Metode Penelitian Bahasa, Curriculum : 2015


Courser in EnglishResearch Methodology on Language
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS29 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur,  dan  dimensi  penelitian  baik   kuantitatif   maupun   penelitian   kualitatif,  dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data  penelitian. Pada  akhir  perkuliahan,  mata  kuliah  ini  memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa atau pendidikan bahasa.

Learning Outcomes

  1. S Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
  2. S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.
  3. KU7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  4. KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  5. P1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
  6. P5. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  7. P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  8. KK6. Menghasilkan desain atau model penelitian yang inovatif dan teruji di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
  9. KK7. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam  bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia

References

Alwi, Hasan, et. Al. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, 

Brown Company.

Creswell, John and Vicki L. Plano Clark. (2008). Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications.

Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Kridalaksana,   Harimurti.   (2005).   Kelas   kata   dalam   Bahasa   Indonesia. Edisi kedua.Jakarta: Gramedia.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryanto. (2015) Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yule, George. (2015). Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur,  dan  dimensi  penelitian  baik   kuantitatif   maupun   penelitian   kualitatif,  dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data  penelitian. Pada  akhir  perkuliahan,  mata  kuliah  ini  memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa atau pendidikan bahasa.

Learning Outcomes

  1. S Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
  2. S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.
  3. KU7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  4. KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  5. P1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
  6. P5. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  7. P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  8. KK6. Menghasilkan desain atau model penelitian yang inovatif dan teruji di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
  9. KK7. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam  bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia

References

Alwi, Hasan, et. Al. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, 

Brown Company.

Creswell, John and Vicki L. Plano Clark. (2008). Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications.

Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Kridalaksana,   Harimurti.   (2005).   Kelas   kata   dalam   Bahasa   Indonesia. Edisi kedua.Jakarta: Gramedia.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryanto. (2015) Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yule, George. (2015). Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur,  dan  dimensi  penelitian  baik   kuantitatif   maupun   penelitian   kualitatif,  dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data  penelitian. Pada  akhir  perkuliahan,  mata  kuliah  ini  memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa atau pendidikan bahasa.

Learning Outcomes

  1. S Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
  2. S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.
  3. KU7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  4. KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  5. P1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
  6. P5. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  7. P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  8. KK6. Menghasilkan desain atau model penelitian yang inovatif dan teruji di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
  9. KK7. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam  bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia

References

Alwi, Hasan, et. Al. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, 

Brown Company.

Creswell, John and Vicki L. Plano Clark. (2008). Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications.

Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Kridalaksana,   Harimurti.   (2005).   Kelas   kata   dalam   Bahasa   Indonesia. Edisi kedua.Jakarta: Gramedia.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryanto. (2015) Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yule, George. (2015). Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur,  dan  dimensi  penelitian  baik   kuantitatif   maupun   penelitian   kualitatif,  dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data  penelitian. Pada  akhir  perkuliahan,  mata  kuliah  ini  memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa atau pendidikan bahasa.

Learning Outcomes

  1. S Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
  2. S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.
  3. KU7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  4. KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  5. P1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
  6. P5. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  7. P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  8. KK6. Menghasilkan desain atau model penelitian yang inovatif dan teruji di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
  9. KK7. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam  bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia

References

Alwi, Hasan, et. Al. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, 

Brown Company.

Creswell, John and Vicki L. Plano Clark. (2008). Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications.

Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Kridalaksana,   Harimurti.   (2005).   Kelas   kata   dalam   Bahasa   Indonesia. Edisi kedua.Jakarta: Gramedia.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryanto. (2015) Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yule, George. (2015). Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur, dan dimensi penelitian baik kuantitatif maupun penelitian kualitatif, dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data penelitian. Pada akhir perkuliahan, mata kuliah ini memberikan  keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa atau pendidikan bahasa. 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semster ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  2. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  3. Mampu menerapakn konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.

Branen, Julia. 1999. Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.

__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiersma, William. 1986.  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur, dan dimensi penelitian baik kuantitatif maupun penelitian kualitatif, dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data penelitian. Pada akhir perkuliahan, mata kuliah ini memberikan  keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa atau pendidikan bahasa. 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semster ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  2. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  3. Mampu menerapakn konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.

Branen, Julia. 1999. Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.

__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiersma, William. 1986.  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur, dan dimensi penelitian baik kuantitatif maupun penelitian kualitatif, dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data penelitian. Pada akhir perkuliahan, mata kuliah ini memberikan  keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa atau pendidikan bahasa. 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semster ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  2. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  3. Mampu menerapakn konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.

Branen, Julia. 1999. Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.

__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiersma, William. 1986.  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur, dan dimensi penelitian baik kuantitatif maupun penelitian kualitatif, dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data penelitian. Pada akhir perkuliahan, mata kuliah ini memberikan  keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa atau pendidikan bahasa. 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semster ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  2. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  3. Mampu menerapakn konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.

Branen, Julia. 1999. Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.

__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiersma, William. 1986.  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metode Penelitian Bahasa.

Learning Outcomes

Mata kuliah metodologi penelitian kebahasaan bahasa Indonesia.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metode Penelitian Bahasa.

Learning Outcomes

Mata kuliah metodologi penelitian kebahasaan bahasa Indonesia.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metode Penelitian Bahasa.

Learning Outcomes

Mata kuliah metodologi penelitian kebahasaan bahasa Indonesia.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metode Penelitian Bahasa.

Learning Outcomes

Mata kuliah metodologi penelitian kebahasaan bahasa Indonesia.

References

-


Details ...