Permasalahan Kehidupan Keluarga, Curriculum : 2010


Courser in EnglishFamily Life Problems
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah permasalahan kehidupan keluarga meliputi konsep dasar, komunikasi dan penyesuaian diri, kehidupan seksual dan kesehatan keluarga, anak dan pendidikannya, dan kehidupan beragama dalam keluarga.

 

Learning Outcomes

  1. Mampu memahami dan maenjelaskan kembali pengertian istilah,  bentuk-bentuknkeluarga, ruang lingkup permasalahan keluarga, tujuan keluarga (family goal), sistematika materi pembelajaran.
  2. Menjelaskan konsep teoretis komunikasi dan dis-harmoni komunikasi penyesuaian diri dalam keluarga, egoisme dan egosentrisme.
  3. Menjelaskan dan menjelaskan kembali tentang kehidupan seksual yang sehat dalam keluarga berbagai kelainan seksual,  memelihara
  4. kesehatan keluarga.
  5. Memahami dan menjelaskan kembali, tentang masalah anak dalam keluarga pendidikan anak dan lingkungan belajarnya.

References

Wajib :

Ali, Suparmo, H. dan Muhamad Rozikan. 2014. Permasalahan Kehidupan Keluarga.   Semarang: Universitas PGRI Semarang.

  1. Anjuran :
  2. Ali, Suparmo, dkk. 2007. Psikologi Perkembangan, Semarang: Program Bimbingan dan Konseling, FIP IKIP PGRI Semarang.
  3. Chaplin, JP. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (diterjemahkan Kartini Kartono), Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Edy, Ayah. 2012. Membangun Indonesia yang Kuat dari Keluarga, Jakarta: Penerbit Tangga Pustaka.
  5. Kartini Kartono. 1995. Peranan Keluarga Memandu Anak, Jakarta: Penerbit Rajawali.
  6. Kemenag RI. 2006. Membangun Keluarga Sakinah. Jakarta: Kementeri.an Agama RI.
  7. Kusmiadi, H. Rachmat. 1994. Teori Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan: Bandung,  STIA LAN Rl Kampus Bandung.
  8. Pujosuwarno, Sayekti. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga, Yogyakarta: Penerbit Menara Offset.
  9. Sarwono, R. Budi. 2011. Hypnocounseling : Merangkai Kembali Sayap-sayap patah Pendidikan Kita, Yogyakarta: PenerbitKanisius.
  10. Setyono, Ariesandi. 2007. Hypnoparenting : Menjadi Orangtua Efektif dengan Hipnosis, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
  11. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Penerbit Rosda.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah permasalahan kehidupan keluarga meliputi konsep dasar, komunikasi dan penyesuaian diri, kehidupan seksual dan kesehatan keluarga, anak dan pendidikannya, dan kehidupan beragama dalam keluarga.

 

Learning Outcomes

  1. Mampu memahami dan maenjelaskan kembali pengertian istilah,  bentuk-bentuknkeluarga, ruang lingkup permasalahan keluarga, tujuan keluarga (family goal), sistematika materi pembelajaran.
  2. Menjelaskan konsep teoretis komunikasi dan dis-harmoni komunikasi penyesuaian diri dalam keluarga, egoisme dan egosentrisme.
  3. Menjelaskan dan menjelaskan kembali tentang kehidupan seksual yang sehat dalam keluarga berbagai kelainan seksual,  memelihara
  4. kesehatan keluarga.
  5. Memahami dan menjelaskan kembali, tentang masalah anak dalam keluarga pendidikan anak dan lingkungan belajarnya.

References

Wajib :

Ali, Suparmo, H. dan Muhamad Rozikan. 2014. Permasalahan Kehidupan Keluarga.   Semarang: Universitas PGRI Semarang.

  1. Anjuran :
  2. Ali, Suparmo, dkk. 2007. Psikologi Perkembangan, Semarang: Program Bimbingan dan Konseling, FIP IKIP PGRI Semarang.
  3. Chaplin, JP. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (diterjemahkan Kartini Kartono), Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Edy, Ayah. 2012. Membangun Indonesia yang Kuat dari Keluarga, Jakarta: Penerbit Tangga Pustaka.
  5. Kartini Kartono. 1995. Peranan Keluarga Memandu Anak, Jakarta: Penerbit Rajawali.
  6. Kemenag RI. 2006. Membangun Keluarga Sakinah. Jakarta: Kementeri.an Agama RI.
  7. Kusmiadi, H. Rachmat. 1994. Teori Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan: Bandung,  STIA LAN Rl Kampus Bandung.
  8. Pujosuwarno, Sayekti. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga, Yogyakarta: Penerbit Menara Offset.
  9. Sarwono, R. Budi. 2011. Hypnocounseling : Merangkai Kembali Sayap-sayap patah Pendidikan Kita, Yogyakarta: PenerbitKanisius.
  10. Setyono, Ariesandi. 2007. Hypnoparenting : Menjadi Orangtua Efektif dengan Hipnosis, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
  11. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Penerbit Rosda.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah permasalahan kehidupan keluarga meliputi konsep dasar, komunikasi dan penyesuaian diri, kehidupan seksual dan kesehatan keluarga, anak dan pendidikannya, dan kehidupan beragama dalam keluarga.

Learning Outcomes

1.   Sikap dan Tata Nilai

      a. Mahasiswa peduli terhadap permasalahan kehidupan keluarga.

      b. Mahasiswa berfikir kritis untuk mengatasi masalah kehidupan keluarga.

  2. Keterampilan Umum

       a.Mengenal permasalahan kehidupan keluarga pada umumnya.

       b.Mampu berfikir kritis untuk mengatasi permasalahan kehidupan keluarga.

  3.   Penguasaan pengetahuan

       a.  Mampu memahami dan menjelaskan kembali pengertian istilah,  bentuk-bentuk keluarga, ruang lingkup

             permasalahan  keluarga, tujuan keluarga (family goal),  sistematika materi pembelajaran.

        b.  Menjelaskan konsep teoretis komunikasi dan dis-harmoni komunikasi penyesuaian diri dalam keluarga,

             egoisme dan   egosentrisme.

        c.  Menjelaskan dan menjelaskan kembali tentang kehidupan seksual yang sehat dalam keluarga, berbagai

             kelainan seksual,   memelihara kesehatan keluarga.

        d.  Memahami dan menjelaskan kembali, tentang masalah anak dalam keluarga, pendidikan anak dan lingkungan

             belajarnya.

        e.  Memahami dan menjelaskan kembali  masalah pekerjaan / penghasilan keluarga,  suami isteri bekerja,

             hubungan inter dan antar keluarga. Kehidupan beragama.

   4.   Keterampilan Khusus

         a. Sebagai calon Konselor mampu mengidentifikasi permasalahan kehidupan keluarga.

         b. Mengenal permasalahan kehidupan keluarga dan mengantisipasi berbagai upaya untuk memberikan solusi /

              konseling.

 

References

      Wajib :

  1. Ali, Suparmo, H. dan Muhamad Rozikan. 2014. Permasalahan Kehidupan Keluarga.   Semarang: Universitas PGRI Semarang.
  2. Anjuran :
  3. Ali, Suparmo, dkk. 2007. Psikologi Perkembangan, Semarang: Program Bimbingan dan Konseling, FIP IKIP PGRI Semarang.
  4. Chaplin, JP. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (diterjemahkan Kartini Kartono), Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Edy, Ayah. 2012. Membangun Indonesia yang Kuat dari Keluarga, Jakarta: Penerbit Tangga Pustaka.
  6. Kartini Kartono. 1995. Peranan Keluarga Memandu Anak, Jakarta: Penerbit Rajawali.
  7. Kemenag RI. 2006. Membangun Keluarga Sakinah. Jakarta: Kementeri.an Agama RI.
  8. Kusmiadi, H. Rachmat. 1994. Teori Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan: Bandung,  STIA LAN Rl Kampus Bandung.
  9. Pujosuwarno, Sayekti. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga, Yogyakarta: Penerbit Menara Offset.
  10. Sarwono, R. Budi. 2011. Hypnocounseling : Merangkai Kembali Sayap-sayap patah Pendidikan Kita, Yogyakarta: PenerbitKanisius.
  11. Setyono, Ariesandi. 2007. Hypnoparenting : Menjadi Orangtua Efektif dengan Hipnosis, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
  12. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Penerbit Rosda.
  13. Walgito, Bimo. 2004. Bimbingan Konseling Perkawinan. Yogyakarta: Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah permasalahan kehidupan keluarga meliputi konsep dasar, komunikasi dan penyesuaian diri, kehidupan seksual dan kesehatan keluarga, anak dan pendidikannya, dan kehidupan beragama dalam keluarga.

Learning Outcomes

1.   Sikap dan Tata Nilai

      a. Mahasiswa peduli terhadap permasalahan kehidupan keluarga.

      b. Mahasiswa berfikir kritis untuk mengatasi masalah kehidupan keluarga.

  2. Keterampilan Umum

       a.Mengenal permasalahan kehidupan keluarga pada umumnya.

       b.Mampu berfikir kritis untuk mengatasi permasalahan kehidupan keluarga.

  3.   Penguasaan pengetahuan

       a.  Mampu memahami dan menjelaskan kembali pengertian istilah,  bentuk-bentuk keluarga, ruang lingkup

             permasalahan  keluarga, tujuan keluarga (family goal),  sistematika materi pembelajaran.

        b.  Menjelaskan konsep teoretis komunikasi dan dis-harmoni komunikasi penyesuaian diri dalam keluarga,

             egoisme dan   egosentrisme.

        c.  Menjelaskan dan menjelaskan kembali tentang kehidupan seksual yang sehat dalam keluarga, berbagai

             kelainan seksual,   memelihara kesehatan keluarga.

        d.  Memahami dan menjelaskan kembali, tentang masalah anak dalam keluarga, pendidikan anak dan lingkungan

             belajarnya.

        e.  Memahami dan menjelaskan kembali  masalah pekerjaan / penghasilan keluarga,  suami isteri bekerja,

             hubungan inter dan antar keluarga. Kehidupan beragama.

   4.   Keterampilan Khusus

         a. Sebagai calon Konselor mampu mengidentifikasi permasalahan kehidupan keluarga.

         b. Mengenal permasalahan kehidupan keluarga dan mengantisipasi berbagai upaya untuk memberikan solusi /

              konseling.

 

References

      Wajib :

  1. Ali, Suparmo, H. dan Muhamad Rozikan. 2014. Permasalahan Kehidupan Keluarga.   Semarang: Universitas PGRI Semarang.
  2. Anjuran :
  3. Ali, Suparmo, dkk. 2007. Psikologi Perkembangan, Semarang: Program Bimbingan dan Konseling, FIP IKIP PGRI Semarang.
  4. Chaplin, JP. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (diterjemahkan Kartini Kartono), Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Edy, Ayah. 2012. Membangun Indonesia yang Kuat dari Keluarga, Jakarta: Penerbit Tangga Pustaka.
  6. Kartini Kartono. 1995. Peranan Keluarga Memandu Anak, Jakarta: Penerbit Rajawali.
  7. Kemenag RI. 2006. Membangun Keluarga Sakinah. Jakarta: Kementeri.an Agama RI.
  8. Kusmiadi, H. Rachmat. 1994. Teori Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan: Bandung,  STIA LAN Rl Kampus Bandung.
  9. Pujosuwarno, Sayekti. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga, Yogyakarta: Penerbit Menara Offset.
  10. Sarwono, R. Budi. 2011. Hypnocounseling : Merangkai Kembali Sayap-sayap patah Pendidikan Kita, Yogyakarta: PenerbitKanisius.
  11. Setyono, Ariesandi. 2007. Hypnoparenting : Menjadi Orangtua Efektif dengan Hipnosis, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
  12. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Penerbit Rosda.
  13. Walgito, Bimo. 2004. Bimbingan Konseling Perkawinan. Yogyakarta: Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah permasalahan kehidupan keluarga meliputi konsep dasar, komunikasi dan penyesuaian diri, kehidupan seksual dan kesehatan keluarga, anak dan pendidikannya, dan kehidupan beragama dalam keluarga.

Learning Outcomes

1.   Sikap dan Tata Nilai

      a. Mahasiswa peduli terhadap permasalahan kehidupan keluarga.

      b. Mahasiswa berfikir kritis untuk mengatasi masalah kehidupan keluarga.

  2. Keterampilan Umum

       a.Mengenal permasalahan kehidupan keluarga pada umumnya.

       b.Mampu berfikir kritis untuk mengatasi permasalahan kehidupan keluarga.

  3.   Penguasaan pengetahuan

       a.  Mampu memahami dan menjelaskan kembali pengertian istilah,  bentuk-bentuk keluarga, ruang lingkup

             permasalahan  keluarga, tujuan keluarga (family goal),  sistematika materi pembelajaran.

        b.  Menjelaskan konsep teoretis komunikasi dan dis-harmoni komunikasi penyesuaian diri dalam keluarga,

             egoisme dan   egosentrisme.

        c.  Menjelaskan dan menjelaskan kembali tentang kehidupan seksual yang sehat dalam keluarga, berbagai

             kelainan seksual,   memelihara kesehatan keluarga.

        d.  Memahami dan menjelaskan kembali, tentang masalah anak dalam keluarga, pendidikan anak dan lingkungan

             belajarnya.

        e.  Memahami dan menjelaskan kembali  masalah pekerjaan / penghasilan keluarga,  suami isteri bekerja,

             hubungan inter dan antar keluarga. Kehidupan beragama.

   4.   Keterampilan Khusus

         a. Sebagai calon Konselor mampu mengidentifikasi permasalahan kehidupan keluarga.

         b. Mengenal permasalahan kehidupan keluarga dan mengantisipasi berbagai upaya untuk memberikan solusi /

              konseling.

 

References

      Wajib :

  1. Ali, Suparmo, H. dan Muhamad Rozikan. 2014. Permasalahan Kehidupan Keluarga.   Semarang: Universitas PGRI Semarang.
  2. Anjuran :
  3. Ali, Suparmo, dkk. 2007. Psikologi Perkembangan, Semarang: Program Bimbingan dan Konseling, FIP IKIP PGRI Semarang.
  4. Chaplin, JP. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (diterjemahkan Kartini Kartono), Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Edy, Ayah. 2012. Membangun Indonesia yang Kuat dari Keluarga, Jakarta: Penerbit Tangga Pustaka.
  6. Kartini Kartono. 1995. Peranan Keluarga Memandu Anak, Jakarta: Penerbit Rajawali.
  7. Kemenag RI. 2006. Membangun Keluarga Sakinah. Jakarta: Kementeri.an Agama RI.
  8. Kusmiadi, H. Rachmat. 1994. Teori Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan: Bandung,  STIA LAN Rl Kampus Bandung.
  9. Pujosuwarno, Sayekti. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga, Yogyakarta: Penerbit Menara Offset.
  10. Sarwono, R. Budi. 2011. Hypnocounseling : Merangkai Kembali Sayap-sayap patah Pendidikan Kita, Yogyakarta: PenerbitKanisius.
  11. Setyono, Ariesandi. 2007. Hypnoparenting : Menjadi Orangtua Efektif dengan Hipnosis, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
  12. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Penerbit Rosda.
  13. Walgito, Bimo. 2004. Bimbingan Konseling Perkawinan. Yogyakarta: Andi.

 


Details ...