Courser in English | - |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dosen : 1. Dr. Setia Naka Andrian S.Pd., M.Pd. , 2. Nanik Setyawati S.S., M.Hum
Mata kuliah membaca merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membimbing mahasiswa berpikir kritis, inovatif, sistematis tentang membaca pemahaman. Dalam perkuliahan ini di antaranya dibahas tentang hakikat, prinsip-prinsip, dan tujuan membaca intensif, jenis-jenis membaca intensif, membaca telaah isi, membaca teliti, membaca pemahaman, membaca kritis, membaca ide, membaca telaah bahasa, membaca telaah sastra, membaca cepat, konsep literasi, keterbacaan, dan membaca bahan ajar membaca.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu |
|
CPMK1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannyadalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P6, KU1) |
|
CPMK2 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila dengan terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S3, S8, KK1). |
|
CPMK3 |
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia serta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KK4). |
|
CPMK4 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang membaca secara mandiri serta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S9, KK4). |
|
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam membaca, serta menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia atas dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KU2) |
|
CPMK6 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam membaca serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, KU9). |
Abidin, Y. 2010a. Strategi Membaca: Teori dan Pembelajarannya. Bandung Rizqi Press.
Abidin, Y. 2010b. Kemampuan Menulis dan Berbicara Akademik. Edisi Revisi. Bandung: Rizqi Press.
Abidin, Y. 2012a. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: RefikaAditama.
Abidin, Y. 2012.b. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: RefikaAditama.
Ahmadi, M. 1990. Dasar-Dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: YA3.
Ahuja and Ahuja. 2007. How to Increasing Your Reading Speed. Malaysia: UnipressPublishing.
Ahuja Pramila dan G.C. Ahuja. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat.
Akhadiah, S.dkk. 1997. Pembinaan Keterampilan MenulisBahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwasilah dan Suzanna-Alwasilah. 2007. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Arifin, Z. 2002 Dasar-dasar Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Grasindo.
Brown, D. 2004. Language Assessment: PrinciplesandClassroomPratices. San Fracisco: Longman.
Byrne, D. 1995. Teaching Writing Skills. San Fracisco: Longman.
Carnine, D, et.al. 1990. DirectInstruction Reading. Ohoi: Merril Publishing Company.
Cox, C. 1999. Teaching Language Arts: A Student and Response Centered Clasroom. Boston: Allynand Bacon.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Damaianti, V. 2000. Membaca: Teori dan Pembelajarannya. Bandung: Mutiara.
Derewianka, B. 2004. ExploringHowTextsWork. Sidney: PETA.
DuffyandRoehler. 1989. ImprovingClassroomReadingInstruction. New York: RadomHause.
Endraswara, S. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang.
Enre, F.A. 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Fitzpatrick, M. 2005. EngagingWriting. San Fracisco: Longman.
ForganandMangrum II. 1989. TeachingContent Area ReadingSkills. New York: MacmillanPublishing Company.
GeneseeandUpshur. 1996. ClassroomBasedEvaluationin Second Language Education. London; CambridgeUniversity Press.
Gie, T.L. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.
Ihromi. 1968. BelajarMembaca dan Mengajar.Jakarta:Balai Pustaka.
Hamijaya,N.A., e.al.2008. QuickReading. Bandung: SibiosaRekatama Media.
Harjasujana dan Mulyati. 1997. Membaca 2. Jakarta: Depdiknas.
Harjasujana, A.S dan Yeti Mulyati. 1997. Membaca 2. Jakarta: Depdikdub.
Harmer, J. 2004. HowtoTeachWriting. San Fracisco: Longman.
Healton, B. 1995. WritingEnglishLanguage Test. New York: Longman
Herrelland Jordan. 2004. FiftyStrategies for TeachingEnglishLanguageLearners. New Jersey: Peason.
Hyland, K. 2002. TeachingandResearchingWriting. San Fracisco: Longman.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif : Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.
Kholid Harras,dkk. 2011.Membaca I. Jakarta: Universitas Terbuka.Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Mikulecky, B.S., & Linda, J. (2007). Advanced Reading Power. New York: Pearson Education.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Soedarsono. 1994. Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Gramedia Pustaka Utama.
Sumadyo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha ilmu.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2000. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.
Zadina, J. N., Smilkstein, R., Daiek, D. B., & Anter, N. M. (2014). College Reading: The Science & Strategies of Expert Readers. Boston: Wadsworth Cengage Learning.
Details ...
Dosen : 1. Nanik Setyawati S.S., M.Hum , 2. Dr. Setia Naka Andrian S.Pd., M.Pd.
Mata kuliah membaca merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membimbing mahasiswa berpikir kritis, inovatif, sistematis tentang membaca pemahaman. Dalam perkuliahan ini di antaranya dibahas tentang hakikat, prinsip-prinsip, dan tujuan membaca intensif, jenis-jenis membaca intensif, membaca telaah isi, membaca teliti, membaca pemahaman, membaca kritis, membaca ide, membaca telaah bahasa, membaca telaah sastra, membaca cepat, konsep literasi, keterbacaan, dan membaca bahan ajar membaca.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu |
|
CPMK1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannyadalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P6, KU1) |
|
CPMK2 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila dengan terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S3, S8, KK1). |
|
CPMK3 |
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia serta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KK4). |
|
CPMK4 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang membaca secara mandiri serta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S9, KK4). |
|
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam membaca, serta menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia atas dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KU2) |
|
CPMK6 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam membaca serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, KU9). |
Abidin, Y. 2010a. Strategi Membaca: Teori dan Pembelajarannya. Bandung Rizqi Press.
Abidin, Y. 2010b. Kemampuan Menulis dan Berbicara Akademik. Edisi Revisi. Bandung: Rizqi Press.
Abidin, Y. 2012a. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: RefikaAditama.
Abidin, Y. 2012.b. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: RefikaAditama.
Ahmadi, M. 1990. Dasar-Dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: YA3.
Ahuja and Ahuja. 2007. How to Increasing Your Reading Speed. Malaysia: UnipressPublishing.
Ahuja Pramila dan G.C. Ahuja. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat.
Akhadiah, S.dkk. 1997. Pembinaan Keterampilan MenulisBahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwasilah dan Suzanna-Alwasilah. 2007. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Arifin, Z. 2002 Dasar-dasar Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Grasindo.
Brown, D. 2004. Language Assessment: PrinciplesandClassroomPratices. San Fracisco: Longman.
Byrne, D. 1995. Teaching Writing Skills. San Fracisco: Longman.
Carnine, D, et.al. 1990. DirectInstruction Reading. Ohoi: Merril Publishing Company.
Cox, C. 1999. Teaching Language Arts: A Student and Response Centered Clasroom. Boston: Allynand Bacon.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Damaianti, V. 2000. Membaca: Teori dan Pembelajarannya. Bandung: Mutiara.
Derewianka, B. 2004. ExploringHowTextsWork. Sidney: PETA.
DuffyandRoehler. 1989. ImprovingClassroomReadingInstruction. New York: RadomHause.
Endraswara, S. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang.
Enre, F.A. 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Fitzpatrick, M. 2005. EngagingWriting. San Fracisco: Longman.
ForganandMangrum II. 1989. TeachingContent Area ReadingSkills. New York: MacmillanPublishing Company.
GeneseeandUpshur. 1996. ClassroomBasedEvaluationin Second Language Education. London; CambridgeUniversity Press.
Gie, T.L. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.
Ihromi. 1968. BelajarMembaca dan Mengajar.Jakarta:Balai Pustaka.
Hamijaya,N.A., e.al.2008. QuickReading. Bandung: SibiosaRekatama Media.
Harjasujana dan Mulyati. 1997. Membaca 2. Jakarta: Depdiknas.
Harjasujana, A.S dan Yeti Mulyati. 1997. Membaca 2. Jakarta: Depdikdub.
Harmer, J. 2004. HowtoTeachWriting. San Fracisco: Longman.
Healton, B. 1995. WritingEnglishLanguage Test. New York: Longman
Herrelland Jordan. 2004. FiftyStrategies for TeachingEnglishLanguageLearners. New Jersey: Peason.
Hyland, K. 2002. TeachingandResearchingWriting. San Fracisco: Longman.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif : Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.
Kholid Harras,dkk. 2011.Membaca I. Jakarta: Universitas Terbuka.Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Mikulecky, B.S., & Linda, J. (2007). Advanced Reading Power. New York: Pearson Education.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Soedarsono. 1994. Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Gramedia Pustaka Utama.
Sumadyo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha ilmu.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2000. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.
Zadina, J. N., Smilkstein, R., Daiek, D. B., & Anter, N. M. (2014). College Reading: The Science & Strategies of Expert Readers. Boston: Wadsworth Cengage Learning.
Details ...