Fisiologi Hewan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPhysiology of Animal
ProgramPendidikan Biologi
SKS3 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

References

Pustaka :

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

References

Pustaka :

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

References

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

References

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

References

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

References

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar fisiologi hewan dan mekanisme homeostasis,  struktur, fungsi, serta transport zat melalui membrane sel, neuron dan system saraf vertebrata dan invertebrate, reseptor dan efektor, system endokrin, termoregulasi, osmoregulasi, system ekskresi, system pencernaan, system sirkulasi dan system reproduksi

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu fisiologi hewan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu fisiologi hewan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

 

 

References

  1. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.
  2. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA. 
  3. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  4. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  5. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London.
  6. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function, Evolution. McGraw Hill Company. New York.
  7. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates. 9th ed. McGraw Hill Company. New York.
  8. Campbell, N.A., Reece, J.B., 2008. Biologi. Edisi ke-8 Jilid 3. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  9. Isnaeni, W., 2006. Fisiologi Hewan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
  10. Wilmer., P., Stone., G., Johnstan., I., 2005. Environmental Physiology of Animal. Second Edition. Blackwell Publishing. USA.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang prinsip-prinsip dan mekanisme homeostasis, dinamika membran sel (transport seluler), mekanisme kerja sel saraf, hormon, reseptor dan efektor, mekanisme sirkulasi dan respirasi, mekanisme pengaturan suhu tubuh hewan (termoregulasi), mekanisme pengaturan keseimbangan air dan zat terlarut (osmoregulasi) dan ekskresi, digesti, reproduksi

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dan menganalisismekanisme dan  proses-proses fisiologi ( prinsip-prinsip dan mekanisme homeostasis, dinamika membran sel (transport seluler), mekanisme kerja sel saraf, hormon, reseptor dan efektor, mekanisme sirkulasi dan respirasi, mekanisme pengaturan suhu tubuh hewan (termoregulasi), mekanisme pengaturan keseimbangan air dan zat terlarut (osmoregulasi) dan ekskresi, digesti, reproduksi) yang terjadi di dalam tubuh hewan

References

Utama :

  1. Müller, W.A., 1998, Tier und Humanspysiologie, Springer-Verlag , Berlin Heidelberg.
  2. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.

Pendukung :

  1. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA 
  2. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  3. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  4. Abbas, A.K dan A.H. Litchman. 2005. Cellular and Molecular Immunology.Elsevier Saunder. Philadelphia.
  5. Alberts, B, Johnson, A, Lewis, J, Matin, Roberts, K, Walter, P. 2002. The Cell. Garland Science, NY. Fox,S.I. 2004.Human Physiology. 8 th. Ed. McGraw Hill Company. New York. ;
  6. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London;
  7. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function,Evolution. McGraw Hill Company. New York.;
  8. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates.. 9th ed. McGraw Hill Company. New York;


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang prinsip-prinsip dan mekanisme homeostasis, dinamika membran sel (transport seluler), mekanisme kerja sel saraf, hormon, reseptor dan efektor, mekanisme sirkulasi dan respirasi, mekanisme pengaturan suhu tubuh hewan (termoregulasi), mekanisme pengaturan keseimbangan air dan zat terlarut (osmoregulasi) dan ekskresi, digesti, reproduksi

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dan menganalisismekanisme dan  proses-proses fisiologi ( prinsip-prinsip dan mekanisme homeostasis, dinamika membran sel (transport seluler), mekanisme kerja sel saraf, hormon, reseptor dan efektor, mekanisme sirkulasi dan respirasi, mekanisme pengaturan suhu tubuh hewan (termoregulasi), mekanisme pengaturan keseimbangan air dan zat terlarut (osmoregulasi) dan ekskresi, digesti, reproduksi) yang terjadi di dalam tubuh hewan

References

Utama :

  1. Müller, W.A., 1998, Tier und Humanspysiologie, Springer-Verlag , Berlin Heidelberg.
  2. Rastogi, S.C., 1984, Essential of Animal Physiology, Willey Estern Limited, New Delhi.

Pendukung :

  1. Kay, I. 1998. Introduction to Animal Physiology, Bios Scientific Publisher, Springer–Verlag, New York, USA 
  2. Randall, D., W. Burggren dan K. French. 2002. Animal Physiology. W.H. Freeman and Company. New York.
  3. Seeley, R R, Stephens, T.D, Tate, P. 2006. Anatomy and Physiology. McGraw Hill, NY.
  4. Abbas, A.K dan A.H. Litchman. 2005. Cellular and Molecular Immunology.Elsevier Saunder. Philadelphia.
  5. Alberts, B, Johnson, A, Lewis, J, Matin, Roberts, K, Walter, P. 2002. The Cell. Garland Science, NY. Fox,S.I. 2004.Human Physiology. 8 th. Ed. McGraw Hill Company. New York. ;
  6. Heiser,J.b.,Janis,C., dan Pough,F.H. 1999. Vertebrate Life. 5 th ed. Prentice Hall International Inc. London;
  7. Kardong,K.V. 2002. Vertebrates. Comparative Anatomy. Function,Evolution. McGraw Hill Company. New York.;
  8. Kent,G.C & Carr, R.K. 2001. Comparative Anatomy of the Vertebrates.. 9th ed. McGraw Hill Company. New York;


Details ...