Drama, Curriculum : 2021


Courser in EnglishDrama
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang penggarapan pertunjukan teater berskala kecil hingga menengah. Proses pembelajaran dipusatkan pada pengerjaan proyek pementasan, mulai dari perencanaan hingga pemanggungan. Oleh karena itu, proses pembelajaran lebih banyak dilakukan di luar kelas dan di luar jam belajar. Keterampilan yang diajarkan meliputi bedah naskah, dasar-dasar acting, penyutradaraan, penggarapan artistik dan produksi pementasan. Untuk mencapai tujuan tersebut, perkuliahan minggu pertama hingga keempat dipusatkan pada aspek teoretis pementasan termasuk acting, penyutradaraan dan artistik. Minggu ke-lima hingga mimggu ke-empat belas digunkana untuk persiapan teknis pementasan, termasuk bedah naskah, casting, latihan bagi para actor, penggarapan artistik dan persiapan produksi. Pementasan diadakan pada minggu ke-lima belas, dan evaluasi dilakukan di minggu ke-enam belas. Asesmen unutuk mengetahui pencapaian kompetensi tersebut dilakukan dengan melihat kontribusi dan tanggungjawab setiap mahasiswa dalam setiap kerja kelompok dari persiapan hingga pementasan..

Learning Outcomes

Pengetahuan 1. Mengkaji komponen dan aspek produksi teater . 2. Menerapkan keterampilan berahasa Inggris dalam pementasan naskah drama. 3. Menganalisis naskah dan melakukan pendalaman naskah drama untuk tujuan pementasan. Sikap 1. Menunjukkan sikap antusias, jujur, mandiri dan kritis selama kegiatan perkuliahan. 2. Menunjukkan sikap bekerja sama dalam sebuah kerja kelompok. 3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas sendiri maupun kontribusi dalam tugas kelompok. 4. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap karya artistik, terutama drama. Keterampilan 1. Memiliki keterampilan berakting dalam Bahasa Inggris. 2. Membuat perencanaan pementasan drama berskala kecil dan menengah. 3. Mengkomunikasikan ide, gagasan dan solusi dalam sebuah kerja kelompok. 4. Menyelesaikan sebuah kerja kelompok berdasarkan jadwal dan matriks yang telah ditentukan. 5. Mempraktekan keterampilan Bahasa Inggris untuk tujuan pementasan drama.

References

1. Leach, Robert. 2008. Theater Studies: The Basics. New York: Routledge 2. Kissel, Howard (ed). 2000. The Art of Acting by Stella Adler. New York: Applause Books 3. Allison, Hodge (ed). 2010. Actor Training. New York: Routledge


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang penggarapan pertunjukan teater berskala kecil hingga menengah. Proses pembelajaran dipusatkan pada pengerjaan proyek pementasan, mulai dari perencanaan hingga pemanggungan. Oleh karena itu, proses pembelajaran lebih banyak dilakukan di luar kelas dan di luar jam belajar. Keterampilan yang diajarkan meliputi bedah naskah, dasar-dasar acting, penyutradaraan, penggarapan artistik dan produksi pementasan. Untuk mencapai tujuan tersebut, perkuliahan minggu pertama hingga keempat dipusatkan pada aspek teoretis pementasan termasuk acting, penyutradaraan dan artistik. Minggu ke-lima hingga mimggu ke-empat belas digunkana untuk persiapan teknis pementasan, termasuk bedah naskah, casting, latihan bagi para actor, penggarapan artistik dan persiapan produksi. Pementasan diadakan pada minggu ke-lima belas, dan evaluasi dilakukan di minggu ke-enam belas. Asesmen unutuk mengetahui pencapaian kompetensi tersebut dilakukan dengan melihat kontribusi dan tanggungjawab setiap mahasiswa dalam setiap kerja kelompok dari persiapan hingga pementasan..

Learning Outcomes

Pengetahuan 1. Mengkaji komponen dan aspek produksi teater . 2. Menerapkan keterampilan berahasa Inggris dalam pementasan naskah drama. 3. Menganalisis naskah dan melakukan pendalaman naskah drama untuk tujuan pementasan. Sikap 1. Menunjukkan sikap antusias, jujur, mandiri dan kritis selama kegiatan perkuliahan. 2. Menunjukkan sikap bekerja sama dalam sebuah kerja kelompok. 3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas sendiri maupun kontribusi dalam tugas kelompok. 4. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap karya artistik, terutama drama. Keterampilan 1. Memiliki keterampilan berakting dalam Bahasa Inggris. 2. Membuat perencanaan pementasan drama berskala kecil dan menengah. 3. Mengkomunikasikan ide, gagasan dan solusi dalam sebuah kerja kelompok. 4. Menyelesaikan sebuah kerja kelompok berdasarkan jadwal dan matriks yang telah ditentukan. 5. Mempraktekan keterampilan Bahasa Inggris untuk tujuan pementasan drama.

References

1. Leach, Robert. 2008. Theater Studies: The Basics. New York: Routledge 2. Kissel, Howard (ed). 2000. The Art of Acting by Stella Adler. New York: Applause Books 3. Allison, Hodge (ed). 2010. Actor Training. New York: Routledge


Details ...