pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metode pendidikan; masalah-masalah pendidikan; dan landasan pendidikan karakter

Learning Outcomes

1. Sikap:        
    a.   bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;        
    b.   menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas;        
    c.   berdasarkan agama, moral, dan etika;        
    d.   berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;        
    e.   berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung pada negara        
          dan bangsa;        
    f.   menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;        
    g.   bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;        
    h.   taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;        
    i.    menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;        
    j.    menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;        
    k.   menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan        
2. Keterampilan Umum:        
    a.   mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan         
          teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya        
    b.   mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur        
3. Keterampilan Khusus :        
    a.   menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
    b.   menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,         
    c.   memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di         
          SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
    d.   memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan        
          di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
4. Penguasaan Pengetahuan :        
    a.   menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMKIMA.        
    b.   menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,        
    c.   memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
          di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA        
    d.   memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi 
          pendidikan di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan landasan kependidikan bagi calon guru/pendidik secara elementer yang mencakupi : pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metode pendidikan; masalah-masalah pendidikan; dan landasan pendidikan karakter

Learning Outcomes

1. Sikap:        
    a.   bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;        
    b.   menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas;        
    c.   berdasarkan agama, moral, dan etika;        
    d.   berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;        
    e.   berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung pada negara        
          dan bangsa;        
    f.   menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;        
    g.   bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;        
    h.   taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;        
    i.    menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;        
    j.    menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;        
    k.   menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan        
2. Keterampilan Umum:        
    a.   mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan         
          teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya        
    b.   mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur        
3. Keterampilan Khusus :        
    a.   menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
    b.   menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,         
    c.   memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di         
          SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
    d.   memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan        
          di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
4. Penguasaan Pengetahuan :        
    a.   menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMKIMA.        
    b.   menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,        
    c.   memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
          di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA        
    d.   memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi 
          pendidikan di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan landasan kependidikan bagi calon guru/pendidik secara elementer yang mencakupi : pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metode pendidikan; masalah-masalah pendidikan; dan landasan pendidikan karakter

Learning Outcomes

1. Sikap:        
    a.   bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;        
    b.   menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas;        
    c.   berdasarkan agama, moral, dan etika;        
    d.   berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;        
    e.   berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung pada negara        
          dan bangsa;        
    f.   menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;        
    g.   bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;        
    h.   taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;        
    i.    menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;        
    j.    menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;        
    k.   menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan        
2. Keterampilan Umum:        
    a.   mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan         
          teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya        
    b.   mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur        
3. Keterampilan Khusus :        
    a.   menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
    b.   menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,         
    c.   memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di         
          SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
    d.   memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan        
          di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
4. Penguasaan Pengetahuan :        
    a.   menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMKIMA.        
    b.   menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,        
    c.   memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
          di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA        
    d.   memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi 
          pendidikan di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan landasan kependidikan bagi calon guru/pendidik secara elementer yang mencakupi : pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metode pendidikan; masalah-masalah pendidikan; dan landasan pendidikan karakter

Learning Outcomes

1. Sikap:        
    a.   bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;        
    b.   menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas;        
    c.   berdasarkan agama, moral, dan etika;        
    d.   berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;        
    e.   berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung pada negara        
          dan bangsa;        
    f.   menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;        
    g.   bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;        
    h.   taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;        
    i.    menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;        
    j.    menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ;        
    k.   menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan        
2. Keterampilan Umum:        
    a.   mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan         
          teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya        
    b.   mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur        
3. Keterampilan Khusus :        
    a.   menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
    b.   menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,         
    c.   memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di         
          SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
    d.   memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan        
          di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.        
4. Penguasaan Pengetahuan :        
    a.   menguasai secara mendalam tentang konsep dasar psikologi perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMKIMA.        
    b.   menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial,        
    c.   memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran
          di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA        
    d.   memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi 
          pendidikan di SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Landasan Pendidikan ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Pentingnya Landasan Pendidikan, (2)  Hakikat Manusia dan Pengembangannya dalam Pendidikan, (3)  Pendidikan dan Kebudayaan (Suatu Telaah Peran Pendidikan yang Meng-Indonesia), (4)  Landasan Psikologi Pendidikan, (5)Landasan Sosiologi Pendidikan, (6)  Landasan Antropologi Pendidikan, (7)  Landasan Budaya Pendidikan, (8) Landasan Ekonomi Pendidikan, (9) Landasan Teknologi dalam Penyelenggaraan Pendidikan, (10) Landasan Psikologi Komunikasi dalam Pelaksanaan Pendidikan, (11) Pendidikan dan Kelas-Kelas Sosial, (12) Rekonstruksi Masyarakat dan Kebudayaan melalui Perubahan Sistem Pengelolaan Pendidikan di Sekolah dan Keluarga, (13) Gerakan Membangun Kualitas Pendidikan.  Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang landasan pendidikan dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.  

Learning Outcomes

  1. Ranah  Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

 

 

 

  1. Ranah  Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

  1. Ranah  Ketrampilan Khusus
  1. Mampu mengidentifikasi pentingnya landasan pendidikan.
  2. Mampu mendeskripsikan hakikat manusia dan pengembangannya dalam pendidikan.
  3. Mampu menelaah pendidikan dan kebudayaan (suatu telaah peran pendidikan yang meng-Indonesia).
  4. Mampu menganalisis landasan psikologi pendidikan.
  5. Mampu menganalisis landasan sosiologi pendidikan.
  6. Mampu menganalisis landasan antropologi pendidikan.
  7. Mampu menganalisis landasan budaya pendidikan.
  8. Mampu menganalisis landasan ekonomi pendidikan.
  9. Mampu menganalisis landasan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan.
  10. Mampu menganalisis landasan psikologi komunikasi dalam pelaksanaan pendidikan.
  11. Mampu menganalisis pendidikan dan kelas-kelas sosial.
  12. Mampu merekonstruksi masyarakat dan kebudayaan melalui perubahan sistem pengelolaan pendidikan di sekolah dan keluarga.
  13. Mampu menganalisis gerakan membangun kualitas pendidikan. 

 

 

  1. Ranah  Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis tentang pentingnya landasan pendidikan.
  2. Menguasai konsep teoritis hakikat manusia dan pengembangannya dalam pendidikan.
  3. Menguasai konsep teoritis tentang telaah pendidikan dan kebudayaan (suatu telaah peran pendidikan yang meng-Indonesia).
  4. Menguasai pengetahuan tentang landasan psikologi pendidikan.
  5. Menguasai konsep teoritis tentang landasan sosiologi pendidikan
  6. Menguasai pengetahuan tentang landasan antropologi pendidikan.
  7. Menguasai pengetahuan tentang landasan budaya pendidikan.
  8. Menguasai pengetahuan tentang landasan ekonomi pendidikan.
  9. Menguasai pengetahuan tentang landasan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan.
  10. Menguasai pengetahuan tentang landasan psikologi komunikasi dalam pelaksanaan pendidikan.
  11. Menguasai pengetahuan tentang pendidikan dan kelas-kelas sosial.
  12. Menguasai pengetahuan tentang rekonstruksi masyarakat dan kebudayaan melalui perubahan sistem pengelolaan pendidikan di sekolah dan keluarga.
  13. Menguasai pengetahuan tentang gerakan membangun kualitas pendidikan. 

 

 

 

References

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Haviland, A.W. 1999. Antropologi. Jakarta: Erlangga.

Koentjaraningrat. 2004. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Diknas: Pustekkom.

Uno, B. Hamzah & Nina Lamatenggo. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Landasan Pendidikan ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Pentingnya Landasan Pendidikan, (2)  Hakikat Manusia dan Pengembangannya dalam Pendidikan, (3)  Pendidikan dan Kebudayaan (Suatu Telaah Peran Pendidikan yang Meng-Indonesia), (4)  Landasan Psikologi Pendidikan, (5)Landasan Sosiologi Pendidikan, (6)  Landasan Antropologi Pendidikan, (7)  Landasan Budaya Pendidikan, (8) Landasan Ekonomi Pendidikan, (9) Landasan Teknologi dalam Penyelenggaraan Pendidikan, (10) Landasan Psikologi Komunikasi dalam Pelaksanaan Pendidikan, (11) Pendidikan dan Kelas-Kelas Sosial, (12) Rekonstruksi Masyarakat dan Kebudayaan melalui Perubahan Sistem Pengelolaan Pendidikan di Sekolah dan Keluarga, (13) Gerakan Membangun Kualitas Pendidikan.  Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang landasan pendidikan dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.  

Learning Outcomes

  1. Ranah  Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

 

 

 

  1. Ranah  Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

  1. Ranah  Ketrampilan Khusus
  1. Mampu mengidentifikasi pentingnya landasan pendidikan.
  2. Mampu mendeskripsikan hakikat manusia dan pengembangannya dalam pendidikan.
  3. Mampu menelaah pendidikan dan kebudayaan (suatu telaah peran pendidikan yang meng-Indonesia).
  4. Mampu menganalisis landasan psikologi pendidikan.
  5. Mampu menganalisis landasan sosiologi pendidikan.
  6. Mampu menganalisis landasan antropologi pendidikan.
  7. Mampu menganalisis landasan budaya pendidikan.
  8. Mampu menganalisis landasan ekonomi pendidikan.
  9. Mampu menganalisis landasan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan.
  10. Mampu menganalisis landasan psikologi komunikasi dalam pelaksanaan pendidikan.
  11. Mampu menganalisis pendidikan dan kelas-kelas sosial.
  12. Mampu merekonstruksi masyarakat dan kebudayaan melalui perubahan sistem pengelolaan pendidikan di sekolah dan keluarga.
  13. Mampu menganalisis gerakan membangun kualitas pendidikan. 

 

 

  1. Ranah  Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis tentang pentingnya landasan pendidikan.
  2. Menguasai konsep teoritis hakikat manusia dan pengembangannya dalam pendidikan.
  3. Menguasai konsep teoritis tentang telaah pendidikan dan kebudayaan (suatu telaah peran pendidikan yang meng-Indonesia).
  4. Menguasai pengetahuan tentang landasan psikologi pendidikan.
  5. Menguasai konsep teoritis tentang landasan sosiologi pendidikan
  6. Menguasai pengetahuan tentang landasan antropologi pendidikan.
  7. Menguasai pengetahuan tentang landasan budaya pendidikan.
  8. Menguasai pengetahuan tentang landasan ekonomi pendidikan.
  9. Menguasai pengetahuan tentang landasan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan.
  10. Menguasai pengetahuan tentang landasan psikologi komunikasi dalam pelaksanaan pendidikan.
  11. Menguasai pengetahuan tentang pendidikan dan kelas-kelas sosial.
  12. Menguasai pengetahuan tentang rekonstruksi masyarakat dan kebudayaan melalui perubahan sistem pengelolaan pendidikan di sekolah dan keluarga.
  13. Menguasai pengetahuan tentang gerakan membangun kualitas pendidikan. 

 

 

 

References

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Haviland, A.W. 1999. Antropologi. Jakarta: Erlangga.

Koentjaraningrat. 2004. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Diknas: Pustekkom.

Uno, B. Hamzah & Nina Lamatenggo. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Landasan Pendidikan ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Pentingnya Landasan Pendidikan, (2)  Hakikat Manusia dan Pengembangannya dalam Pendidikan, (3)  Pendidikan dan Kebudayaan (Suatu Telaah Peran Pendidikan yang Meng-Indonesia), (4)  Landasan Psikologi Pendidikan, (5)Landasan Sosiologi Pendidikan, (6)  Landasan Antropologi Pendidikan, (7)  Landasan Budaya Pendidikan, (8) Landasan Ekonomi Pendidikan, (9) Landasan Teknologi dalam Penyelenggaraan Pendidikan, (10) Landasan Psikologi Komunikasi dalam Pelaksanaan Pendidikan, (11) Pendidikan dan Kelas-Kelas Sosial, (12) Rekonstruksi Masyarakat dan Kebudayaan melalui Perubahan Sistem Pengelolaan Pendidikan di Sekolah dan Keluarga, (13) Gerakan Membangun Kualitas Pendidikan.  Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang landasan pendidikan dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.  

Learning Outcomes

  1. Ranah  Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

 

 

 

  1. Ranah  Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

  1. Ranah  Ketrampilan Khusus
  1. Mampu mengidentifikasi pentingnya landasan pendidikan.
  2. Mampu mendeskripsikan hakikat manusia dan pengembangannya dalam pendidikan.
  3. Mampu menelaah pendidikan dan kebudayaan (suatu telaah peran pendidikan yang meng-Indonesia).
  4. Mampu menganalisis landasan psikologi pendidikan.
  5. Mampu menganalisis landasan sosiologi pendidikan.
  6. Mampu menganalisis landasan antropologi pendidikan.
  7. Mampu menganalisis landasan budaya pendidikan.
  8. Mampu menganalisis landasan ekonomi pendidikan.
  9. Mampu menganalisis landasan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan.
  10. Mampu menganalisis landasan psikologi komunikasi dalam pelaksanaan pendidikan.
  11. Mampu menganalisis pendidikan dan kelas-kelas sosial.
  12. Mampu merekonstruksi masyarakat dan kebudayaan melalui perubahan sistem pengelolaan pendidikan di sekolah dan keluarga.
  13. Mampu menganalisis gerakan membangun kualitas pendidikan. 

 

 

  1. Ranah  Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis tentang pentingnya landasan pendidikan.
  2. Menguasai konsep teoritis hakikat manusia dan pengembangannya dalam pendidikan.
  3. Menguasai konsep teoritis tentang telaah pendidikan dan kebudayaan (suatu telaah peran pendidikan yang meng-Indonesia).
  4. Menguasai pengetahuan tentang landasan psikologi pendidikan.
  5. Menguasai konsep teoritis tentang landasan sosiologi pendidikan
  6. Menguasai pengetahuan tentang landasan antropologi pendidikan.
  7. Menguasai pengetahuan tentang landasan budaya pendidikan.
  8. Menguasai pengetahuan tentang landasan ekonomi pendidikan.
  9. Menguasai pengetahuan tentang landasan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan.
  10. Menguasai pengetahuan tentang landasan psikologi komunikasi dalam pelaksanaan pendidikan.
  11. Menguasai pengetahuan tentang pendidikan dan kelas-kelas sosial.
  12. Menguasai pengetahuan tentang rekonstruksi masyarakat dan kebudayaan melalui perubahan sistem pengelolaan pendidikan di sekolah dan keluarga.
  13. Menguasai pengetahuan tentang gerakan membangun kualitas pendidikan. 

 

 

 

References

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Haviland, A.W. 1999. Antropologi. Jakarta: Erlangga.

Koentjaraningrat. 2004. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Diknas: Pustekkom.

Uno, B. Hamzah & Nina Lamatenggo. 2016. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

 


Details ...