Pendidikan Inklusi, Curriculum : 2014


Courser in EnglishINCLUSIVE EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pihan bagi mahasiswa prodi PGSD yang membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, dan implementasi pendidikan anak berkebutuhan khusus di SD inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Diktat Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pihan bagi mahasiswa prodi PGSD yang membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, dan implementasi pendidikan anak berkebutuhan khusus di SD inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Diktat Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pihan bagi mahasiswa prodi PGSD yang membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, dan implementasi pendidikan anak berkebutuhan khusus di SD inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Diktat Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pihan bagi mahasiswa prodi PGSD yang membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, dan implementasi pendidikan anak berkebutuhan khusus di SD inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Diktat Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pihan bagi mahasiswa prodi PGSD yang membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, dan implementasi pendidikan anak berkebutuhan khusus di SD inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Diktat Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat anak berkebutuhan khusus, implikasi anak berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran, hakikat pendidikan iklusi, ketenagaan, sarana–prasarana khusus dan pengelolaan sekolah inklusi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah pendidikan inklusi, mahasiswa diharapkan memahami ideologi pendidikan inklusi dan memiliki sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi, mahasiswa memiliki kemampuan mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis.

References

  1. Buku Diktat Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat anak berkebutuhan khusus, implikasi anak berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran, hakikat pendidikan iklusi, ketenagaan, sarana–prasarana khusus dan pengelolaan sekolah inklusi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah pendidikan inklusi, mahasiswa diharapkan memahami ideologi pendidikan inklusi dan memiliki sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi, mahasiswa memiliki kemampuan mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis.

References

  1. Buku Diktat Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat anak berkebutuhan khusus, implikasi anak berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran, hakikat pendidikan iklusi, ketenagaan, sarana–prasarana khusus dan pengelolaan sekolah inklusi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah pendidikan inklusi, mahasiswa diharapkan memahami ideologi pendidikan inklusi dan memiliki sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi, mahasiswa memiliki kemampuan mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis.

References

  1. Buku Diktat Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusif dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusif, landasan filosofis pendidikan inklusif, dokumen-dokumen kebijakan internasional dan nasional sebagai landasan pendidikan inklusif, konsep anak berkebutuhan khusus dan pendidikan kebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusif, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusif, sistem pendukung pendidikan inklusif, dan manajemen sekolah inklusif.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis

References

  1. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  2. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat 
  3. Herry Koesyanto. 2000. Penjas Adapted. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusif dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusif, landasan filosofis pendidikan inklusif, dokumen-dokumen kebijakan internasional dan nasional sebagai landasan pendidikan inklusif, konsep anak berkebutuhan khusus dan pendidikan kebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusif, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusif, sistem pendukung pendidikan inklusif, dan manajemen sekolah inklusif.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis

References

  1. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  2. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat 
  3. Herry Koesyanto. 2000. Penjas Adapted. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan.


Details ...