Courser in English | - |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi tentang Tujuan, Persyaratan, dan Bentuk Kegiatan Mata Kuliah Teori dan Landasan PKn; Gagasan Kewarganegaraan; Hakekat, Masalah, dan Studi tentang Teori dan Landasan PKn; Civics, Civics Education dan Citizenship Education; Kedudukan PKn sebagai Disiplin Ilmu; Prinsip-prinsip dan Praktek Pendidikan untuk Warganegara yang Demokratis; Problema Teoretik Kewarganegaraan abad ke-21; Landasan dan rasional PKn di Indonesia Pancasila dan UUD 1945 (Perubahan ke empat, MPR RI), UU Republik Indonesia tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Republik Indonesia No. 20 tahun 1946 Tentang Kewarganegaraan dan Penduduk Negara, TAP MPRS II/1962, TAP Nomor II/MPR/1978, ttg P4 (Ekaprasetia Pancakarsa); Teori-teori Kewarganegaraan; Kewarganegaraan sebagai Sebuah Tinjauan Historis; Perspektif Ilmu-ilmu Sosial terhadap Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship Education); Konsep Kewarganegaraan sebagai Konsep Politik Barat; Kedudukan / Peran Warganegara dalam Masyarakat Pluralistik; Pelaksanaan PKn Kewarganegaraan di berbagai Negara dan Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa akan dapat menjelaskan serta memahami landasan pendidikan kewarganegaraan, dan mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran PPKn yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku terkait mata kuliah landasan pendidikan kewarganegaraan.
ReferencesAbdul Azis Wahab., (1998) Kajian Terhadap Kinerja Kurikulum 1994 dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Bandung : Jurusan PPKN dan Hukum IKIP Bandung
Abdul Azis Waha, (1998) ”Budi Pekerti Education”. (A Typical Indonesian Moral Education Emphasizing The Teaching Cide of Conduct Accepted in Society : A Model of Teaching Code of Conduct for Good Indonesian Citizenship), Bandung: Jurusan PKPKN IKIP Bandung.
Abdul Azis Wahab dan Sapriya (2011) Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung: Alfabeta CV
Depdiknas, (1993) Kurikulum Pendidikan Dasar : GBPP Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Mata Pelajaran : Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdikbu
.........(1993) Kurikulum Sekolah Menengah Umun : Garis-Garis besar Program Pengajaran (GBPP) Mata Pelajaran : Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta: Depdikbud.
.........(1968) Kurikulum Sekolah Dasar, Jakarta Depdikbud
.........(1968) Rencana Pendidikan Dan Pelajaran SMA Direktorat Pendidikan Umum, Kejuruan dan Kursus-Kursus Dinas S.M.A.
.........(1982) Penjelasan Ringkas Tentang Buku Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Jakarta Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (1998) Jakarta: Balai Pustaka.
Numan Somantri, (1972) Beberapa Masalah dalam Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan Negara, Seminar Nasional Pendidikan dan Pengajaran Civics (Civic Education), Surakarta: Tawangmangu.
Sistem Pendidikan Nasional (UU RI Nomor 2 tahun 1989) Beserta Peraturasn Pelaksanaannya (1990), Jakarta: Penerbit CV Eko Jaya.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Tujuan, Persyaratan, dan Bentuk Kegiatan Mata Kuliah Teori dan Landasan PKn; Gagasan Kewarganegaraan; Hakekat, Masalah, dan Studi tentang Teori dan Landasan PKn; Civics, Civics Education dan Citizenship Education; Kedudukan PKn sebagai Disiplin Ilmu; Prinsip-prinsip dan Praktek Pendidikan untuk Warganegara yang Demokratis; Problema Teoretik Kewarganegaraan abad ke-21; Landasan dan rasional PKn di Indonesia Pancasila dan UUD 1945 (Perubahan ke empat, MPR RI), UU Republik Indonesia tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU Republik Indonesia No. 20 tahun 1946 Tentang Kewarganegaraan dan Penduduk Negara, TAP MPRS II/1962, TAP Nomor II/MPR/1978, ttg P4 (Ekaprasetia Pancakarsa); Teori-teori Kewarganegaraan; Kewarganegaraan sebagai Sebuah Tinjauan Historis; Perspektif Ilmu-ilmu Sosial terhadap Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship Education); Konsep Kewarganegaraan sebagai Konsep Politik Barat; Kedudukan / Peran Warganegara dalam Masyarakat Pluralistik; Pelaksanaan PKn Kewarganegaraan di berbagai Negara dan Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa akan dapat menjelaskan serta memahami landasan pendidikan kewarganegaraan, dan mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran PPKn yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku terkait mata kuliah landasan pendidikan kewarganegaraan.
ReferencesAbdul Azis Wahab., (1998) Kajian Terhadap Kinerja Kurikulum 1994 dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Bandung : Jurusan PPKN dan Hukum IKIP Bandung
Abdul Azis Waha, (1998) ”Budi Pekerti Education”. (A Typical Indonesian Moral Education Emphasizing The Teaching Cide of Conduct Accepted in Society : A Model of Teaching Code of Conduct for Good Indonesian Citizenship), Bandung: Jurusan PKPKN IKIP Bandung.
Abdul Azis Wahab dan Sapriya (2011) Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung: Alfabeta CV
Depdiknas, (1993) Kurikulum Pendidikan Dasar : GBPP Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Mata Pelajaran : Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdikbu
.........(1993) Kurikulum Sekolah Menengah Umun : Garis-Garis besar Program Pengajaran (GBPP) Mata Pelajaran : Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta: Depdikbud.
.........(1968) Kurikulum Sekolah Dasar, Jakarta Depdikbud
.........(1968) Rencana Pendidikan Dan Pelajaran SMA Direktorat Pendidikan Umum, Kejuruan dan Kursus-Kursus Dinas S.M.A.
.........(1982) Penjelasan Ringkas Tentang Buku Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Jakarta Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (1998) Jakarta: Balai Pustaka.
Numan Somantri, (1972) Beberapa Masalah dalam Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan Negara, Seminar Nasional Pendidikan dan Pengajaran Civics (Civic Education), Surakarta: Tawangmangu.
Sistem Pendidikan Nasional (UU RI Nomor 2 tahun 1989) Beserta Peraturasn Pelaksanaannya (1990), Jakarta: Penerbit CV Eko Jaya.
Details ...