Konsep Dasar Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBASIC MATHEMATICS SCIENCES
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS47 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berisi beberapa materi yang tergolong dalam matematika dasar dengan tiga pokok bahasan yaitu Logika, Himpunan, Relasi dan Fungsi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar matematika: logika, himpunan, relasi dan fungsi.

References

1. Sumaryono,E. 2017. Dasar-Dasar Logika. Yogyakarta: PT. Kanisius.

2. Yunus, M. 2007. Logika Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu

3. Suparyan. 2004. Pengantar Dasar Matematika. Semarang: Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berisi beberapa materi yang tergolong dalam matematika dasar dengan tiga pokok bahasan yaitu Logika, Himpunan, Relasi dan Fungsi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar matematika: logika, himpunan, relasi dan fungsi.

References

1. Sumaryono,E. 2017. Dasar-Dasar Logika. Yogyakarta: PT. Kanisius.

2. Yunus, M. 2007. Logika Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu

3. Suparyan. 2004. Pengantar Dasar Matematika. Semarang: Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berisi beberapa materi yang tergolong dalam matematika dasar dengan tiga pokok bahasan yaitu Logika, Himpunan, Relasi dan Fungsi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar matematika: logika, himpunan, relasi dan fungsi.

References

1. Sumaryono,E. 2017. Dasar-Dasar Logika. Yogyakarta: PT. Kanisius.

2. Yunus, M. 2007. Logika Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu

3. Suparyan. 2004. Pengantar Dasar Matematika. Semarang: Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berisi beberapa materi yang tergolong dalam matematika dasar dengan tiga pokok bahasan yaitu Logika, Himpunan, Relasi dan Fungsi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar matematika: logika, himpunan, relasi dan fungsi.

References

1. Sumaryono,E. 2017. Dasar-Dasar Logika. Yogyakarta: PT. Kanisius.

2. Yunus, M. 2007. Logika Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu

3. Suparyan. 2004. Pengantar Dasar Matematika. Semarang: Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berisi beberapa materi yang tergolong dalam matematika dasar dengan tiga pokok bahasan yaitu Logika, Himpunan, Relasi dan Fungsi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar matematika: logika, himpunan, relasi dan fungsi.

References

1. Sumaryono,E. 2017. Dasar-Dasar Logika. Yogyakarta: PT. Kanisius.

2. Yunus, M. 2007. Logika Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu

3. Suparyan. 2004. Pengantar Dasar Matematika. Semarang: Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berisi beberapa materi yang tergolong dalam matematika dasar dengan tiga pokok bahasan yaitu Logika, Himpunan, Relasi dan Fungsi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar matematika: logika, himpunan, relasi dan fungsi.

References

1. Sumaryono,E. 2017. Dasar-Dasar Logika. Yogyakarta: PT. Kanisius.

2. Yunus, M. 2007. Logika Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu

3. Suparyan. 2004. Pengantar Dasar Matematika. Semarang: Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang berisi beberapa materi yang tergolong dalam matematika dasar dengan tiga pokok bahasan yaitu Logika, Himpunan, Relasi dan Fungsi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar matematika: logika, himpunan, relasi dan fungsi.

References

1. Sumaryono,E. 2017. Dasar-Dasar Logika. Yogyakarta: PT. Kanisius.

2. Yunus, M. 2007. Logika Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu

3. Suparyan. 2004. Pengantar Dasar Matematika. Semarang: Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan konsep dasar matematika ini meliputi:

I. Logika Matematika

II. Himpunan

III. Relasi

IV. Fungsi

V. Persamaan Linear dan Persamaan Kuadrat

VI. Pertidaksamaan Linear dan Pertidaksamaan Kuadrat

Learning Outcomes

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus

Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan

Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)

Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)

 

References

  1. Sukirman, dkk. 2011. Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
  2. Suparyan. 2004. Pengantar Dasar Matematika. Semarang. Jurusan Matematika FMIPA Universitas negeri Semarang.
  3. Winarni, E. S. dan Harmini, S. 2016. Matematika untuk PGSD. Bandung: Rosdakarya.
  4. Yunus, M. 2007. Logika Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan konsep dasar matematika ini meliputi:

I. Logika Matematika

II. Himpunan

III. Relasi

IV. Fungsi

V. Persamaan Linear dan Persamaan Kuadrat

VI. Pertidaksamaan Linear dan Pertidaksamaan Kuadrat

Learning Outcomes

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus

Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.

Penguasaan Pengetahuan

Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)

Menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)

 

References

  1. Sukirman, dkk. 2011. Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
  2. Suparyan. 2004. Pengantar Dasar Matematika. Semarang. Jurusan Matematika FMIPA Universitas negeri Semarang.
  3. Winarni, E. S. dan Harmini, S. 2016. Matematika untuk PGSD. Bandung: Rosdakarya.
  4. Yunus, M. 2007. Logika Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi himpunan, logika, relasi dan fungsi

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama disekolah dasar

References

-


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi himpunan, logika, relasi dan fungsi

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama disekolah dasar

References

-


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi himpunan, logika, relasi dan fungsi

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama disekolah dasar

References

-


Details ...