Teknologi Animasi, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramInformatika
SKS3 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Teknologi Animasi adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan bentuk 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan konsep animasi, perbedaan jenis animasi dan software animasi yang digunakan. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan pembuatan animasi 2D dengan teknik Key Frame animation, Motion, Camera movement, Rigging menggunakan software Adobe Animate, pembuatan animasi 3D dengan tahapan dan teknik Modelling, Rigging 3D, Rendering dan Physics simulation menggunakan Blender Luaran mata kuliah berupa produk animasi 2D dan 3D yang menerapkan tahapan dan teknik key Frame animation, Motion, Camera movement, Rigging, Modelling, Rigging 3D, Rendering dan Physics simulation.

 

Learning Outcomes

Sikap (S) S.9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;. S.11 Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat. Pengetahuan (P) P 16 Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area P 29 Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra. Ketrampilan Umum (KU) KU.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Ketrampilan Khusus (KK) KK 7. Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.

References

Utama 1. Computer Animation: Algorithms and Techniques Rick Parent. 2002 by Academic Press.ISBN 1-55860-579-7 Pendukung 1. Youtube channel: febrian dewanto https://youtu.be/LEieTtRsU7M ; https://youtu.be/rmmJqag7sxo ; https://youtu.be/Infr8ZSiiTI ; https://youtu.be/w3p53AFbYTM ; playlist blender https://youtube.com/playlist?list=PLPcyBtgPRjjkjh8aJGogjG7Myqsyt1QB_ 2. Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Teknologi Animasi menjelaskan konsep animasi dan implementasinya  animasi gambar 2D ( Adobe  Flash/ Animate) dan animasi gambar 3D (Blender)

 

 

Learning Outcomes

 

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep animasi dan implementasinya

Mahasiswa dapat mengimplementasikan animasi gambar 2D(Adobe  Flash/ Animate)

Mahasiswa dapat mengimplementasikan animasi gambar 3D (Blender)

References

MAGIC OF BLENDER 3D MODELLING EDISI REVISI HENDI HENDRATMAN


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Teknologi Animasi menjelaskan konsep animasi dan implementasinya  animasi gambar 2D ( Adobe  Flash/ Animate) dan animasi gambar 3D (Blender)

 

 

Learning Outcomes

 

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep animasi dan implementasinya

Mahasiswa dapat mengimplementasikan animasi gambar 2D(Adobe  Flash/ Animate)

Mahasiswa dapat mengimplementasikan animasi gambar 3D (Blender)

References

MAGIC OF BLENDER 3D MODELLING EDISI REVISI HENDI HENDRATMAN


Details ...