Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPancasila Education
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik  Indonesia
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

  1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
  2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
  3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
  4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
  5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
  6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
  7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
  8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 199


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik  Indonesia
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

  1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
  2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
  3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
  4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
  5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
  6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
  7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
  8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 199


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik  Indonesia
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

  1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
  2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
  3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
  4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
  5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
  6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
  7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
  8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 199


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik  Indonesia
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

  1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
  2. Kaelan (2014). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
  3. Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
  4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika
  5. Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
  6. Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
  7. Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen
  8. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 199


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik  Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik  Indonesia
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
2.Kaelan (1998). Pendidikan Pancasila Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
3.Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika, Jakarta 4 – 5.
5.Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
6.Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat
Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
7.Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen Tahap Pertama
8.Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998
9. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Umum tahun 199


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik  Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat:

  1. Menjelaskan landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.
  2. Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik  Indonesia
  3. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

References

1. Bakry, Noor M.S. (1994). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Libert
2.Kaelan (1998). Pendidikan Pancasila Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta: Penerbit Paradigma
3.Soeprapto, Sri (1997). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LP-3-UGM
4. Alhaj dan Patria, 1998. BMP. Pendidikan Pancasila. Penerbit Karunika, Jakarta 4 – 5.
5.Bakry Noor M, 1998, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta.
6.Moh. Mahfud, 1998, Pancasila Sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum, dalam Jurnal Pancasila no. 32 Tahun II, Desember 1998, Pusat
Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
7.Undang-Undang Dasar 1945 beserta Amandemen Tahap Pertama
8.Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Istimewa tahun 1998
9. Ketetapan-Ketetapan MPR RI dalam Sidang Umum tahun 199


Details ...